Quizizz dalam Modul ajar IPAS untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2063Keywords:
Game-Based Learning, Quizizz, Literasi Sains, Modul Ajar, Pembelajaran InteraktifAbstract
Kurangnya intergrasi teknologi dan pendekatan pembelajaran moderen. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis Game-Based Learning (GBL) dengan menggunakan media Quizizz untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Gugus Borobudur mengambil dua sekolah sekolah yaitu SDN Sabarwangi sebagai kelas kontrol dan SDN 01 Kutorejo sebagai kelas ekperimen, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan analisis, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta memperkuat literasi sains dan digital mereka. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam inovasi pembelajaran berbasis teknologi di tingkat sekolah dasar
Downloads
References
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1376
Farid Nurul Anwar, M., Chotimah, C., & FIP Universitas Tribhuwana Tunggadewi, P. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Project Based Learning pada Materi Hubungan antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 116–125. https://jurnal.educ3.org/index.php
Febriana Sulistya Pratiwi. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022
Guru, P., Dasar, S., & Magelang, U. M. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar IPA Siswa Kelas VI SD Tumbuh 2 Yogyakarta Melalui Model. 12(01).
Gusnita Efrina. (2023). Efrina (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 5404–5413.
Kurniawan, T. (2022). Pembelajaran IPS dengan aplikasi Quizizz untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan di SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1), 97–108. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i1.2117
Maesaroh, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Quizizz Berbasis Blended Learning Pada Muatan Ipa Siswa Kelas V Sdn Prampelan 1 Sayung. Skripsi. http://repository.unissula.ac.id/27248/%0Ahttp://repository.unissula.ac.id/27248/2/34301800066_fullpdf.pdf
Mahmud, D. R., Hidayat, A., & Fadhli, M. (2023). Pengembangan Web Interaktif " Hai Si IPA " Untuk Meningkatkan Literasi Sains Di Sekolah Dasar. 6, 829–842.
Medianto, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 189 Jakarta. Skripsi, 1–210. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72497
Milfin, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 1–122.
Muhammad Fathi Nur Fadly, & Prima Mutia Sari. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Kahoot Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1029–1037. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2792
Nuramanah, S. A., Iwan, C. D., & Selamet, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(1), 117. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i1.474
Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., Oktaviani, S. N., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 280–296. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Pendidikan, J. I. I., Program, S., Pendidikan, S., Fkip, M., Samudra, U., & E-mail, A. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. 4, 115–118.
Penelitian, J., Penerbangan, P., Maret, B., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA UNTUK MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN. 7(1), 24–36.
Penelitian, K., Game, M., Learning, B., Ipa, L., Kelas, S., Berdasarkan, X. I. I., Game, M., Learning, B., Learning, G. B., Learning, G. B., Smalb, X. I. I., Kota, N., Game, M., Learning, B., Pada, K., Ipa, L., Kelas, S., & Produk, X.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Eni Lestari, Basukiyatno Basukiyatno, Suriswo Suriswo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).