Pengaruh Implementasi Program Sekolah Ramah Anak terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Siswa SD

Authors

  • Abdus Shobir Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1462

Keywords:

Program Sekolah Ramah Anak, Motivasi Belajar Siswa, Karakter Siswa

Abstract

Siswa memiliki motivasi belajar yang beragam, ada peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan ada pula peserta didik dengan motivasi belajar yang rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh program sekolah ramah anak tehadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh program sekolah ramah anak terhadap karakter siswa, 3) pengaruh program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar dan karakter siswa di SDN Jatinegara 01 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan program sekolah ramah anak terhadap motivasi  belajar siswa, dilihat dari perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 7,963 lebih esar dari t table  sebesar 0,306 dan koefisien regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, nilai sigfikansi tersebut lebih kecil dari α 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan program sekolah ramah anak terhadap karakter siswa, dilihat dari perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 6,704 lebih esar dari t table  sebesar 0,306 dan koefisien regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, nilai sigfikansi tersebut lebih kecil dari α 0,05. Adanya pengaruh secara simultan program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar dan karakter siswa dinyatakan diterima yang dihasilkan dari hasil uji simultan (uji F) diperoleh hasil sigfikan sebagaimana ditunjukkan oleh angka 0,000 < 0,05. Dan besarnya kontribusi program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar dan karakter siswa sekitar 70%, selebihnya sebesar 30% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Program Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 155-168.

Annisa Nurul Miftah, Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital : Journal Pendidikan dan Sains.2020.

Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 1-15.

DAN, K. P. P. (2015). Panduan sekolah ramah anak.

Daulay, L. S. (2024). Pendidikan Karakter sebagai Wadah Anak Menjadi Generasi Toleran dan Moderat dalam Menghormati Keberagaman. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 275-283.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak,Panduan Sekolah Ramah Anak.2015

Endang Titik Lestari, Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.2020

Evianah, N. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3216-3224.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Fahmi Agus, Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran: Journal Visionary.2021

Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 33-41.

Ghasya, D. A. V. (2018, October). Gerakan Sekolah Menyenangkan dan Ramah Anak (GSMRA) sebagai Wujud Rekonstruksi Pelaksanaan Pendidikan pada Jenjang Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi (Vol. 1, No. 1). Cv. Alfabeta.

Handayani Riska, Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar : Jurnal Tunas Bangsa.2019

Harahap Nur Zakiyah, Motivasi,Pengajaran dan Pembelajaran: Journal on education.2023.

Imani Nurul Larti, Dewanti Ayu Kania , Pratanto Chahyo, Wijayanti Alda, Nurjanah Aisyah, Upaya Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Primary Edu.2023.

Innayah Sitti, Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Sekolah Menengah Pertama: Ponorogo. 2023.

Kurniyawan, M. D., Sultoni, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen sekolah ramah anak. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192-198.

La Djalia, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 129-135.

Mardiah Baginda Mardiah, Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah,2020.

Miftah Muhamad, Strategi Pemanfaatan Lingkungan Pendidikan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa:Jurnal Ilmiah Kependidikan.2023.

Nuraeni, Lenny, Andrisyah Andrisyah, and Rita Nurunnisa. "Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1 (2019): 20-29.

Putri, N. S., Marahani, S. A., & Rustini, T. (2024). PERANAN INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ERA SOCIETY 5.0. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(7), 24-34.

Rohmawati, Nuri, and Endang Hangestiningsih. "Kajian program sekolah ramah anak dalam pembentukan karakter di sekolah dasar." Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. Vol. 1. 2019.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Safitri, A., Kurniawan, K., Nurani, M. P. D. A., Febriana, S., & Saridawati, S. (2024). Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5).

Sakti, B. P. (2016). Indikator Sekolah Dasar Ramah Anak. In Prosiding Seminar Nasional PKO FKIP UTP (pp. 163-176).

Subur, S., Nugroho, I., & Qasim, M. N. (2019). Konsep SRA (Sekolah Ramah Anak) Dalam Membentuk Budaya Islami di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 128-136.

Sukatin,Shoffa.Saifillah,AlFaruq,PendidikanKarakter:CV.Budi Utama,2021.Yogyakarta.

Suharni, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa:Journal Bimbingan dan Konseling.2021.

Ulfa, E. S. S., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Systematic Literature Review: Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 249-254.

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86-94.

Yasin, M., Nilam, S., & Zahra, Z. (2024). PENERAPAN PRINSIP DASAR KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH. Al-Rabwah, 18(01), 001-012.

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154.

Zai, E. P., Lase, I. W., Harefa, E., Gulo, S., & Duha, M. M. (2024). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 6677-6691.

https://ejournal.staialkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/download/287/90

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Shobir, A., Suriswo, S., & Basukiyatno, B. (2024). Pengaruh Implementasi Program Sekolah Ramah Anak terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Siswa SD . Journal of Education Research, 5(3), 3647–3658. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1462

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>