Strategi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Pascasarjana UIN Malang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.998Abstract
Karya tulis ilmiah dapat mengantarkan kemampuan akademik mahasiswa berkembang lebih baik. Kemampuan ini seharusnya sudah dimiliki mahasiswa dalam menulis yang efektif. Namun berdasarkan fakta masih banyak mahasiswa yang belum bisa menulis dengan baik dan benar. Sebab itu, perlu adanya strategi yang diterapkan mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah untuk meningkatkan kemampuan akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi mahasiswa Pascasarjana UIN Malang dalam menulis karya tulis ilmiah dan tantangan mahasiswa Pascasarjana UIN Malang dalam menyusun karya tulis ilmiah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi mahasiswa Pascasarjana UIN Malang dalam menulis karya tulis ilmiah meliputi menentukan topik tulisan yang menarik, memperbanyak membaca, menyesuaikan format penulisan, mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah. Adapun tantangan yang dihadapi dalam menyusun karya tulis ilmiah terdapat beberapa macam yaitu menentukan judul yang tepat, menyusun kalimat sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan mood yang tidak stabil.
Downloads
References
Akbar Iskandar, Andrew Ridow Johanis M, M. et al. (2023). Dasar Metode Penelitian (A. Iskandar (ed.); Cetakan 1). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dMnfEAAAQBAJ&pg=PA3&dq=Metode+penelitian&hl=ban&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwiwhNicwIuDAxUCe2wGHcA5DDcQ6wF6BAgMEAU#v=onepage&q=Metode penelitian&f=false
Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222–228. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276
Barus, G. (2022). Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 96–108. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p96-108
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Carsel, S. (2020). Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (Putra (ed.); Cetakan Pe). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=8THKDwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA70&dq=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&pg=PA74#v=onepage&q=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&f=false
Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 222–227. https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.2152
Erlianti, D., Hikmah, N., Suhariyanto, D., Budiarti Mustika Sari, V., & Lukman Hakim, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4758–4764.
Fitria Widiyani Roosinda, Ninik Sri Lestari, A A Gde Satia Utama, et al. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.
Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–184.
Imam;, G., Teguh;, T., & Desi;, K. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;
Irawan, B., Wahyuddin, N. R., Sinaga, A. B., Soesilowati, Tjahyanto, T., & Muktamar, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4435–4441. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15965
Nirmala, D. (2020). STRATEGI MEMILIH JUDUL PENELITIAN KEBAHASAAN BAGI PEMULA Penulis. Jurnal “HARMONI,” 4(2), 37–41.
Nizamuddin, K. A. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Dotplus Publisher.
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386
Pramesti, D. A. (2019). Gaya Selingkung Sebagai Identitas Format Penulisan Artikel Jurnal.
Putu Artawan, Mas’ud Muhammadiah, Andi Hamsiah, et al. (2023). Pengantar Ilmu Pendidikan (Teori, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia) (S. Efitra (ed.); Cetakan Pe). PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=MgC6EAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PP3&dq=Putu Artawan%2C 2023&pg=PA12#v=onepage&q=Putu Artawan, 2023&f=false
Saddhono, K., Sulaksono, D., & Rahim, R. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Bipabermuatan Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Scientific-Thematic. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI, 389–401.
Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109–141.
Saman, B., & Bakhtiar, M. I. (2024). KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA STKIP ANDI MATAPPA KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Terapan Abdimas, 10, 1653–1665.
Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1), 86.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian (Cetakan 1). Start Up. https://books.google.co.id/books?id=rmL2DwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA6&dq=Prosedur%2C langkah-langkah yang digunakan%2C waktu penelitian%2C sumber data dan dengan langkah apa data tersebut diperoleh%2C diolah%2C kemudian dianalisis&pg=PA5#v=onep
Wahyuningsih, R., Irawan, M. A., Administrasi, P., Universitas, P., & Mataram, P. M. (2022). E-WORSKHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH. 3(1), 68–73.
Wijayanti, T., Rachman, M., Ruhadi, R., Irawan, H., & Hermawan, D. (2021). Penguatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas, 25(2), 103–111. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.32164
Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Akbar Iskandar, Andrew Ridow Johanis M, M. et al. (2023). Dasar Metode Penelitian (A. Iskandar (ed.); Cetakan 1). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dMnfEAAAQBAJ&pg=PA3&dq=Metode+penelitian&hl=ban&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwiwhNicwIuDAxUCe2wGHcA5DDcQ6wF6BAgMEAU#v=onepage&q=Metode penelitian&f=false
Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222–228. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276
Barus, G. (2022). Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 96–108. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p96-108
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Carsel, S. (2020). Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (Putra (ed.); Cetakan Pe). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=8THKDwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA70&dq=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&pg=PA74#v=onepage&q=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&f=false
Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 222–227. https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.2152
Erlianti, D., Hikmah, N., Suhariyanto, D., Budiarti Mustika Sari, V., & Lukman Hakim, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4758–4764.
Fitria Widiyani Roosinda, Ninik Sri Lestari, A A Gde Satia Utama, et al. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.
Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–184.
Imam;, G., Teguh;, T., & Desi;, K. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;
Irawan, B., Wahyuddin, N. R., Sinaga, A. B., Soesilowati, Tjahyanto, T., & Muktamar, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4435–4441. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15965
Nirmala, D. (2020). STRATEGI MEMILIH JUDUL PENELITIAN KEBAHASAAN BAGI PEMULA Penulis. Jurnal “HARMONI,” 4(2), 37–41.
Nizamuddin, K. A. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Dotplus Publisher.
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386
Pramesti, D. A. (2019). Gaya Selingkung Sebagai Identitas Format Penulisan Artikel Jurnal.
Putu Artawan, Mas’ud Muhammadiah, Andi Hamsiah, et al. (2023). Pengantar Ilmu Pendidikan (Teori, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia) (S. Efitra (ed.); Cetakan Pe). PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=MgC6EAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PP3&dq=Putu Artawan%2C 2023&pg=PA12#v=onepage&q=Putu Artawan, 2023&f=false
Saddhono, K., Sulaksono, D., & Rahim, R. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Bipabermuatan Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Scientific-Thematic. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI, 389–401.
Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109–141.
Saman, B., & Bakhtiar, M. I. (2024). KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA STKIP ANDI MATAPPA KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Terapan Abdimas, 10, 1653–1665.
Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1), 86.
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian (Cetakan 1). Start Up. https://books.google.co.id/books?id=rmL2DwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA6&dq=Prosedur%2C langkah-langkah yang digunakan%2C waktu penelitian%2C sumber data dan dengan langkah apa data tersebut diperoleh%2C diolah%2C kemudian dianalisis&pg=PA5#v=onep
Wahyuningsih, R., Irawan, M. A., Administrasi, P., Universitas, P., & Mataram, P. M. (2022). E-WORSKHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH. 3(1), 68–73.
Wijayanti, T., Rachman, M., Ruhadi, R., Irawan, H., & Hermawan, D. (2021). Penguatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas, 25(2), 103–111. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.32164
Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114
Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fatia Ainur Rosyida, Munirul Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).