Strategi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Pascasarjana UIN Malang

Authors

  • Fatia Ainur Rosyida Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia
  • Khusnul Hanifah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhammad Sabri Latif Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Munirul Abidin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.998

Abstract

Karya tulis ilmiah dapat mengantarkan kemampuan akademik mahasiswa berkembang lebih baik. Kemampuan ini seharusnya sudah dimiliki mahasiswa dalam menulis yang efektif. Namun berdasarkan fakta masih banyak mahasiswa yang belum bisa menulis dengan baik dan benar. Sebab itu, perlu adanya strategi yang diterapkan mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah untuk meningkatkan kemampuan akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi mahasiswa Pascasarjana UIN Malang dalam menulis karya tulis ilmiah dan tantangan mahasiswa Pascasarjana UIN Malang dalam menyusun karya tulis ilmiah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi mahasiswa Pascasarjana UIN Malang dalam menulis karya tulis ilmiah meliputi menentukan topik tulisan yang menarik, memperbanyak membaca, menyesuaikan format penulisan, mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah. Adapun tantangan yang dihadapi dalam menyusun karya tulis ilmiah terdapat beberapa macam yaitu menentukan judul yang tepat, menyusun kalimat sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dan mood yang tidak stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Iskandar, Andrew Ridow Johanis M, M. et al. (2023). Dasar Metode Penelitian (A. Iskandar (ed.); Cetakan 1). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dMnfEAAAQBAJ&pg=PA3&dq=Metode+penelitian&hl=ban&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwiwhNicwIuDAxUCe2wGHcA5DDcQ6wF6BAgMEAU#v=onepage&q=Metode penelitian&f=false

Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222–228. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276

Barus, G. (2022). Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 96–108. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p96-108

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Carsel, S. (2020). Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (Putra (ed.); Cetakan Pe). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=8THKDwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA70&dq=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&pg=PA74#v=onepage&q=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&f=false

Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 222–227. https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.2152

Erlianti, D., Hikmah, N., Suhariyanto, D., Budiarti Mustika Sari, V., & Lukman Hakim, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4758–4764.

Fitria Widiyani Roosinda, Ninik Sri Lestari, A A Gde Satia Utama, et al. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–184.

Imam;, G., Teguh;, T., & Desi;, K. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Irawan, B., Wahyuddin, N. R., Sinaga, A. B., Soesilowati, Tjahyanto, T., & Muktamar, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4435–4441. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15965

Nirmala, D. (2020). STRATEGI MEMILIH JUDUL PENELITIAN KEBAHASAAN BAGI PEMULA Penulis. Jurnal “HARMONI,” 4(2), 37–41.

Nizamuddin, K. A. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Dotplus Publisher.

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Pramesti, D. A. (2019). Gaya Selingkung Sebagai Identitas Format Penulisan Artikel Jurnal.

Putu Artawan, Mas’ud Muhammadiah, Andi Hamsiah, et al. (2023). Pengantar Ilmu Pendidikan (Teori, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia) (S. Efitra (ed.); Cetakan Pe). PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=MgC6EAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PP3&dq=Putu Artawan%2C 2023&pg=PA12#v=onepage&q=Putu Artawan, 2023&f=false

Saddhono, K., Sulaksono, D., & Rahim, R. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Bipabermuatan Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Scientific-Thematic. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI, 389–401.

Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109–141.

Saman, B., & Bakhtiar, M. I. (2024). KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA STKIP ANDI MATAPPA KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Terapan Abdimas, 10, 1653–1665.

Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1), 86.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian (Cetakan 1). Start Up. https://books.google.co.id/books?id=rmL2DwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA6&dq=Prosedur%2C langkah-langkah yang digunakan%2C waktu penelitian%2C sumber data dan dengan langkah apa data tersebut diperoleh%2C diolah%2C kemudian dianalisis&pg=PA5#v=onep

Wahyuningsih, R., Irawan, M. A., Administrasi, P., Universitas, P., & Mataram, P. M. (2022). E-WORSKHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH. 3(1), 68–73.

Wijayanti, T., Rachman, M., Ruhadi, R., Irawan, H., & Hermawan, D. (2021). Penguatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas, 25(2), 103–111. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.32164

Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Akbar Iskandar, Andrew Ridow Johanis M, M. et al. (2023). Dasar Metode Penelitian (A. Iskandar (ed.); Cetakan 1). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=dMnfEAAAQBAJ&pg=PA3&dq=Metode+penelitian&hl=ban&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwiwhNicwIuDAxUCe2wGHcA5DDcQ6wF6BAgMEAU#v=onepage&q=Metode penelitian&f=false

Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health and Science Community, 5(1), 222–228. https://doi.org/10.35971/gojhes.v5i1.10276

Barus, G. (2022). Mengulik Tiga Faktor Pendukung Percepatan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 96–108. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p96-108

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Carsel, S. (2020). Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (Putra (ed.); Cetakan Pe). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=8THKDwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA70&dq=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&pg=PA74#v=onepage&q=Budaya akademik menurut syamsunie carsel&f=false

Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 222–227. https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.2152

Erlianti, D., Hikmah, N., Suhariyanto, D., Budiarti Mustika Sari, V., & Lukman Hakim, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4758–4764.

Fitria Widiyani Roosinda, Ninik Sri Lestari, A A Gde Satia Utama, et al. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Zahir Publishing.

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–184.

Imam;, G., Teguh;, T., & Desi;, K. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Irawan, B., Wahyuddin, N. R., Sinaga, A. B., Soesilowati, Tjahyanto, T., & Muktamar, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta. Community Development Journal, 4(2), 4435–4441. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15965

Nirmala, D. (2020). STRATEGI MEMILIH JUDUL PENELITIAN KEBAHASAAN BAGI PEMULA Penulis. Jurnal “HARMONI,” 4(2), 37–41.

Nizamuddin, K. A. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Dotplus Publisher.

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Pramesti, D. A. (2019). Gaya Selingkung Sebagai Identitas Format Penulisan Artikel Jurnal.

Putu Artawan, Mas’ud Muhammadiah, Andi Hamsiah, et al. (2023). Pengantar Ilmu Pendidikan (Teori, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia) (S. Efitra (ed.); Cetakan Pe). PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=MgC6EAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PP3&dq=Putu Artawan%2C 2023&pg=PA12#v=onepage&q=Putu Artawan, 2023&f=false

Saddhono, K., Sulaksono, D., & Rahim, R. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Bipabermuatan Kearifan Lokal Dengan Pendekatan Scientific-Thematic. Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI, 389–401.

Saleh, M. (2014). Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon, 4(2), 109–141.

Saman, B., & Bakhtiar, M. I. (2024). KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA STKIP ANDI MATAPPA KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Terapan Abdimas, 10, 1653–1665.

Silaswati, D. (2018). Pentingnya penentuan topik dalam penulisan karya ilmiah pada bidang ilmu akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1), 86.

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian (Cetakan 1). Start Up. https://books.google.co.id/books?id=rmL2DwAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PA6&dq=Prosedur%2C langkah-langkah yang digunakan%2C waktu penelitian%2C sumber data dan dengan langkah apa data tersebut diperoleh%2C diolah%2C kemudian dianalisis&pg=PA5#v=onep

Wahyuningsih, R., Irawan, M. A., Administrasi, P., Universitas, P., & Mataram, P. M. (2022). E-WORSKHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH. 3(1), 68–73.

Wijayanti, T., Rachman, M., Ruhadi, R., Irawan, H., & Hermawan, D. (2021). Penguatan Kompetensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dalam Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas, 25(2), 103–111. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.32164

Winarto, W. W. A. (2021). Program Peningkatan Minat Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.114

Yanti, N., Suhartono, S., & Hiasa, F. (2018). Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Rosyida, F. A., Hanifah, K., Latif, M. S., & Abidin, M. (2024). Strategi Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Pascasarjana UIN Malang . Journal of Education Research, 5(2), 2301–1312. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.998

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check