Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Metode Integrated Teaching and Learning pada Kurikulum Merdeka di Jenjang Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.958Keywords:
Implementasi Model, PjBL, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum merdeka harus diimplementasikan oleh setiap lembaga pendidikan. Namun pengimplementasian kurikulum merdeka terutama dalam pelaksanaan projek menuai permasalahan. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah dokumen pembelajaran projek atau PjBL dengan menggunakan Integrated Teaching and Learning guna menjawab permasalahan yang muncul dalam pengimplementasian kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan: Landasan digunakannya model PjBL karena adanya regulasi tentang pengimplementasian kurikulum merdeka. Kelebihan sintaks pembelajaran PjBL dengan ITL dalam projek yang dijalankan dapat dikaitkan dengan setiap mata pelajaran. Prinsip reaksi menggambarkan cara guru dalam memberikan respon kepada siswanya sebagai pembimbing dan fasilitator terhadap kemampuan siswa. Sistem social munculnya interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa. Dampak yang muncul yakni ketercapaian KI atau KD, TP atau ATP, maupun pilar karakter P tiga dalam pembelajaran. Sistem pendukung yang dapat terlihat yakni pedoman kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran serta SDM yang berkualitas.
Downloads
References
Ahmad Teguh Purnawanto. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).
Andika Apriawan. (2022). Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Menumbuhkan Kesadaran dan Inklusi Sosial Siswa IPS MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4). https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3753/http
Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Project Learning. Journal Of Psychology and Child Developmment, 3. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.3241
Bethari Widiya Hardanti. (2020). LANDASAN ONTOLOGIS, AKSIOLOGIS, EPITESMOLOGIS ALIRANFILSAFAT ESENSIALISME DAN PANDANGANYA TERHADAP PENDIDIKAN. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2).
BSKAP. (2022a). Keputusan Kepala BSKAP No.008/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
BSKAP. (2022b). Keputusan Kepala BSKAP No.009/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka .
Delviana Aulia, D., Parida, R., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Landasan Filosofos Pendidikan. Journal on Education, 05(01), 432–441.
Dini, A., Mohammad, R., & Haq, S. (2021). SARANA DAN PRASARANA DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199.
Elizar. (2017). Penerapan Model Student Centered Learning di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 15(2).
Fadhilah, F., & Yuliah, E. (2023). Prospek Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Adab Peserta Didik. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 23(2).
Haidar Rahman. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK DENGAN MODEL QUANTUM DAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA SMP.
Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726
Ismayanti. (2017). PENERAPAN STRATEGI REFLEKSI PADA AKHIR PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1).
Kahfi, A. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan PISA 2022 Dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Naskah Akademik Profil Pelajar Pancasila. Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perbukuan Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan, K. R. dan T. (2022a). Buku Saku Kurikulum Merdeka.
Kementrian Pendidikan, K. R. dan T. (2022b). Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022a). Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022b). Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Linawatiningsih. (2023). MANAJEMEN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP N 1 PURWOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2023. Tesis. UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA.
Lukman Hakim. (2017). INTEGRATED LEARNING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. At-Turas, 4(2).
M. Ferry Irawan. (2023). PERENCANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. PIONIR : Jurnal Pendidikan, 12(3), 38–46.
Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 1, 1.
Muhammad Afandi. (2013). Model & Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press.
Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. PUBLICIANA , 23(1), 1–48. https://doi.org/10.36563/p
Nashrullah, M., & Pd. (2021). PENGANTAR KURIKULUM PROFIL PELAJAR PANCASILA DI PENDIDIKAN DASAR. www.kakapress.com
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Nurapni Aulia Sulkipli. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA PADA SMP NEGERI 1 MAKASSAR. Tesis. Universitas Bosowa Makasar.
Nurjanah, A., Solehudin, A., & Primajaya, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Model Pembelajaran Untuk Guru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Smk Pgri Telagasari). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 32–45. https://doi.org/10.5281/zenodo.7069500
Nurlaila. (2018). URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1(1).
Penelitian Kebijakan Badan Penelitian, P., Pengembangan, D., Perbukuan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Naskah Akademik Prohram Sekolah Penggerak.
Rahman, B. (2014). REFLEKSI DIRI DAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Paedagogia, 17(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia
Rahminawati, N. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 212–219. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p212
Rahminawati, N. (2022). Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Unisba Press.
Ramdanil Mubarok. (2020). MODEL PENGELOLAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PADA MASA PANDEMI. In Journal of Islamic Education Management Oktober (Vol. 2020, Issue 2). https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola
Retnasari, D. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA.
Revan Dwi Erlangga. (2023). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar (Studi Deskriptif Penggunaan Dana BOS Sekolah). Journal On Education, 6(2), 10976–10983. http://jonedu.org/index.php/joe
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rouf Akhmad Said, & Dedi Eko Riyadi. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH: KONSEP, MODEL DAN IMPLEMENTASI. AL-IBROH, 5(2).
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. RAUDHAH Proud To Be Professionals, 1(1).
Sri Ida Kholida. (2020). KETERCAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PjBL DENGAN BERBANTUANAPLIKASI ZOOM DAN DI WHATSAPP MESSENGER MASA PANDEMIC COVID-19. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1).
Sri Putrianingsih. (2021). PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENGAJARAN. Inovatif, 5(1).
Sulistiyaningsih, S., & Sujarwo, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456
Ummi Inayati. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(2).
Weni Sukarni. (2021). LITERATUR REVIEW: SISTEM SOSIAL MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 5(1).
Yenny Septi. (2021). PERENCANAAN MERDEKA BELAJAR BERBASIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 12 SIJUNJUNG. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Yunus Abidin. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. PT. Refika Aditama.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Revan Dwi Erlangga, Nan Rahminawati, Asep Dudi Suhardini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).