Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Pemahaman Bacaan Narrative Text Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.840Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan motivasi belajar pemahaman bacaan Narrative text peserta didik kelas VIII di SMP Negeri tiga Talang dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Model pembelajaran yang konvensional berdampak pada rendanya hasil belajar dan motivasi peserta didik sehingga muncul upaya untuk meningkatkan hasil dan motivasi peserta didikdenganmenerapkan model pembelajaran STAD. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri tiga tahun dua ribu dua puluh tiga sampai dua ribu dua puluh empat yang berjumlah dua ratus lima puluh satu.Dengan cluster random sampling ,sampel yang didapatkan kelas VIIIA dan VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan kuantitif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terdapat pengaruh yang signifikasi antara pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil dan motivasi belajar Bahasa Inggris di SMP Negeri tiga Talang. terdapat perbedaan yang signifikan motivasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan yang pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil dan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Anik Pamilu, Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak, (Jakarta: Buku Kita, 2017), h. 59-62
Arikunto, Suharsimi, 2019, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dahar, Ratna Wilis, 2019, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga
Dimyati dan Mujiono, 2016, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Made
Erly, 2020, Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD): Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960.
Hamdu, G. dan L., 2019, "Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar", Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, (hlm.81–86).
Hikmah, D., & Pranata, M. S. A, 2020, Peningkatan pemahaman siswa SMP pada teks narrative melalui strategi semantic mapping, Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 26–38.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul,2010, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.8 https://ainamulyana.blogspot.com. Diakses pada tanggal 28 Maret 2023
Karmila, D. (2021). Meningkatkan keterlibatan aktif siswa kelas VIII F SMPN 1 Pontianak melalui penerapan talking chips, Indonesian Journal of EducationalDevelopment,2(1),28-37. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781846
Nana Sudjana, 2018, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Jakarta:Kemendikbud.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta: Depdiknas.
Purwanto, 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
P.Maulana and A. Akbar, “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar,” J. Pesona Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 46–59, 2017.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Sarwani, A, 2018, Narrative Text sebagai sumber belajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk menumbuhkan nilai moral peserta didik, Lingua, 12(2), 243–254.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi
Mahasatya.
Sardiman AM, 2018, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press
Rusman, 2020, Model-model Pembelajaran, Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Slameto, 20108 Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:
Rineka Cipta.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010). h. 146S
Subana, Moersetyo dan Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: CV
Pustaka Setia.
Sugiyono, 2019, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Utami Munandar, Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999), hal. 88. 4
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Endang Retno Sulistiowati, Taufiqulloh Taufiqulloh, Yoga Prihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).