Managemen Konflik dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Authors

  • Nandang Koswara Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia
  • Suparman Suparman Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia
  • Endah Saadah Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia
  • Mohammad Heri Hadian Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.782

Abstract

Menyelesaikan konflik atau masalah dalam pendidikan dengan baik yaitu melalui manajemen konflik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diambil studi lapangan, yaitu penelitian yang objeknya mengenai kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa  manajemen konflik, kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua bisa menghadapi berbagai pertentangan atas perselisihan antara dirinya dengan orang lain atau bawahannya. Berangkat dari permasalan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen konflik dalam pendidikan ditinjau dari segi agama, filsafat, psikologi dan sosiologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet. ke-15, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)

Danim S, Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius, (IQ,EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. (Bandung : Alfabeta, 2017)

Mahyni, Yudisan D, Manajemen Konlfik dam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal Almufida. Vol. II No. 1 2017

Made Pidarta, Landasan Pendidikan, cet. ke-3, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)

Suitrna, A Samsudin, Landasan Kependidikan (Teori dan Praktek), cet. ke-1, (Bandung: Rifika Adhitama, 2015)

Kusworo, Manajemen Konflik & Perubahan Dalam Organisasi, cet. ke-1, (Jatinangor: Alqa Print, 2019)

Eko, Diana, David, Manajemen Konflik, cet. ke-1, (Makasar: Yayasan Kita Menulis, 2021)

Wahyudi, Teori Konflik dan Penerapan Pada Ilmu-Ilmu Sosial, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2021

Tjipto Subadi, Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan, (Solo: Fairuz Media, 2009)

Hardani, Helmina, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, cet. ke-1, (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2020)

Fathul Wahid, Agama Filsafat dan Ilmu Pegetahuan , cet. ke-1, (Yogyakarta: Diandra Creative, 2022)

Amason, A. C. (2018). Conflict in Organizational Teams: Research Paradigms for a New Decade. In C. K. W. De Dreu & M. J. Gelfand (Eds.), The Oxford Handbook of Conflict Management in Organizations (pp. 17–34). Oxford University Press.

De Dreu, C. K. W. (2020). Organizational Conflict: A Sociological Perspective. In N. M. Ashkanasy, R. S. Bhagat, & M. E. T. -Z. T. (Eds.), Handbook of Research on Cross-Cultural Business Education (pp. 239–254). IGI Global.

Smith, A., & Johnson, B. (2018). Conflict Management in Schools: The Role of Principals. Educational Management Administration & Leadership, 46(1), 57–77

Thomas, K. W. (2019). Conflict and Conflict Management: Reflections and Update. Journal of Organizational Behavior, 40(7), 805–817.

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Koswara, N., Suparman, S., Saadah, E., & Hadian, M. H. (2024). Managemen Konflik dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Journal of Education Research, 5(1), 106–115. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.782

Issue

Section

Articles

Citation Check