Managemen Konflik dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.782Abstract
Menyelesaikan konflik atau masalah dalam pendidikan dengan baik yaitu melalui manajemen konflik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diambil studi lapangan, yaitu penelitian yang objeknya mengenai kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen konflik, kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua bisa menghadapi berbagai pertentangan atas perselisihan antara dirinya dengan orang lain atau bawahannya. Berangkat dari permasalan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen konflik dalam pendidikan ditinjau dari segi agama, filsafat, psikologi dan sosiologi.
Downloads
References
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet. ke-15, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Danim S, Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius, (IQ,EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos. (Bandung : Alfabeta, 2017)
Mahyni, Yudisan D, Manajemen Konlfik dam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal Almufida. Vol. II No. 1 2017
Made Pidarta, Landasan Pendidikan, cet. ke-3, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013)
Suitrna, A Samsudin, Landasan Kependidikan (Teori dan Praktek), cet. ke-1, (Bandung: Rifika Adhitama, 2015)
Kusworo, Manajemen Konflik & Perubahan Dalam Organisasi, cet. ke-1, (Jatinangor: Alqa Print, 2019)
Eko, Diana, David, Manajemen Konflik, cet. ke-1, (Makasar: Yayasan Kita Menulis, 2021)
Wahyudi, Teori Konflik dan Penerapan Pada Ilmu-Ilmu Sosial, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2021
Tjipto Subadi, Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan, (Solo: Fairuz Media, 2009)
Hardani, Helmina, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, cet. ke-1, (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2020)
Fathul Wahid, Agama Filsafat dan Ilmu Pegetahuan , cet. ke-1, (Yogyakarta: Diandra Creative, 2022)
Amason, A. C. (2018). Conflict in Organizational Teams: Research Paradigms for a New Decade. In C. K. W. De Dreu & M. J. Gelfand (Eds.), The Oxford Handbook of Conflict Management in Organizations (pp. 17–34). Oxford University Press.
De Dreu, C. K. W. (2020). Organizational Conflict: A Sociological Perspective. In N. M. Ashkanasy, R. S. Bhagat, & M. E. T. -Z. T. (Eds.), Handbook of Research on Cross-Cultural Business Education (pp. 239–254). IGI Global.
Smith, A., & Johnson, B. (2018). Conflict Management in Schools: The Role of Principals. Educational Management Administration & Leadership, 46(1), 57–77
Thomas, K. W. (2019). Conflict and Conflict Management: Reflections and Update. Journal of Organizational Behavior, 40(7), 805–817.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nandang Koswara, Suparman Suparman, Endah Saadah, Mohammad Heri Hadian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).