Navigasi Ruang Digital: Peran Guru dalam Kampanye Moderasi Beragama melalui Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.682Abstract
Semakin maraknya konflik antar umat beragama menunjukkan urgensi untuk mengatasi ketegangan dan perlunya membangun pemahaman yang lebih mendalam akan pentingnya moderasi beragama. Oleh karena itu diperlukan langkah proaktif untuk meminimalisir konflik, meningkatkan toleransi, dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih inklusif. Navigasi ruang digital dibutuhkan sebagai langkah solutif dalam mengkampanyekan moderasi beragama yang bertujuan untuk membentuk sikap saling menghargai dan menghindari radikalisme, mendukung terciptanya kehidupan beragama yang damai dan harmonis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam membimbing peserta didik agar dapat memahami moderasi beragama serta mengimplementasikan melalui kampanye di ruang digital, mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi peserta didik serta mengevaluasi efektivitas kampanye moderasi beragama melalui media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix method), yang menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan wawancara, observasi, penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan puluh delapan persen peserta didik berhasil melakukan kampanye moderasi beragama melalui media sosial Instagram dengan akun pribadi masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa peran guru terbukti sangat efektif dalam mengembangkan pemahaman peserta didik tentang moderasi beragama dan memberi mereka dorongan untuk berperan aktif di dunia maya melalui kampanye moderasi beragama.
Downloads
References
Agung, A., & Maulana, M. A. (2021). Revitalisasi Pengembangan Moderasi Beragama pada Era Digital di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 524–529. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1893
Akbar, A. (2020). Peran Guru PAI Dalam Membangun Moderasi Beragama Di SDN Beriwit 4 Dan SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya. Institut Agama Islam Palangka Raya, 1–160.
Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 9(2), 263. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719
AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715
Elvinaro, Q., & Syarif, D. (2022). Generasi Milenial dan Moderasi Beragama: Promosi Moderasi Beragama oleh Peace Generation di Media Sosial. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 11(2), 195–218. https://doi.org/10.15575/jispo.v11i2.14411
Fadli, A. (2023). Transformasi Digital dan Moderasi Beragama: Memperkuat Ummatan Wasathan di Indonesia. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 12(1), 1–14. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/7773
Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 195–202.
Imron, K. (2023). Konsepsi Implementasi Moderasi Beragama Di Madrasah. 20, 32–39.
Iskandar, Nehru, & Riantoni, C. (2021). Metode Penelitian Campuran (M. Nasrudin (ed.); 1 ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikulturalitas Indonesia (Analisis Kebijakan Implementatif pada Kementerian Agama). AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Keislaman, 7(1), 1–13. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/issue/view/10
Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatf dalam Media Pembelajaran IPA. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1(1), 60–69.
Nurjadid, N. (2019). Peran Guru Madrasah dalam Membersamai Perilaku ModerasBeragama Peserta didik di Era Revolusi Industri 4.0. In Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 2.
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1), 83. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2959
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah Falasifa, 11(September), 182. https://media.neliti.com/media/publications/318931-peran-guru-agama-dalam-menanamkan-modera-
Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Tpq Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507
Rijal, S., Amin, H., Nurkhalis, Hardiansyah, Yasin, T. H., Juwaini, Hakim, L., & Malemi, M. (2022). Moderasi Beragama Refleksi Dialog Modernitas Multikultural (Murni (ed.)). Damera Press.
Sayyidah, L. (2023). Moderasi Beragama Memperkuat Kerukunan Umat Beragama. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2131%0Ahttps://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2131/Lina Sayyidah (12001032)_5A PAI_Artikel PPMDI.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Suhardi, U., Anwar, M. K., & Wibawa, Y. Y. (2022). TANTANGAN MODERASI BERAGAMA DALAM DISRUPSI TEKNOLOGI. Widya Aksara Jurnal Agama Hindu, 27, 257–268.
Syarnubi, Fauzi, M., Anggara, B., Fahiroh, S., Mulya, A. N., Ramelia, D., Oktarima, Y., & Ulvya, I. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama. Prosiding Seminar Nasional 2023, 1(1), hlm 114.
Thadi, R., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2022). Kampanye Moderasi Beragama di Ruang Digital Indonesia. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 171–186. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj
Tuhuteru, A., Murdiati, E., & Sukmawati, L. (2023). Pengembangan Medialog Sebagai Media Kampanye Moderasi Beragama Bagi Kaum Milenial. Wardah, 24(1), 106–137. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.16945
Utomo, S., Heriansyah, D., Mauizah, A. Z., Apriliani, D. R., & Ruslan, I. (2021). Efektivitas Kampanye Moderasi Beragama Berbasis Whatsapp Group pada Masyarakat Desa. Jurnal Riset Agama, 1(3), 64–78. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15097
Wibowo, A. (2019). Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Strategi Pesan. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 5(2), 85–103. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.971
Zulaiha, D. (2018). Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang, 616–620.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ifa Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).