Urgensi Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Era Disrupsi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.614Keywords:
Keteladanan Akhlak Guru, SiswaAbstract
Pendidikan dengan keteladanan artinya proses pendidikan yang memberikan keteladanan lebih banyak, baik berupa tingkah laku, sifat, cara berpikir dan sebagainya. Kecenderungan siswa belajar dengan cara meniru menyebabkan keteladanan menjadi sangat penting dalam proses pendidikan, hal ini disebabkan karena dalam belajar siswa pada umumnya lebih mudah menangkap hal-hal yang konkrit daripada yang abstrak. Pada dasarnya kebutuhan manusia akan sosok teladan bermula dari kecenderungannya untuk meniru sifat yang sudah menjadi manusia. Peniruan ini berpusat pada tiga unsur yaitu peniruan, peniruan, dan peniruan. Dalam berperilaku, meniru itu penting, dalam kenyataan bahwa individu dan masyarakat tertentu meniru dengan sadar, apa yang hendak ditirunya dipikirkan secara rasional dan mendalam agar tidak terjerumus ke dalam kesalahan. Ada pula yang meniru tanpa sadar biasanya akan liar tak terkendali bahkan terkesan tak bisa memilih
Downloads
References
Adquisiciones, L. E. Y. D. E., Vigente, T., Frampton, P., Azar, S., Jacobson, S., Perrelli, T. J., Washington, B. L. L. P., No, Ars, P. R. D. a T. a W., Kibbe, L., Golbère, B., Nystrom, J., Tobey, R., Conner, P., King, C., Heller, P. B., Torras, A. I. V., To-, I. N. O., Frederickson, H. G., … SOUTHEASTERN, H. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Duke Law Journal, 1(1).
Al Mubarok, A. A. S. A. (2020). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren. Al-TA’DIB, 12(2), 306. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1447
Amalia Yunia Rahmawati. (2020). 済無No Title No Title No Title. July, 1–23.
Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, W. (2023). Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin di RT 01 RW 22 Kelurahan sidomulyo Barat Kec . Tuah. 7, 207–212.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Borrego, A. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title (Vol. 10).
Busthomi, Y. (2020). Sepuluh Faktor agar Menjadi Guru yang Dicintai oleh Siswanya. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–54. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.75
Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). Pengembangan Sikap Keberagamaan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 117–126. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/233
Darajat, M. (2021). Nilai-Nilai Tauhid Dalam Ayat Kursi Dan Metode Pembelajarannya Dalam Pendidikan Agama Islam (Suatu Tinjauan Teoritik). Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), 2(1), 6–15. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25694/
Dwi Putra, D. (2019). Pembinaan Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam melalui Mengaji, Berkreasi, Produktif di Desa Jomin Barat Karawang. Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–88.
Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling Sebagai Metode Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Literature Review. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 86. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8393
Gilang Achmad Marzuki, & Agung Setyawan. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 53–62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809
Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64
Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Nurhayati Rahayu, Y., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Hasan, W. A., Ibadah, F., & Muamalah, A. (n.d.). AL-ISLAM.
Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Hidayat, W. (2020). Metode Keteladanan Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Akhlak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 113–135.
Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02), 3–11. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Inganati, V. O. N., & Fernadi, M. F. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di SMP Muhammadiyah Lubuk Banjar Lubuk Raja Ogan Komering …. Unisan Jurnal, 02(02), 394–402. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1225%0Ahttps://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/download/1225/626
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Jai, A., Rochman, C., Pendidikan, N. N.-A.-T. J., & 2019, undefined. (n.d.). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa. 103.88.229.8. Retrieved March 25, 2021, from http://103.88.229.8/index.php/tadzkiyyah/article/view/4781
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Mashuri, I., & Fanani, A. A. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Sma Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 157. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v19i1.575
Monicha, R. E., Asha, L., Karolina, A., Yanuarti, E., Maryamah, M., Mardeli, M., & Soraya, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era Milenialdi Sma Negeri 2 Rejang Lebong. Tadrib, 6(2), 199–214. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i2.5925
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Muslimin, E., Sunan Gunung Djati Bandung, U., Julaeha, S., & Suhartini, A. (2021). Konsep dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 71–87.
Nasution, M. H. (2020). Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam (Advice Method from Islamic Education Perspective). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 53–64.
Nurpajar, A. C. (2020). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 22–31. https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.232
Pelaksanaan, M., Pada, D., Teruna, S., Sudarsana, K., Arwani, Y., Kunci, K., & Karakter, P. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter. In jayapanguspress.penerbit.org (Vol. 1, Issue 1). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya/article/view/67
Pendidikan, M. K.-P. J., & 2015, undefined. (n.d.). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. Ojs.Umsida.Ac.Id. Retrieved March 25, 2021, from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/71
Pendidikan, N. R.-A.-F. J. S. D. P., & 2018, undefined. (n.d.). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Lppm-Unissula.Com. Retrieved March 25, 2021, from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203
Pratama, M. G., Hardjito, Rachmawati, Y. F., Bushdiar, & Rosfiani, O. (2022). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Di Mts Islahuddinyyah Pondok Aren Pada Masa Pandemi. 5, 441–446.
Putra, M. A. D., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Negeri 1 Karawang Timur. Islamika, 4(3), 476–490. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1966
Qomarudinul Huda, M., & Susanto, S. (2023). Pemimpin Pendidikan Islam Sebagai Interprenaurship. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2, 317–325. https://doi.org/10.58561/jkpi.v2i1.3
Rahayu, D. W., & Fitriyah, F. K. (2020). Pengaruh Sikap Toleransi terhadap Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 69–79. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang
Ramadhan, M. W., Faisol, A., & Hakim, D. M. (2021). Peran Kiai Sebagai Figur Sentral Pendidik Dalam Mengembangkan Karakter Islam Santri Pondok Modern Darul Ma’Rifat Kediri. Pendidikan Islam, 6(1), 17–23.
Rizka, A. (2018). TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM ERA MILENIAL (Tinjauan Pengajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Sosial). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857
Slamet, H., Mujahidin, E., Andriana, N., Sastra, A., & Alim, A. (2023). Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Akhlak Pemuda dalam Perspektif Hijrah Rasulullah SAW. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 126–139.
Sri Handayani, N., Abdussalam, A., & Supriadi, U. (2021). Akhlak Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu: Sebuah Pemikiran Reflektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 395–411. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8105
Susilawaty, S., Kristiawan, M., & Sasongko, R. N. (2022). A Study of Health Education: Knowledge and Mothers’ Attitudes Towards Pulmonary Tuberculosis Treatment Seeking Behavior in Bengkulu City. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 789. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2620
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91
Winata, bayu pandu. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 2 Rebang Tangkas Way Kanan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wiwi Cahya Ningsih, Bela, S., & Ika. (2021). Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Keluarga Di Desa Mekarwangi Kecamatan Cisauk, Tangerang. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 188–202. https://doi.org/10.32806/jkpi.v2i1.31
Yuliza, U. (2021). sunhaji_Active Learning versi Rasulullah. 9(2), 306–324.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nuryanti Nuryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).