The FIVES Strategy Berbasis Indigenous Culture: Implementasinya dalam Meningkatkan Critical Literacy Skill

Authors

  • Ayu Sari Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Imroatul Ma'fiyah Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Habibi Nur Hidayanto Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.492

Keywords:

Reading, The FIVES Strategy, Critical Literacy, kemampuan, Indigenous culture

Abstract

Peningkatan critical literacy skill yang lebih baik adalah tujuan dari penelitian ini. Critical Literacy Skill adalah keterampilan penting yang harus dipupuk untuk mempersiapkan diri menghadapi era disrupsi di bidang pendidikan. Peserta didik dapat merespon berbagai informasi dengan keterampilan critical literacy. Ideologi, agama, budaya, dan tata nilai masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh kemajuan dalam komunikasi, yang sering dikaitkan dengan arus budaya global. Untuk itu, strategi yang tepat diperlukan agar generasi muda dapat mempertahankan nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa. Meningkatkan kemampuan critical literacy dan menginternalisasi nilai-nilai kesadaran budaya dengan The FIVES strategy berbasis budaya dapat menjawab tantangan tersebut. Studi ini dilakukan di jurusan pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah, Indonesia. Subjek penelitian adalah peserta didik Program studi Pendidikan bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Reading. Terdapat 23 peserta didik sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa The FIVES Strategy berbasis Indigenous Culture dapat meningkatkan Critical Literacy Skill peserta didik. Nilai rata-rata pre test yaitu 65, Nilai rata-rata post test 1 yaitu 72 dan nilai rata-rata post test 2 yaitu 80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alford, J., & Kettle, M. (2017). Teachers’ reinterpretations of critical literacy policy: Prioritizing praxis. Critical Inquiry in Language Studies, 14(2-3), 182-209.

Ali, H. H., & Abbas, S. H. The Effect of FIVES Strategy on Iraqi EFL University Students' Reading Comprehension and Writing Performance.

Brown, E. L. (2004). What precipitates change in cultural diversity awareness during a multicultural course: The message or the method?. Journal of Teacher Education, 55(4), 325- 340.

Danso, R. (2018). Cultural competence and cultural humility: A critical reflection on key cultural diversity concepts. Journal of Social Work, 18(4), 410-430.

Gustine, G. G. (2013). Designing and implementing a critical literacy-based approach in an Indonesian EFL secondary school. International Journal of Indonesian Studies, 1(1), 2-21.

Janks, H. (2013). The importance of critical literacy. In Moving critical literacies forward (pp. 50-62). Routledge.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2015). Critical theory and critical participatory action research. The SAGE Handbook of action research, 453-464.

Ko, M. Y., & Wang, T. F. (2013). EFL learners’ critical literacy practices: A case study of four college students in Taiwan. The Asia-Pacific Education Researcher, 22(3), 221-229.

Liu, Y. (2017). Critical Literacy Practices in EFL Reading Classroom--An Experimental Study towards Chinese University Students. English Language Teaching, 10(5), 133-138.

Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas Iv Se-Gugus 2 Purwasari Dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives Dan Model Guided Reading. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Pangestuti, A. A., Mistianah, M., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Using Reading-Concept Map-Teams Games Tournament (Remap-TGT) to Improve Reading Interest of Tenth Grade Student of Laboratory Senior High School State University of Malang. American Journal of Educational Research, 3(2), 250-254.

Rahmawati, W. T., Harahap, Y. M., & Ramlah, R. (2022). Effectiveness of fives strategy in teaching reading comprehension. JALL (Journal of Applied Linguistics and Literacy), 6(1), 74-92.

Sari, S., Oktaviani, A., & Yulfi, Y. (2020). The Use Of Fives Strategy To Teach Reading Comprehension For Eleventh Graders. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 7(1), 74-82.

Shea, M., & Roberts, N. (2016). The FIVES strategy for reading comprehension. Learning Sciences International.

Supriatna, I., Agusdianita, N., Yuliantini, N., Herman, H., & Resnani, R. (2020). Reading comprehension through the FIVES model and guided reading model to improve critical thinking ability in the industrial revolution era 4.0. Mimbar Sekolah Dasar, 7(1), 133-152.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.

Verkuyten, M., & Yogeeswaran, K. (2020). Cultural diversity and its implications for intergroup relations. Current opinion in psychology, 32, 1-5.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Sari, A., Ma’fiyah, I., & Hidayanto, H. N. (2024). The FIVES Strategy Berbasis Indigenous Culture: Implementasinya dalam Meningkatkan Critical Literacy Skill. Journal of Education Research, 5(4), 4456–4465. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.492

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check