Pengembangan Bahan Ajar Flipbook dalam Peningkatan Literasi Sains di SDN Kalisapu 04

Authors

  • Karni Lestari Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Burhan Eko Purwanto Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Muntoha Nasucha Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.490

Keywords:

Bahan Ajar, Pembelajaran MIKIR, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar flipbook  dalam meningkatkan literasi sains, dan keefektifan bahan ajar flipbook meningkatkan literasi sains. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan, membuat desain bahan ajar flipbook, melakukan pengembangan, selanjutnya melakukan validasi oleh ahli, merevisi produk, setelah itu melakukan uji coba terbatas. Total rata-rata hasil validasi bahan ajar flipbook sangat layak. Keefektifan bahan ajar flipbook siswa dikatakan efektif. Hal ini ditunjukkan data peningkatan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan nilai n-gain score kelas eksperimen, termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Sedangkan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan nilai n-gain score untuk kelas kontrol, termasuk dalam kategori kurang efektif. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, penggunaan bahan ajar flipbook cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di SDN Kalisapu empat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Y., Rustaman, N. Y., Widodo, A., & Redjeki, S. (2014). Kemampuan pedagogical content knowledge guru biologi yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 69-73.

Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536

lfrianto, E., Nasution, I. S., & Siregar, E. F. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif Berorientasi Mikir (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. Pelita Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4071

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Gustriani, S. (2019). Research And Development (R&D) Method as A Model Design In Educational Research And Its Alternatives. JURNAL holistik, Volume 11, Nomor 2, Desember 2019, p-ISSN 2085-4021 e-ISSN 2657-1897.

Leni, N. (2020). Efektifitas Pelatihan Metodologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Aktif MIKiR. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 5(1), 29–38.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174.

Miriam, S., Mahtari, S., & Siswanto, J. (2022). STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4. 0. 13(2), 163–170. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.10402

Muhammad, F., & Rusilowati, A. (2014). Penerapan Pendekatan MIKiR Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.

Munandar, M. I., & Ulwiyah, I. (2012). Intercultural approaches to the cultural content of Indonesia’s high school ELT textbooks. Cross-Cultural Communication, 8(5), 67-73.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Noviana, N., & Ali, A. (2021). Pembelajaran Aktif Konsep “MIKiR” dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 99–109. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/27811

Pramudya, I., Mardiyana, M., Sutrima, S., Sujatmiko, P., & Aryuna, D. R. (2020). Mathematics Learning Practice Training with the “MiKIR” Approach to Improve Analysis and Algebra Reasoning Abilities in Mathematics MGMP SMP Sragen. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 1. https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47076

Separen. (2019). Penggunaan Model dan Konsep Pembelajaran Teknik “MIKiR” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pengantar Ilmu Hukum di Program Studi PPKN FKIP UNRI Separen, S.Pd., M.H. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 1–17.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA.

Sukmadinata, N. S. (2008). Quality Control in Secondary School Education. Bandung: Refika Aditama.

Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on the Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10(8), 12-20.

Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Writing research: Multidisciplinary inquiries into the nature of writing series. Ablex Publishing Corporation, 355 Chestnut St., Norwood, NJ 07648.

Thomson, S., & De Bortoli, L. (2008). Exploring Scientific Literacy: How Australia measures up. The PISA 2006 survey of students' scientific, reading, and mathematical literacy skills.

Toharudin, M., Sari, H. K., Pranoto, B. A., & Fitri, R. M. (2021). Literacy Culture and Digital Literacy in Elementary Schools. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 175-190.

Wulandari, N & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. Jurnal: Edusains Volume 8, Nomor 1, Tahun 2016, 66-73.

Yantoro. (2020). Analysis Of Teacher’s Ability in Applying Mikir Elements in Active Learning at High Classes in The Primary School. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4, 356–366.

Zain, S. F. H. S., Rasidi, F. E. M., & Abidin, I. I. Z. (2012). Student-centred learning in mathematics constructivism in the classroom. Journal of International Education Research (JIER), 8(4), 319-328.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Lestari, K., Purwanto, B. E., & Nasucha , M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook dalam Peningkatan Literasi Sains di SDN Kalisapu 04. Journal of Education Research, 4(4), 1634–1644. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.490

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)