Pengembangan Bahan Ajar Flipbook dalam Peningkatan Literasi Sains di SDN Kalisapu 04
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.490Keywords:
Bahan Ajar, Pembelajaran MIKIR, Literasi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar flipbook dalam meningkatkan literasi sains, dan keefektifan bahan ajar flipbook meningkatkan literasi sains. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian diawali dengan analisis kebutuhan, membuat desain bahan ajar flipbook, melakukan pengembangan, selanjutnya melakukan validasi oleh ahli, merevisi produk, setelah itu melakukan uji coba terbatas. Total rata-rata hasil validasi bahan ajar flipbook sangat layak. Keefektifan bahan ajar flipbook siswa dikatakan efektif. Hal ini ditunjukkan data peningkatan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan nilai n-gain score kelas eksperimen, termasuk dalam kategori Cukup Efektif. Sedangkan hasil perhitungan uji n-gain score menunjukkan nilai n-gain score untuk kelas kontrol, termasuk dalam kategori kurang efektif. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, penggunaan bahan ajar flipbook cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di SDN Kalisapu empat.
Downloads
References
Anwar, Y., Rustaman, N. Y., Widodo, A., & Redjeki, S. (2014). Kemampuan pedagogical content knowledge guru biologi yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 69-73.
Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536
lfrianto, E., Nasution, I. S., & Siregar, E. F. (2020). Implementasi Pembelajaran Aktif Berorientasi Mikir (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. Pelita Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i1.4071
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Gustriani, S. (2019). Research And Development (R&D) Method as A Model Design In Educational Research And Its Alternatives. JURNAL holistik, Volume 11, Nomor 2, Desember 2019, p-ISSN 2085-4021 e-ISSN 2657-1897.
Leni, N. (2020). Efektifitas Pelatihan Metodologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Aktif MIKiR. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 5(1), 29–38.
Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174.
Miriam, S., Mahtari, S., & Siswanto, J. (2022). STEM-Problem Based Learning: Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa di Era Industri 4. 0. 13(2), 163–170. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.10402
Muhammad, F., & Rusilowati, A. (2014). Penerapan Pendekatan MIKiR Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 77–83.
Munandar, M. I., & Ulwiyah, I. (2012). Intercultural approaches to the cultural content of Indonesia’s high school ELT textbooks. Cross-Cultural Communication, 8(5), 67-73.
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Noviana, N., & Ali, A. (2021). Pembelajaran Aktif Konsep “MIKiR” dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(3), 99–109. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/27811
Pramudya, I., Mardiyana, M., Sutrima, S., Sujatmiko, P., & Aryuna, D. R. (2020). Mathematics Learning Practice Training with the “MiKIR” Approach to Improve Analysis and Algebra Reasoning Abilities in Mathematics MGMP SMP Sragen. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 1. https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47076
Separen. (2019). Penggunaan Model dan Konsep Pembelajaran Teknik “MIKiR” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pengantar Ilmu Hukum di Program Studi PPKN FKIP UNRI Separen, S.Pd., M.H. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 1–17.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA.
Sukmadinata, N. S. (2008). Quality Control in Secondary School Education. Bandung: Refika Aditama.
Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Improving High-Level Thinking Skills by Development of Learning PBL Approach on the Learning Mathematics for Senior High School Students. International Education Studies, 10(8), 12-20.
Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Writing research: Multidisciplinary inquiries into the nature of writing series. Ablex Publishing Corporation, 355 Chestnut St., Norwood, NJ 07648.
Thomson, S., & De Bortoli, L. (2008). Exploring Scientific Literacy: How Australia measures up. The PISA 2006 survey of students' scientific, reading, and mathematical literacy skills.
Toharudin, M., Sari, H. K., Pranoto, B. A., & Fitri, R. M. (2021). Literacy Culture and Digital Literacy in Elementary Schools. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(2), 175-190.
Wulandari, N & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. Jurnal: Edusains Volume 8, Nomor 1, Tahun 2016, 66-73.
Yantoro. (2020). Analysis Of Teacher’s Ability in Applying Mikir Elements in Active Learning at High Classes in The Primary School. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4, 356–366.
Zain, S. F. H. S., Rasidi, F. E. M., & Abidin, I. I. Z. (2012). Student-centred learning in mathematics constructivism in the classroom. Journal of International Education Research (JIER), 8(4), 319-328.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Karni Lestari, Burhan Eko Purwanto, Muntoha Nasucha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).