Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Ihsan Karmedi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firman Firman Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rusdinal Rusdinal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45

Keywords:

Pendidikan karakter, pembelajaran sejarah

Abstract

Artikel ini mengutarakan  dan menguraikan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah selama pandemi Covid-19. Strategi  yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada saat pandemi covid-19 yang hingga saat ini masih terus berlanjut. Agar pembelajaran sejarah dalam menggunakan teknologi jarak jauh tetap berlangsung dengan lancar, guru perlu menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik dengan cara saling menguatkan antara guru dengan siswa, juga sesama antar siswa. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi agar pembelajaran sejarah tetap berlangsung seperti biasa meskipun dilakukan di rumah masing-masing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2012. Model Penilaian Otentik dalam pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan karakter. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Covid19.go.id. Diakses pada 2 Februari 2021 pukul 14.31 WIB.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mutiah, D. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Prianto, C. 2020. Pembelajaran bermakna di Tengah Covid-19. Surabaya: Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2021-02-18

How to Cite

Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45

Issue

Section

Articles

Citation Check