Pengembangan Media Permainan Game Geo Bus (GGS) untuk Mengenalkan Bentuk-Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.42Keywords:
bentuk geometri, game geo bus (GGS), anak usia dini.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang diperoleh dari pengembangan produk game geo bus (GGS) bagi kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang diambil yaitu penelitian pengembangan (Research and Development/R&D), langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian Research and Development (R&D) ini yaitu: potensi dan masalah; pengumpulan informasi; desain produk; validasi desain; revisi desain; validasi produk; revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan kuisioner (angket), wawancara dan observasi. Instrument penelitian dilakukan dengan menggunakan lembaran kuesioner (angket). Instrument tersebut terdiri dari dua jenis validasi yaitu validasi instrument kelayakan produk dan instrument kelayakan materi. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian berdasarkan validasi yang didapat dari kedua validator dapat disimpulkan bahwa hasil validasi materi dan media tersebut, yaitu jumlah skor yang didapat dari gabungan kedua validasi materi, yaitu “41†skor, dengan rata-rata skor “4,5†dan kategori validasi materi yang didapat adalah “Sangat Layakâ€. Sedangkan validasi media dengan jumlah “45†skor, dengan rata-rata skor “4,1â€, tentunya dengan kategori validasi media merupakan“Sangat Layakâ€.
Downloads
References
Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Abdul Khobir. 2009. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. 7 (2). (Online). Repository.Iainpekalongan.Ac.Id. (Diakses 08 November 2020).
Aryuni Rusdianti, Yeni Solfiah, & Rita Kurnia. 2020. Pengembangan Media Getar (Geometri Putar) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia 4-5 Tahun. 3 (2). (Online). Https://journal.universitaspahlawan.ac.id. (Diakses 20 Desember 2020).
Dasrun Hidayat. 2013. Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. 5 (02). (Online). Jurnal.untad.ac.id. (Diakses 17 Desember 2020).
Devi Purnama Sari. 2019. Pengaruh Permainan Kotak Misteri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Universitas Riau. (Skripsi).
Dian Rahma. 2017. Penggunaan Alat Permainan Edukatif untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Al Fikri. 6 (10). (Online). Academia.Edu. (Diakses 17 Desember 2020).
Eti Hadiati dan Fidrayani. 2019. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (1). (Online). http://ejournal.radenintan.ac.id. (Diakses 08 November 2020).
Eka Sri Hendayani. 2012. Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dalam Pembelajaran Paud Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 1 (2). (Online). E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id. (Diakses 08 November 2020).
Iis Prasetyo. 2012. Teknik Analisis Data Dalam Research And Development. (Online). Academia.Edu. (Diakses 08 November 2020).
Lailatul Asmaul Chusna dan Mallevi Agustin Ningrum. 2019. Pengembangan Media Dakon Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. 8 (2). (Online). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. (Diakses 16 Maret 2020).
Lidia Safitri, dkk. 2018. The Effect of Geometry Box Media on the Ability to Know the Concept of Numbers and Geometric Shapes. 212. (Online). https://www.atlantis-press.com. (Diakses 16 Maret 2020).
Lili Artika. 2017. Pengaruh Permainan Dakon Geometri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Dahlia Mandiri Desa Muntai Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. 4 (1). (Online). Http://Jom.Unri.Ac.Id. (Diakses 16 Maret 2020).
Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gavamedia. Yogyakarta.
Ria Novianti. 2012. Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1). (Online). Educhild.Ejournal.Unri.Ac.Id. (Diakses 19 Juni 2020).
Rita Kurnia. 2011. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Cendikia Insani Pekanbaru. Pekanbaru.
Safrudin Aziz. 2017. Strategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Kalimedia. Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sukma Cania, Ria Novianti, & Daviq Chairilsyah. 2020. Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. 3 (1). (Online). https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/download/1210/955. (Diakses 20 Desember 2020).
Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Pt Remaja Rosdakarya. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).