Menumbuhkan Kecerdasan Ekologis dengan Konten Youtube Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.412Keywords:
Kecerdasan Ekologis, Youtube, Kampung Adat CiptarasaAbstract
Kepedulian menjaga hutan merupakan langkah kecil yang berdampak besar untuk keberlanjutan manusia dan alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kecerdasan ekologis pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua metode penelitian yaitu fenomenografi dan Penelitian Tindakan Kelas. Penggunaan konten youtube mengenai kampung adat Ciptarasa sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri satu Pabuaran Kelas IX B menunjukan hasil yang baik. Peserta didik sangat antusias belajar dengan menggunakan konten youtube mengenai kampung adat Ciptarasa. Peserta didik memahami bahwa nilai kearifan lokal masyarakat kampung adat Ciptarasa dalam menjaga hutan sangat baik di terapkan dalam kehidupan sehari sehari. Penelitian ini merekomendasikan supaya dijadikan rujukan bagi pengembangan pembelajaran IPS yang menggunakan konten youtube berbasis budaya di berbagai sekolah.
Downloads
References
Buku
Supriatna, N. (2016) Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Maryani, E. (2022) Geografi di Era Digital. Bandung : CV. Jendela Hasanah
Wiriatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: PT. Rosdakarya.
Jurnal
Asnimawati, A., Supriatna, N., Saripudin, D., & Ruhimat, M. (2023). Local Wisdom of the Oral Tradition of Kerinci’s Pno Adat in Social Studies Instruction. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 12(1), 78–83. http://www.european-science.com78
Djonomiarjo Guru SMK Negeri, T., & Kab Pohuwato, P. (t.t.). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Jamil Reza, M. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO, 3, 39–46.
Local Wisdom of Kampung Naga in Mitigating Disaster. (2019).
Magister, S., & Pembelajaran, T. (t.t.). EFEKTIVITAS METODE COOPERATIF LEARNING DAN JIG SAW LEARNING TERHADAP BELAJAR SISWA.
Maintenance, R., Dan Bawahan, A., Yustisia, P., Gaol, D. L., Priyowidodo, G., & Yoanita, D. (t.t.). JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA Luxury Jambi (Sebuah Kajian Fenomenografi).
Maryani, E., & Yani, A. (t.t.). Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Memitigasi Aplikasinya sebagai sumber belajar .... (Enok Maryani) KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUNDA DALAM MEMITIGASI BENCANA DAN APLIKASINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI.
MODEL PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA*) Oleh: Enok Maryani**). (t.t.).
Mustika, D., & Muharaeni, T. A. (t.t.). PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS (Studi Deksriptif di kelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay).
PJBL. (t.t.).
Siti Tartila, & Eldi Mulyana. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ecopedagogy terhadap Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(1), 8–12. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.521
Titin, O. :, Widhi, S., Sekolah, A., Hindu, T., Klaten, D., & Tengah, J. (2021a). DAMPAK MEDIA YOUTUBE DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KREATIFITAS BAGI KAUM MILENIAL IMPACT OF YOUTUBE MEDIA IN THE LEARNING PROCESS AND CREATIVITY DEVELOPMENT FOR MILLENIALS. Dalam Jurnal Widya Aksara (Vol. 26, Nomor 1).
Link
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dedi Setiawan, Nana Supriatna, Enok Maryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).