Menumbuhkan Kecerdasan Ekologis dengan Konten Youtube Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Dedi Setiawan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nana Supriatna Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enok Maryani Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.412

Keywords:

Kecerdasan Ekologis, Youtube, Kampung Adat Ciptarasa

Abstract

Kepedulian menjaga hutan merupakan langkah kecil yang berdampak besar untuk keberlanjutan manusia dan alam. Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan  kecerdasan ekologis pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dua metode penelitian yaitu fenomenografi dan Penelitian Tindakan Kelas. Penggunaan konten youtube mengenai kampung adat Ciptarasa sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri satu Pabuaran Kelas IX B menunjukan hasil yang baik. Peserta didik sangat antusias belajar dengan menggunakan konten youtube mengenai kampung adat Ciptarasa. Peserta didik memahami bahwa nilai kearifan lokal masyarakat kampung adat Ciptarasa dalam menjaga hutan sangat baik di terapkan dalam kehidupan sehari sehari. Penelitian ini merekomendasikan supaya dijadikan rujukan bagi pengembangan pembelajaran IPS yang menggunakan konten youtube berbasis budaya di berbagai sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Supriatna, N. (2016) Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Maryani, E. (2022) Geografi di Era Digital. Bandung : CV. Jendela Hasanah

Wiriatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: PT. Rosdakarya.

Jurnal

Asnimawati, A., Supriatna, N., Saripudin, D., & Ruhimat, M. (2023). Local Wisdom of the Oral Tradition of Kerinci’s Pno Adat in Social Studies Instruction. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 12(1), 78–83. http://www.european-science.com78

Djonomiarjo Guru SMK Negeri, T., & Kab Pohuwato, P. (t.t.). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Jamil Reza, M. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO, 3, 39–46.

Local Wisdom of Kampung Naga in Mitigating Disaster. (2019).

Magister, S., & Pembelajaran, T. (t.t.). EFEKTIVITAS METODE COOPERATIF LEARNING DAN JIG SAW LEARNING TERHADAP BELAJAR SISWA.

Maintenance, R., Dan Bawahan, A., Yustisia, P., Gaol, D. L., Priyowidodo, G., & Yoanita, D. (t.t.). JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA Luxury Jambi (Sebuah Kajian Fenomenografi).

Maryani, E., & Yani, A. (t.t.). Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Memitigasi Aplikasinya sebagai sumber belajar .... (Enok Maryani) KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUNDA DALAM MEMITIGASI BENCANA DAN APLIKASINYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI.

MODEL PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA*) Oleh: Enok Maryani**). (t.t.).

Mustika, D., & Muharaeni, T. A. (t.t.). PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS (Studi Deksriptif di kelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay).

PJBL. (t.t.).

Siti Tartila, & Eldi Mulyana. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Ecopedagogy terhadap Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 12(1), 8–12. https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.521

Titin, O. :, Widhi, S., Sekolah, A., Hindu, T., Klaten, D., & Tengah, J. (2021a). DAMPAK MEDIA YOUTUBE DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KREATIFITAS BAGI KAUM MILENIAL IMPACT OF YOUTUBE MEDIA IN THE LEARNING PROCESS AND CREATIVITY DEVELOPMENT FOR MILLENIALS. Dalam Jurnal Widya Aksara (Vol. 26, Nomor 1).

Link

https://www.youtube.com/@wengkulembur/videos

https://youtu.be/tZd6joxA8MY

https://youtu.be/3OqGHZZAMxM

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Setiawan, D., Supriatna, N., & Maryani, E. (2023). Menumbuhkan Kecerdasan Ekologis dengan Konten Youtube Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(3), 1381–1390. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.412

Issue

Section

Articles