Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis dampak jangka panjang dari pendidikan literasi keuangan sejak dini terhadap perilaku anak-anak di masa depan. Pentingnya pendidikan finansial sejak dini adalah untuk membantu anak-anak memahami nilai uang, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta mengembangkan kebiasaan menabung yang baik. Melalui pendidikan finansial, anak-anak dapat mengelola keuangan mereka dengan bijak dan memiliki kesiapan finansial yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode literature review secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pendidikan keuangan pada anak-anak dapat menyebabkan pengelolaan keuangan yang buruk, kemandirian keuangan yang rendah, dan rentan terhadap penipuan. Kurangnya pemahaman tentang instrumen keuangan dan tekanan sosial seperti Fear of Missing Out juga mempengaruhi kemampuan anak-anak dalam menabung dan berinvestasi. Implikasi penelitian ini dapat mencegah pengelolaan keuangan yang buruk, memicu sikap kemandirian keuangan, mengurangi peluang penipuan investasi keuangan.
Downloads
References
Amadi, A. S. M. A. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439
Arianti, S., Syamsuddin, M. M., & Jumiatmoko, J. (2022). Hubungan Pengajaran Pendidikan Keuangan Dengan Kemampuan Literasi Keuangan Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.20961/KC.V10I2.57223
Asep Rifqi, A. A. (2016). KONSEP HOMINISASI DAN HUMANISASI MENURUT DRIYARKARA. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 13(1), 127–148. https://doi.org/10.22515/AJPIF.V13I1.39
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner (first edit). CV. Pena Persada.
Astuti, S. T., Susbiyani, A., Kamelia, I., & Afroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Pengaruh Tingkat Pengungkapan Sukarela Terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammadiyah Jember; Jl.Karimata No.49 Kec.Sumbersari, 1–14.
Aulianingrum, R. Dewi. Rochmawati. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Orang tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keungan Pribadi Siswa. Pendidikan Ekonomi, 15(2), 198–206. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.24894
Aulianingrum, R. D., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(2), 198–206. https://doi.org/10.19184/JPE.V15I2.24894
Bangun, E. R. (2021). Regulasi Penawaran Saham Berbasis Equity Crowdfunding (ECF) serta Perbandingan terhadap Initial Public Offering (IPO). Tanjungpura Law Journal, 5(2), 149–173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/tlj.v5i2.43048
Billari, F. C., Favero, C. A., & Saita, F. (2023). Online financial and demographic education for workers: Experimental evidence from an Italian Pension Fund. Journal of Banking and Finance, 151, 106849. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2023.106849
Brilianti, T. R., & Lutfi, L. (2020). Pengaruh pengetahuan keuangan, pengalaman keuangan, dan pendapatan terhadap perilaku keuangan keluarga. Journal of Business & Banking, 9(2), 197–213. https://doi.org/10.14414/JBB.V9I2.1762
Chashmi, S. J. E., Aruguete, M., Sadri, M., Montag, C., & Shahrajabian, F. (2023). Psychometric properties of the fear of missing out (FOMO) Scale in iranian students: Reliability, validity, factor structure, and measurement invariance. Telematics and Informatics Reports, 10, 100066. https://doi.org/10.1016/J.TELER.2023.100066
Creswell, J. W. (2004). Research Design: Qualitative Quantitative And Mixed Methods Approaches. University of Nebraska.
Fajriyah, I. L., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh uang saku dan pendidikan keuangan keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi melalui literasi keuangan sebagai intervening. INOVASI, 17(1), 61–72. https://doi.org/10.30872/JINV.V17I1.9176
Fatmala, W. (2022). Literasi Pengelolaan Keuangan Cerdas pada Anak Usia Dini. Buletin Poltanesa, 23(1). https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1263
Fensca F, L., Rupilele, F. G. J., Muskita, S. M. W., Ferdinandus, A. Y., Pakpahan, Ratna R, L. O., & Madina. (2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community), 5(2), 42–56. https://doi.org/10.34124/JPKM.V5I2.118
Hidajat, T. (2018). Retracted: Financial Literacy, Ponzi and Pyramid Scheme in Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(2), 198–205. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i2.16261
Jannah, S. N. F., Sacharissa Rosyiidiani, T., Hidayatullah, S., & Korespondensi, P. (2022). Gejala Fear of Missing Out dan Adiksi Media Sosial Remaja Putri di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.22146/JPMMPI.V3I1.73583
Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323–336. https://doi.org/10.30872/PSIKOBORNEO.V9I2.5973
Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 4(1), 1. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063
Lutfi, L., & Prihatiningrum, V. (2023). SOCIAL MEDIA , ISLAMIC FINANCIAL LITERACY , AND ISLAMIC BANKING PRODUCT OWNERSHIP : A MODERATING MODEL Many Islamic financial institutions provide Islamic investment. 11(1), 35–58. https://doi.org/10.18860
Mollick, E. (2014). The dynamics of crowdfunding: An exploratory study. Journal of Business Venturing, 29(1), 1–16. https://doi.org/10.1016/J.JBUSVENT.2013.06.005
Mundir, A., & Mundir, A. (2018). PENERAPAN PENDIDIKAN FINANCIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(2), 108–120. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.178
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/ABDIMOESTOPO.V5I2.1654
Pahlevi, R., Pahlevi, R. W., & Nashrullah, L. (2021). Pendidikan Keuangan Keluarga, Kesadaran Keuangan dan Tingkat Personal Finance. AFRE (Accounting and Financial Review), 3(2), 172–179. https://doi.org/10.26905/afr.v3i2.5840
Pranoto, P., Fauzi, R. D., Kustini, E., Maduningtias, L., & Yuangga, K. D. (2020). Literasi Keuangan (Financial Literacy) untuk Siswa SMK Sasmita Jaya. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 119–122. https://doi.org/10.32672/BTM.V2I2.2137
Rapih, S. (2016). PENDIDIKAN LITERASI KEUANGAN PADA ANAK: Mengapa Dan Bagaimana? Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28
Saragih, F. (2020). Pengelolaan Keuangan Melalui Menabung Pada Anak Usia Dini Di Desa Binjai Bakung Kabupaten Deli Serdang. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(1), 14–20. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i1.4236
Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021a). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481
Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021b). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481
Savitri, J. A., & Psikologi, J. (2019). Fear of Missing Out dan Kesejahteraan Psikologis Individu Pengguna Media Sosial di Usia Emerging Adulthood. Acta Psychologia, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.21831/AP.V1I1.43361
Sholikha, D. W. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio, 17(2), 178–191. https://doi.org/10.29408/EDC.V17I2.9437
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; ke 2). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustiyani Suryandari, Ed.; ke 5). Alfabeta.
Suwarta, N. (2022). Nilai Pendidikan Dan Identitas Sosial Calon Brahmana Dalam Novel Arok Dedes. Lingua Franca, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/lf.v6i2
Swaner, L. E., Eckert, J., Ellefsen, E., & Lee, M. H. (2023). Innovative structural and financial models in U.S. Christian education. International Journal of Educational Development, 100(September 2022), 102784. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102784
Tripalupi, R. I. (2019). Equity Crowdfunding Syari’ah Dan Potensinya Sebagai Instrumen Keuangan Syari’ah Di Indonesia. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 13(2), 229–246. https://doi.org/10.15575/ADLIYA.V13I2.6440
Villa, Z. M., Sunarti, E., & Muflikhati, I. (2020). Perilaku Investasi Anak Menentukan Peran Nilai Anak dalam Kesejahteraan Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 151–162. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.151
Wahyuni, S., Liza, L. O., Syahdan, Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). ‘Treasure hunt’: Using loose parts media to develop social financial education model for early children. Heliyon, 9(6), e17188. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17188
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493
Widyakto, A., Murtini, D., Hanifah, R. U., & Santoso, A. (2022). Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pegetahuan Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan. Owner, 7(1), 410–422. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1256
Widyawati, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 1(1), 89. https://doi.org/10.25273/jap.v1i1.527
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/NOMINAL.V6I1.14330
Yuwono, W. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak melalui Pendekatan Systematic Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1419–1429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.663
Zuniarti, M., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, pendidikan keuangan keluarga, kontrol diri terhadap manajemen keuangan mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai moderating. AKUNTABEL, 18(3), 479–489. https://doi.org/10.30872/JAKT.V18I3.9609
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aunur Shabur Maajid Amadi, Nyoman Suwarta, Dina Wilda Sholikha, Muhlasin Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).