Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Metode Demonstrasi dalam Pemanfaatan Bahan Bekas
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.31Keywords:
Motorik Halus, Bahan Bekas, Metode Demintrasi, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Tunas Baru dengan menggunakan bahan bekas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Tunas Baru berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar aktivitas anak dan lembar observasi sebagai data primer serta beberapa dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan bahan bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada anak kelompok B TK Tunas Baru. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan motorik halus anak dengan kategori berkembang sangat sbaik sudah mencapai persentase minimal sebesar 75%. Hasil penelitian dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan membaca permulaan untuk kriteria berkembang sangat baik pada setiap Siklusnya. Pada saat pratindakan menunjukan hasil 0.00% atau tidak ada anak yang berkembang sangat baik. Pada Siklus I meningkat menjadi 13,04%. Siklus II meningkat menjadi 52,17%.Downloads
References
Arikunto Suharsimi, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara,
Anggoro M. Toha, dkk, 2011) Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
Harus Rasyid, (2009) Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:
Multi Pressindo. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (http://kbbi.web.id/28 Januari 2014.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada
Madya Suwarsih, (1994).Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta
Moeslichatoen, (2004) Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Rika Eka Izzaty, (2006). Perkembangan Peserta Didik. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Soegeng Santoso, (2002) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia (CPI).
Sudono Anggani (2004), Sumber Balajar dan Alat Permainan untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Sukiman, (2014). Pedoman Penulisan Skripsi. Yogyakarta Sukiman, Pedoman Penulisan Skripsi. Yogyakarta
Suyanto Slamet, (2005) Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta Hikayat Publishing.
Syaodh Ernawulan & Mebiar Agustin, (2011). Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).