Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.295Keywords:
Manajemen Kesiswaan, Hasil BelajarAbstract
Manajemen kesiswaan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa sebab proses belajar mengajar lebih terarah yang mana menghasilkan siswa yang berpretasi. Keberhasilan siswa dalam belajar sudah menjadi tanggung jawab sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi dan mengeksplorasi dampak manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan teknik pendekatan deskriptif kualitatif terhadap analisis dua puluh dua artikel yang bersumber dari Google Scholar diterbitkan tahun dua ribu sembilan belas hingga dua ribu dua puluh tiga. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Tahapan yang dilakukan dalam SRL adalah : Menyusun Research Question, Pencarian literatur yang relevan, Melakukan review, Analisis temuan. Hasil penelitian ini adalah: manajemen kesiswaan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa
Downloads
References
ABDULLAH ALI, (2022) Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Ix Man 4 Pidie Jaya Jurnal Eksperimental, Volume 11, Nomor 1, Juni 2022
Chotimah, Siti. "Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Yogyakarta." Media Manajemen Pendidikan 2.3 (2020): 339-348.
Devi, Listrianingsih (2022), Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Xii Jurusan Keagamaan Tahfidz Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022 http://digilib.uinkhas.ac.id/6822
Daniatun Khasanah & Danang Dwi Prasetyo (2023) Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik Ál-fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5 No. 1. March-September 2023
Dianita Nur Auliya, (2022). Implementasi Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Man 1 Jombang Jurnal Administrasi Pendidikan Islam
Dwi Asih & Enung Hasanah (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatanprestasisiswa Sekolah Dasar. Academy of Education JournalVolume 12Nomor 2, Juli 2021
Fachruddin & Amiruddin,(2022) Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 1443 - 1450.
Firmanto, Rian Anugrah. "Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Disiplin Belajar dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan UNIGA 11.1 (2017): 1-8
Hafis Hasan, Yusuf Hadi Jaya, & Inom Nasution, (2021) Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Mts 16 Perbaungan Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman
Laila & Eka Nur (2021) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik Di MA Darul Huda Ponorogohttp://etheses.iainponorogo.ac.id/17574/
Niken Ristianah, (2023) Tinjauan Urgensi Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kartika: Jurnal Studi Keislaman. Volume 3, Nomer 1, Mei 2023
M Ferdy Daryono & Anita Miqnaul Lailiyah,(2021). Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa di Lembaga Pendidikan Islam https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php
Mesi Santriati. (2021) Manajemen Kesiswaan Volume 13, Nomor 3, Desember 2019
Mirwan Mirwan, (2022). Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al – Qiyam Vol. 3 No. 2 Desember 2022
Muh. Bachtiar Aziz. (2021) Implementasi Prinsip Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Potensi Belajar Siswa Jurnal Manajemen Pendidikan IslamVolume 11, No.1 Februari 2021
Muhammad Amin. (2022) Manajemen Kesiswaan Untuk Pengembangan Diri Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Volume 1, Nomor 1 Juni 2022
Muhammad Daniel, (2022) Strategi Manajemen Kesiswaan Dalampenjurusan Siswa Jurnal TAUJIH Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No. 02 Desember2022P-ISSN:2085-7934
Muhamad Najmudin Rahmatullah( 2020) Implementasi Manajemen Kesiswaanuntuk Meningkatkan Kualitas Akademik Peserta Didikdi Smp It At-Thohiriahpamijahan Bogor urnal Dirosah Islamiyah Volume 2Nomor 1 2020
MUHLIL Musolin, (2020) Manajemen Kesiswaan Pada Madrasah Tsanawiyah Al Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun Ajaran 2019/2020 Madinah: Jurnal Studi Islam, Volume 7 Nomor 1 Juni 2020
Munib, Ismail,dan Mohammad Solehoddin, (2021) Manajemen Kesiswaan Pada Madrasah Tsanawiyah Al Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun Ajaran 2019/2020 Madinah: Jurnal Studi Islam, Volume 7 Nomor 1 Juni 2020
Mutia Putri, (2021) Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa journal.unesa Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) Volume 6, Nomor 1, 2021.., hlm. 43-50
Santi Marlina Santi Marlina, (2023) Manajemen Kesiswaan Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Di Sd Muhammadiyah Condong Catur Sleman Yogyakarta https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/issue/view/12
Shalahuddin al Syaifullah, Nidya Ulfah Nasution dan Nur’aida Sofiah Sinaga, (2021) Relevansi Manajemen Kesiswaan Guna Menopang Kelembagaan Pendidikan Islam urnal Pendidikan Indonesia(Japendi) Vol. 2 No. 8 Agustus2021
Siti Chotimah1dan Mundilarno (2020). Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Yogyakarta. jurnal.ustjogja. Vol 2 No 3 (Februari) 2020
Sjukur, Sulihin B. "Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK." Jurnal pendidikan vokasi 2.3 (2012).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Oktaviani Melianti, M. Giatman, Ernawati Ernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).