Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja melalui Media Dinding
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.27Keywords:
hasil belajar, tenis meja, media dindingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak siswa yang belum mampu melakukan teknik dasar bermain tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 70. Penerapan pembelajaran dengan media dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar tenis meja melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan dan hasil belajar bermain tenis meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 41,94% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 87,10%..Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Atmaja Prawira, Purwa. 2016. Psikologo Pendidikan dalam Prepektif Baru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Balajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta
Ekawarna, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Gaung Persada
Hamzah dan Nurdin, Mohamad, dkk. 2016. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta : Bumi Aksara
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Startegi Pembelajaran, Bandung: PT Refika Aditama.
Hernawan, Asep Herrry, dkk. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Jamil, Nurlah. Dkk. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Bungo: STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.
Jones dan Angela Buxton. Tanpa Tahun. Belajar Tenis untuk Pemula. Bandung: CV. Pionir Jaya
Marzuki, 2002, Metodologi Riset, Yogyakarta: Fakultas Ekonimi UII Muklis, 2007, Tenis Meja, Klaten: PT. Macanan Jaya Cemerlang
Muslich, Mansur. 2014. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumu Aksara.
Redaksi Sinar Grafika. 2008. Undang- Undang SISDIKNAS. Jakarta : Sinar Grafika
Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusman, 2013. Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21, Bandung: Alfabeta
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Pernada Media Group
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Syarifuddin, Aip dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jakarta: DP dan K Dikti PPTK
Thobroni. M, 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Thoha, M. Cahabib. 2003, Teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Garfindo Pesada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).