Pengembangan Media Game Getting Know Alphabet untuk Meningkatkan Literasi Awal Anak Usia Dini

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2582

Keywords:

Literasi Awal, Anak Usia Dini, Media Game, Media GBET

Abstract

Masalah rendahnya kemampuan literasi awal pada anak usia dini di TK Pengawas II Wonorejo Surabaya menjadi latar belakang penelitian ini. Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak menjadi penyebab utamanya. Sebagai solusinya, dikembangkan media Getting to Know the Alphabet (GBET). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media GBET dalam meningkatkan literasi awal pada anak usia 4 – 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research dan Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli, kepraktisan dan lembar observasi pretest posstest. Subjek penelitian adalah 16 anak usia 4 – 5 tahun di TK Pengawas II Wonorejo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Getting to Know the Alphabet (GBET) valid (kelayakan materi 75%, kelayakan media 87,5%), sangat praktis (93,5%), dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dengan N-Gain tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media Getting to Know the Alphabet (GBET) layak digunakan sebagai sarana pembelajaran literasi awal pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, A. N., Widayati, S., Reza, M., Ningrum, M. A., & Nisa, A. (2022). Analisa Penggunaan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Daring Di Paud Pada Masa Pandemi Covid-19. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.141-154

Ahyani, Z., Apriliana, V., Ashidiqiyah, A., & Elyana, L. (2024). Peningkatan literasi awal melalui media tutup botol bekas untuk anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman, Slawi, Tegal. Sentra Cendekia, 5(1), 11–16. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3109

Aini, F., Ramzi, M., & Rahayu, F. (2024). Meningkatkan Kemandirian pada Anak Usia Dini melalui Metode Montessori Usia 5-6 Tahun di TK Islam Baturrahman Tahun Pelajaran 2023/2024. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 3(2), 72–79. https://doi.org/10.57250/ajpp.v3i2.505

Dina, N. R., & Purnamasari, Y. M. (2023). Pengembangan Game Power Point Untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(1), 30–47.

Fadilah, S. N., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Buku Panduan “Little Scientist” Dalam Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Early Childhood Education (JECE), 5(1), 80–91. https://doi.org/10.15408/jece.v5i1.32850

Gowinda, D., Safitri, L., Cahya Maulidiyah, E., Fitri, R., Adhe, K. R., & Saroinsong, W. P. (2025). Pelatihan Program Playing with Books Kepada Guru PAUD Banyuwangi. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–16. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/36274

Maulidiyah, E. C., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., Safitri, D. G. L., Rahmawati, D., Nashirah, S. Z., Handriani, S. S., & Syakira, R. A. (2025). Pengaruh Media Timang Terhadap Kemampuan Numerik Anak. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8634

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi Bagaimana trend capaian tersebut ? dan sejauh mana perubahan kurikulum selama ini berdampak pada. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Putri, A. H., & Ningrum, A. (2023). Pengembangan Media Kongka (Koper Angka) untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 298–311.

Putri, R. D. (2021). Pemberian Stimulasi Anak Berbasis Teori Bermain Kognitif Jean Piaget. JP2KG AUD; Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini, 2(1), 49–56. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt

Saputri, R., & Nurmawati. (2023). Analisis Aspek Kebahasaan Bahan Bacaan Literasi Jenjang PAUD. Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS, 908–917.

Sari, W. M., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Literasi Anak Kelompok B. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 5(2), 72. https://doi.org/10.30587/jieec.v5i2.5719

Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067

Widuroyekti, B., Luluk, H., & Iswati. (2023). Meningkatkan Literasi Bahasa pada Anak Usia Dini Melalui Media Game Edukasi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 62–73. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.10204

Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Nabila, J. A., Adhe, K. R., Ningrum, M. A., & Safitri, D. G. L. (2025). Pengembangan Media Game Getting Know Alphabet untuk Meningkatkan Literasi Awal Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 6(4), 894–902. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2582

Issue

Section

Articles

Categories