Pengembangan Media Game Getting Know Alphabet untuk Meningkatkan Literasi Awal Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2582Keywords:
Literasi Awal, Anak Usia Dini, Media Game, Media GBETAbstract
Masalah rendahnya kemampuan literasi awal pada anak usia dini di TK Pengawas II Wonorejo Surabaya menjadi latar belakang penelitian ini. Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak menjadi penyebab utamanya. Sebagai solusinya, dikembangkan media Getting to Know the Alphabet (GBET). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media GBET dalam meningkatkan literasi awal pada anak usia 4 – 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Research dan Development (R&D) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli, kepraktisan dan lembar observasi pretest posstest. Subjek penelitian adalah 16 anak usia 4 – 5 tahun di TK Pengawas II Wonorejo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Getting to Know the Alphabet (GBET) valid (kelayakan materi 75%, kelayakan media 87,5%), sangat praktis (93,5%), dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dengan N-Gain tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media Getting to Know the Alphabet (GBET) layak digunakan sebagai sarana pembelajaran literasi awal pada anak usia dini.
Downloads
References
Afifah, A. N., Widayati, S., Reza, M., Ningrum, M. A., & Nisa, A. (2022). Analisa Penggunaan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Daring Di Paud Pada Masa Pandemi Covid-19. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.141-154
Ahyani, Z., Apriliana, V., Ashidiqiyah, A., & Elyana, L. (2024). Peningkatan literasi awal melalui media tutup botol bekas untuk anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Trayeman, Slawi, Tegal. Sentra Cendekia, 5(1), 11–16. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/3109
Aini, F., Ramzi, M., & Rahayu, F. (2024). Meningkatkan Kemandirian pada Anak Usia Dini melalui Metode Montessori Usia 5-6 Tahun di TK Islam Baturrahman Tahun Pelajaran 2023/2024. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 3(2), 72–79. https://doi.org/10.57250/ajpp.v3i2.505
Dina, N. R., & Purnamasari, Y. M. (2023). Pengembangan Game Power Point Untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini), 4(1), 30–47.
Fadilah, S. N., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengembangan Buku Panduan “Little Scientist” Dalam Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Early Childhood Education (JECE), 5(1), 80–91. https://doi.org/10.15408/jece.v5i1.32850
Gowinda, D., Safitri, L., Cahya Maulidiyah, E., Fitri, R., Adhe, K. R., & Saroinsong, W. P. (2025). Pelatihan Program Playing with Books Kepada Guru PAUD Banyuwangi. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–16. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/36274
Maulidiyah, E. C., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., Safitri, D. G. L., Rahmawati, D., Nashirah, S. Z., Handriani, S. S., & Syakira, R. A. (2025). Pengaruh Media Timang Terhadap Kemampuan Numerik Anak. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 16–27. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8634
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi Bagaimana trend capaian tersebut ? dan sejauh mana perubahan kurikulum selama ini berdampak pada. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Putri, A. H., & Ningrum, A. (2023). Pengembangan Media Kongka (Koper Angka) untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 298–311.
Putri, R. D. (2021). Pemberian Stimulasi Anak Berbasis Teori Bermain Kognitif Jean Piaget. JP2KG AUD; Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini, 2(1), 49–56. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt
Saputri, R., & Nurmawati. (2023). Analisis Aspek Kebahasaan Bahan Bacaan Literasi Jenjang PAUD. Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS, 908–917.
Sari, W. M., Adhe, K. R., Widayanti, M. D., & Maulidiyah, E. C. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Literasi Anak Kelompok B. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 5(2), 72. https://doi.org/10.30587/jieec.v5i2.5719
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Widuroyekti, B., Luluk, H., & Iswati. (2023). Meningkatkan Literasi Bahasa pada Anak Usia Dini Melalui Media Game Edukasi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 62–73. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.10204
Wulandari, D. S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157–168. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1292
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Jihan Attiyah Nabila, Kartika Rinakit Adhe, Mallevi Agustin Ningrum, Dhian Gowinda Luh Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).