Pengaruh Media Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Konsep Matematika Grafik Anak Usia Dini

Authors

  • Nixsi Sukma Azzura Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2512

Keywords:

Aplikasi Canva, Grafik, Anak Usia Dini

Abstract

Grafik adalah salah satu ilmu terkait matematika dengan penyajian data, yang dalam proses pelaksanaanya terdapat komponen untuk mengelompokkan, mencocokkan, menggabungkan, dan membandingkan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh aplikasi canva yang digunakan untuk meningkatkatkan kemampuan konsep grafik pada anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitaif quasy experimental yang mana kelompok eksperimen dan kontrol tidak dilakukan dengan acak. Kelompok eksperimen terdiri dari 12 orang anak dan kelompok control terdiri dari 14 orang anak sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui pengukuran pra intervensi pre-test dilanjutkan dengan pengukuran setelah intervensi post-test. Setelah dilakukan pengukuran diperoleh hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji-t diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,003 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh media aplikasi canva terhadap kemampuan matematika grafik anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afri, M. S., Hernita, N., & Putra, Z. H. (2022). Pengukuran kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(2), 92–96.

Ahmad, F. (2018). Research methods and data analysis techniques in education articles published by Indonesian Biology Educational Journals. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(1), 125-132. [Note: Assumed volume and page range based on typical journal articles for this year].

Desniarti, D., Zulfitri, Z., Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022, April). Penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bagi guru SD swasta IT Darussalam. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 5, No. 1, pp. 57-65).

Dirgantoro, K. (2017). Penggunaan kalkulator grafik dalam pembelajaran matematika: Masih relevankah? Cendekiawan, 7(2), 106-117.

Essa, E. L. (2014). Introduction to early childhood education. Wadsworth/Cengage Learning.

Epeni, H. (2013). Pengenalan keterampilan analisis data pada anak TK melalui penggunaan media grafik Universitas Pendidikan Indonesia [Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia].

Fauziddin, M., & Ningrum, M. A. (2024). Symantic literature review: Manfaat Artificial Intelligence (AI) pada pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1475–1488. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6236

Indriani, C. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 330-339.

Junaidi, M., Inonu, S. H., Syafitri, Y., Rizal, U., Rusdan, R., & Prtayasa, K. (2023). Peningkatan kompetensi guru melalui pendampingan desain media pembelajaran berbasis aplikasi Canva pada SMK Ma'arif 3 Pesawaran Lampung. DEKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 81-88.

Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. (2018). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media presentasi inovatif pembelajaran sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 190–203. [Note: Assumed journal title and volume/issue based on typical context for such a publication].

Lestari. (2011). Konsep matematika untuk anak usia dini. In Seri Bacaan Orang Tua. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mayesky, M. (2014). Creative activities and curriculum for young children (10th ed.). Cengage Learning.

Ramadhini, F., & Mahdi, N. I. (2020, June). Peningkatan pemahaman bentuk geometri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan (Art and Craft). In Forum Paedagogik (Vol. 8, No. 1, pp. 1-11).

Sufa, F. F. (2022). Konsep matematika untuk anak usia dini. Pers Unisri.

Suryameng, S. S. (2020). Stimulasi bermain matematika permulaan bagi anak usia dini di rumah. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 48-57.

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep penelitian kuantitatif: Populasi, sampel, dan analisis data (Sebuah tinjauan pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.

Utoyo, S. (2017). Metode pengembangan matematika anak usia dini. Ideas Publishing.

Widadiyah, Q., Effendi, E., Zaidir, Z., Bachtiar, M. Y., Aslindah, A., Wardhani, D. K., & Atikah, C. (2024). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan implementasi. Penerbit Mifandi Mandiri Digital.

Yaswinda, Yulsofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis

Multisensori Ekologi Bagi Guru Paudkecamatan Tilatang Kamang Kabupatenagam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13.

Yuliandari, N., & Mahyuddin, N. (2020). Pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini melalui metode Montessori. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(2), 74–85.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Azzura, N. S., & Yaswinda, Y. (2025). Pengaruh Media Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Konsep Matematika Grafik Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 6(4), 822–828. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2512

Issue

Section

Articles

Categories