Analisis Dampak Kurikulum Merdeka terhadap Aspek Afektif Hasil Belajar Siswa SD Swasta Tiga Hati Kepenuhan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2484Keywords:
Kurikulum Merdeka, Aspek Afektif, Pendidikan Dasar, Sekolah Swasta, Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini menganalisis dampak Kurikulum Merdeka terhadap aspek afektif hasil belajar siswa di SD Swasta Tiga Hati Kepenuhan Hulu, sebuah sekolah swasta pedesaan dengan keterbatasan infrastruktur. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi bagaimana pendekatan baru dalam kurikulum mendorong pembentukan karakter siswa melalui empati, tanggung jawab, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka meningkatkan partisipasi sosial dan kesadaran emosional siswa melalui pembelajaran berbasis proyek dan refleksi. Kurikulum ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan nilai secara otentik dan kontekstual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka efektif dalam memperkuat dimensi afektif dan relevan untuk diterapkan di sekolah swasta pedesaan. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan kurikulum berbasis karakter dan humanistik.
Downloads
References
Alifiyah, D. K., Nishrina, Q., Bayani, N., & Khayla, R. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 24254–24265.
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117.
Annur, Reza Afrilis, D. M. (2024). Analisis Dampak Perubahan Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1330–1335.
Enawati, E., Supardi, S., & Lubna, L. (2024). Dampak Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1710–1715.
Firdaus, R., & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1885–1897.
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka Dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412–428.
Kemdikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2017). Analisis data kualitatif (Sugiyono, Trans.). ajawali Pers. (Karya asli diterbitkan 1994)
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela MS, Z. M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 341–346.
Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 525–535.
Putri, A., & Siregar, P. S. (2023). Tantangan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah swasta pedesaan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(1), 88–97.
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982.
Zuchdi, D. (2020). Penguatan karakter dalam Kurikulum Merdeka: Implikasi terhadap pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 115–127.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Yohana Debora Sibuea, Rejeki Rejeki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).