Relasi Antara Kondisi Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i3.2424Keywords:
Ekstrakulikuler Keagamaan, Akhlak Mulia, Pendidikan KarakterAbstract
Pembentukan karakter anak usia dini merupakan aspek fundamental dalam perkembangan kepribadian yang akan memengaruhi kualitas hidup dan perilaku mereka di masa depan. Salah satu faktor utama yang berperan dalam proses ini adalah kondisi lingkungan sekolah, yang tidak hanya mencakup fisik bangunan dan fasilitas, tetapi juga suasana sosial, budaya sekolah, interaksi antar siswa dan guru, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami relasi antara kondisi lingkungan sekolah dan pembentukan karakter anak usia dini, dengan fokus pada bagaimana lingkungan tersebut dapat memfasilitasi atau menghambat pengembangan nilai-nilai karakter seperti disiplin, kejujuran, tanggung jawab, empati, dan rasa hormat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru, orang tua, dan anak-anak, serta analisis dokumentasi terkait program pendidikan karakter yang diterapkan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif-yang ditandai dengan fasilitas yang memadai, suasana belajar yang aman dan menyenangkan, serta budaya sekolah yang positif-berkontribusi secara signifikan dalam membentuk karakter anak. Interaksi sosial yang harmonis antara guru dan siswa serta antara sesama siswa juga memperkuat internalisasi nilai-nilai karakter.
Downloads
References
Achmad Faqihuddin, Mokh Iman Firmansyah, Abdillah Muflih. (2024). Multisensory Approach in Memorizing the Al-Quran for Early Childhood: Integration of the Tradition of Memorizing the Al-Quran with Digital Technology. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 1291-1302.
ahrurrozi, M., & Hasanah, U. (2023). Peran Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 78-95.
Al-Faruqi, I. & Nurdianti, L. (2023). Islamic Art as Creative Pedagogy. Journal of Islamic Art Education, 112-130.
Alshammari, R. (2020). The Current Use of Mobile Devices among Students and Faculty in EFL Teaching in a Saudi Arabian Context. Turkish Online Journal of Educational Technology, 24-33.
Altemeyer, B., & Hunsberger, B. . (2005). Authoritarianism and Religious Fundamentalism. Psychology of Religion,, 145–159.
Aminah, S. & Fauzi, I.,. (2022). Dampak Keteladanan Pengurus Rohis. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 45-60.
Azwar. (2024). Dakwah Islam bagi Gen-Z: Peluang, Tantangan, dan Strategi. Dirasah: Jurnal Kajian Islam, 23-34.
Basori. (2020). Inovasi Metode Penjelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah dan Madrasah. STAI Diniyah Pekanbaru, 125-131.
Berger, P. (2019). The Role of Religious Educators in Preventing Radicalization. Journal of Youth Studies, 345-360.
Daulay, N. (2014). Islamic Education in the Study of Dicipline. Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 197-199.
Dawam, A. (2024). The Impact of the Tahfidz Al-Qur'an Program on Student Character Development at Ma Darul Ishlah. IIC: Jurnal Intelek Islam Cendika, 4912-4916.
Dede Indra Setiabudi, e. a. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Keagamaan Di Masyarakat: Perfektif Manajemen Pendidikan Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 203-210.
Dede Rosyada et al, S. N. (2022). Islamic Counseling Approach to Improve Adolescent Mental Health. Indonesian journal of islamic and public health, 133-138.
Djenal Suhara, e. a. (2023). Pemanfaatan Podcast Sebagai Media Alternatif Dalam Penyampaian Materi Pendidikan Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung, 226-229.
Hasanah, U. (2019). Integerasi Nilai Agama dan Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hawa, S. (2025). Model Pembelajaran Inovatif untuk Guru Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukatif, 231-237.
Hayati, D. I. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 21-29.
Iskandar, H. (2023). Dakwah Digital Dari gen Z Untuk gen Z (Gerakan Dakwah Media Pesantren). Jurrnal komunikasi dan penyiaran islam, 57-58.
Ismi Darmastuti, et al. (2020). Organisasi dan Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.
Itsnan Mahfuddin Al Mubarok, e. a. (2023). Pengembangan Berpikir Kkreatif pada Pembelajaran PAI dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Islam Menuju Society 5.0. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 11-16.
KPAI & Puskemas UI. (2021). Survei Perilaku Berisiko Remaja di Indonesia. Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.
Kurniawan, B. e. (2022). Peer Pressure dan Resistensi Remaja Muslim. journal of Youth and Islamic Education, 112-128.
Muhammad Iqbal, Weni Yulastri, Joni Adison. (2021). Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik . Journal of Education Research, 151-156.
Muhammad Roihan Daulay & Husniah Ramadhani Pulungan. (2024). Efektivitas dan Kualitas Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 124-137.
Nanang Setiawan, Monica Resavita, Lintang Auliya Sasmita. (2024). The Impact of Islamic Values and Local Wisdom on Students' Social Behavior: A Study at Pondok Pesantren Al-Fatimah, Bojonegoro. Indonesian journal of islamic religion and culture, 85-93.
Nasution, S. (2020). Pendidikan Akhlak di Era Digital. jakarta: gramedia.
Ngatiman, Rustam Ibrahim. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perfektif Pendidikan Islam. Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta, 214-226.
Prasetyo, B., & Anwar, K. (2021). Kontribusi Organisasi Keagamaan dalam Mencegah Radikalisme di Kalangan Pelajar. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 89-104.
Puistin Nirwani Azizah, Laily Masruroh. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatan Sikap Kemandirian Peserta Didik Melalui Kegiatan Outdoor Learning Di SMP Islam Cendikia Harapan Tunggorono Jombang. Junal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 8-11.
Pusat-Pengkajian-Islam. (2022). Dakwah Remaja: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Ilmu Sejati Press.
Pusat-Studi-Quran. (2023). Laporan Nasional Kemampuan Tilawah Pelajar. Jakarta: Kemenag RI.
Rahmawati, L., & Hidayat, T. (2020). Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Penguatan Moral Siswa di Era Digital. Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis, 56-72.
Ristani, W. E. (2020). pelaksanaan pesantrren kilat dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa SMK PGRI 2 Ponogoro. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, 89-106.
Sakilatur Rohmah, Ahmadi, Iqbal Amin. (2025). Women Empowerment in Islamic Educational Institutions. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 257-263.
Saputra, E., dkk. (2021). Psikologi Sosial dalam Shalat Berjamaah. Jurnal Psikologi Islam, 112-128.
Siswanto, S. (2020). The Islamic Moderation Values on the Islamic Education Curriculum in Indonesia: A Content Analysis. Jurnal Pendidikan Islam, 121-152.
Suharto, T. (2022). Model Integrasi Lembaga Pendidikan dan Organisasi Keagamaan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 45-62.
Sulaeman, Makhrus, Makhful. (2021). Islamic Philanthropy and Its Efforts to Build Character with an. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 125-132.
Suryana, A. e. (2023). Dampak Mentoring Alumni terhadap Kesiapan Karir Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karir, 112-125.
Syukron, Fathul Aziz. (2024). Bimbingan rohani islam dengan metode mabit dan liqo' dalam meningkatkan religiuitas mahasiswa di kesatuan aksi mahasiswa muslim indonesia (KAMMI) komisariat tarbiyah UIN mataram. Universitas Islam Negri (UIN) Mataram, 38-67.
Titin Suprihatin, E. N. (2023). Perbedaan Kepedulian Sosial Remaja di SMA X. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 114-117.
Wahyudi, D., & Anwar, K. (2022). Internalisasi Nilai Spiritual melalui Ibadah. jurnal Studi Islam, 210-225.
Wartono, T. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Strategi EFektif Dalam Menghadapi Tantangan Global. urnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4086-4088.
Weti Susanti, Syafruddin Nurdin, Eka Putra Wirman. (2023). Parent and Child Interaction Models in Islamic-Based Family Education. Indonesian journal of religion society, 125-137.
Wibowo, A. e. (2021). Sinergi Sumber Daya Pendidikan Berbasis Keagamaan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 210-225.
Yusliani Yusuf. (2023). Pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) Terhadap Sikap Spritual dan Sikap Sosial Peserta Didik Di UPT SMA Negeri 1 Sidrap. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 134-150.
Zakiyah, A. (2021). Peran Pendidikan Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda. Bandung: Pustaka Ilmu.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jaisyullah Mu'tashim Iman, Wawan Hermawan, Pandu Hyangsewu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).