Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.24Keywords:
Kemampuan Mengenal Huruf, Media Kartu HurufAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 15 aanak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal huruf di RA Habiby. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar obsevasi yang berbentuk cheklist. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun. Pelaksanaan penerapan media kartu huruf siklus 1 ke siklus 2 sebesar 53% MB, dan meningkat dari siklus I ke siklus 2 sebesar 33% MB dan 66,6% BSH. Langkah-langkah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemempuan mengenal huruf sebagai berikut: 1, Setiap kelompok memperoleh kartu huruf, 2. Guru memperkenalkan huruf vokal terlebih dahulu, 3, mengenalkan huruf konsonan, 4. Anak dibimbing untuk menyebutkan huruf kemudian disatuakan menjadi kata.Downloads
References
Abdurrahaman, Mulyono (2003:83) Pendidikan belajar bagi ank berkesulitan belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, s. (2009) Prosedur penelitian. Jakarta, Rineka Cipta.
Dafa. (2010) Langkah –Langkah mengenal huruf. Jakarta: Grafindo
Depdiknas, (2004) kurikulum berbasis TK dan RA, Jakarta: Depdiknas.
Dykstra (1992) Studying of biological education. pp165-169
Ebrahim GJ (1982) Child health in Achanging Environmen. London. Macmillan press.LTD keluarga
Guma dan lincoln dalam Hamdani dan hermala (2008: 70) Bab II kajian pustaka, Teori Pendidikan Anak Usia Dini
Gunarti, winda dkk (2011) Metode pengembangan prilaku dan kemampuan dasar Anak Usia Dini, Jakarta Universitas Terbuka.Hartati
Hasan Alwi (2020) : 88 Kamus Bahasa Indonesia.
Madyawati (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenda grup.
Mashitoh, dkk. 2004, Strategi pembelajaran TK Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Musfiroh (2008:7) Bermain sambil belajar, Direktori file Perkembangan bahsa Anak Usia Dini
Rusniah (2017) Meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia anak usia dini, Jakarta: Gramedia pustaka utama
Arikunto. (2007) Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bumiaksara, Jakarta.
Susanto. A (2010) Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Group.
Suhartono (2005) Penegembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Seefeldt Etianingsih (2015:165) ejournal.unsri.ac.id, belajar huruf adalah kurikulum taman kanak –kanak yang berulang dan bermakna. Metode Penegembnagan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).