Fondasi Pendidikan dalam Al-Qur'an: Analisis Kritis Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 dan Relevansinya

Authors

  • Jihaduddin Akbar Auladi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • H. M. A. Tihami Pendidikan Agama Islam, Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Siti Patimah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wasehudin Wasehudin Pendidikan Agama Islam, Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Analisis Tafsir, Konsep Pendidikan, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an memiliki kedudukan penting dalam membentuk karakter, pemikiran, dan nilai-nilai spiritual umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan berdasarkan Surat Al-Ikhlas ayat 1-4, yang menegaskan keesaan Allah sebagai dasar tauhid dan akidah yang kokoh bagi umat Islam. Melalui pendekatan tafsir dan analisis kritis, penelitian ini mengeksplorasi relevansi ayat-ayat tersebut terhadap prinsip-prinsip pendidikan Islam, termasuk pembentukan akhlak dan penanaman keyakinan yang kuat pada diri peserta didik. Ayat-ayat dalam Surat Al-Ikhlas mengajarkan keesaan, kesempurnaan, dan keunikan Allah, yang diimplementasikan dalam konsep pendidikan untuk membangun landasan spiritual yang tangguh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tauhid yang berlandaskan pemahaman akan keesaan Allah mampu membentuk karakter siswa yang jujur, bertanggung jawab, dan memiliki integritas. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai tauhid sebagai dasar utama pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. (2018). Kajian Kitab Tafsir “al-Jami’ li ahkam al-Qur’an” Karya : Al-Qurthubi. Al-I’jaz: Jurnal Kewahyuan Islam, 4(4), 1–13. https://doi.org/10.30821/al-i’jaz.v0iIV.5417

Abidin, A. Z., & Aziz, T. (2023). Khazanah Tafsir Nusantara (1st ed.). IRCiSoD.

Ahmad, C., & Hakim, I. Al. (2020). Manajemen Waktu Lembaga Pendidikan Islam dalam Perspektif Al- Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 87–97. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i1.631

Al-Mubarakfuri, S. S. (2004). Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1-9. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Alam Tarlam. (2023). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68. https://doi.org/10.69698/jis.v2i1.112

Apriliani, D., Tafa, D., & Al Munawwar, F. (2024). Islam and Globalization in the Study of Tafsir Maudhu’i. Bulletin of Islamic Research, 2(2), 217–236. https://doi.org/10.69526/bir.v2i2.29

Moh Saepudin, D. (2019). Living Surah al-‘Aṣr in Limbangan Tengah Village [Membumikan Surat al-‘Asr di Desa Limbangan Tengah]. Proceeding of Community Development, 2, 436. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.438

Pratama, D. E., & Apriani, R. (2023). Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Staadion Kanjuruhan. Supremasi Hukum, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.33592/jsh.v19i1.2921

Q., N. A. E., & Nugraha, R. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan: Menyingkap Pesan-pesan Pendidikan dalam Al-Qur’an (4th ed.). Penerbit Maja.

S, G. N., Hana, F., Masrifah, & Pratama, D. E. (2024). Tanggung Jawab Pidana Terhadap Masyarakat Yang Mengajak Orang Lain Untuk Golput Dalam Pemilu. Krtha Bhayangkara, 18(2), 328–342. https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.755

Said, H. A. (2015). Diskursus Munasabah Alquran: Dalam Tafsir Al-Misbah (1st ed.). Bumi Aksara.

Sari, R. L., Abdurrohim, Mustofa, T., & Darmiyanti, A. (2024). Menakar Strategi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang Stagnan pada Era Kurikulum Darurat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(16), 707–714. https://doi.org/10.5281/zenodo.13765597

Suharyat, Y., & Asiah, S. (2022). Metodologi Tafsir Al-Mishbah. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i5.289

Suryana, E., Alimron, A., & Sofyan, S. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Al-Qur`An Surat Al-Ikhlas Ayat 1 Sampai 4 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 4(2), 83–91. https://doi.org/10.53888/alidaroh.v4i2.700

Wijaya, A. (2022). Sejarah Kenabian (1st ed.). IRCiSoD.

Yahya, A., Yusuf, K. M., & Alwizar, A. (2022). Metode Tafsir (al-Tafsir al-Tahlili, al-Ijmali, al-Muqaran dan al-Mawdu’i). PALAPA, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i1.1629

Yansyah, D., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam pada Lembaga Pendidikan di Era Globalisasi. Journal on Education, 5(4), 17097–17103. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4042

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Auladi, J. A., Tihami, H. M. A., Patimah, S., & Wasehudin, W. (2025). Fondasi Pendidikan dalam Al-Qur’an: Analisis Kritis Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 dan Relevansinya. Journal of Education Research, 6(4), 777–783. Retrieved from https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/2266

Issue

Section

Articles

Categories