Fondasi Pendidikan dalam Al-Qur'an: Analisis Kritis Surat Al-Ikhlas Ayat 1-4 dan Relevansinya
Keywords:
Analisis Tafsir, Konsep Pendidikan, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an memiliki kedudukan penting dalam membentuk karakter, pemikiran, dan nilai-nilai spiritual umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan berdasarkan Surat Al-Ikhlas ayat 1-4, yang menegaskan keesaan Allah sebagai dasar tauhid dan akidah yang kokoh bagi umat Islam. Melalui pendekatan tafsir dan analisis kritis, penelitian ini mengeksplorasi relevansi ayat-ayat tersebut terhadap prinsip-prinsip pendidikan Islam, termasuk pembentukan akhlak dan penanaman keyakinan yang kuat pada diri peserta didik. Ayat-ayat dalam Surat Al-Ikhlas mengajarkan keesaan, kesempurnaan, dan keunikan Allah, yang diimplementasikan dalam konsep pendidikan untuk membangun landasan spiritual yang tangguh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tauhid yang berlandaskan pemahaman akan keesaan Allah mampu membentuk karakter siswa yang jujur, bertanggung jawab, dan memiliki integritas. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai tauhid sebagai dasar utama pembelajaran.
Downloads
References
Abdullah, A. (2018). Kajian Kitab Tafsir “al-Jami’ li ahkam al-Qur’an” Karya : Al-Qurthubi. Al-I’jaz: Jurnal Kewahyuan Islam, 4(4), 1–13. https://doi.org/10.30821/al-i’jaz.v0iIV.5417
Abidin, A. Z., & Aziz, T. (2023). Khazanah Tafsir Nusantara (1st ed.). IRCiSoD.
Ahmad, C., & Hakim, I. Al. (2020). Manajemen Waktu Lembaga Pendidikan Islam dalam Perspektif Al- Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 87–97. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i1.631
Al-Mubarakfuri, S. S. (2004). Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1-9. Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Alam Tarlam. (2023). Studi Analisis Metodologi Tafsir Mafatih Al-Ghayb Karya Fakruddin Al-Razi. AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–68. https://doi.org/10.69698/jis.v2i1.112
Apriliani, D., Tafa, D., & Al Munawwar, F. (2024). Islam and Globalization in the Study of Tafsir Maudhu’i. Bulletin of Islamic Research, 2(2), 217–236. https://doi.org/10.69526/bir.v2i2.29
Moh Saepudin, D. (2019). Living Surah al-‘Aṣr in Limbangan Tengah Village [Membumikan Surat al-‘Asr di Desa Limbangan Tengah]. Proceeding of Community Development, 2, 436. https://doi.org/10.30874/comdev.2018.438
Pratama, D. E., & Apriani, R. (2023). Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Staadion Kanjuruhan. Supremasi Hukum, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.33592/jsh.v19i1.2921
Q., N. A. E., & Nugraha, R. (2018). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan: Menyingkap Pesan-pesan Pendidikan dalam Al-Qur’an (4th ed.). Penerbit Maja.
S, G. N., Hana, F., Masrifah, & Pratama, D. E. (2024). Tanggung Jawab Pidana Terhadap Masyarakat Yang Mengajak Orang Lain Untuk Golput Dalam Pemilu. Krtha Bhayangkara, 18(2), 328–342. https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.755
Said, H. A. (2015). Diskursus Munasabah Alquran: Dalam Tafsir Al-Misbah (1st ed.). Bumi Aksara.
Sari, R. L., Abdurrohim, Mustofa, T., & Darmiyanti, A. (2024). Menakar Strategi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang Stagnan pada Era Kurikulum Darurat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(16), 707–714. https://doi.org/10.5281/zenodo.13765597
Suharyat, Y., & Asiah, S. (2022). Metodologi Tafsir Al-Mishbah. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i5.289
Suryana, E., Alimron, A., & Sofyan, S. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Al-Qur`An Surat Al-Ikhlas Ayat 1 Sampai 4 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 4(2), 83–91. https://doi.org/10.53888/alidaroh.v4i2.700
Wijaya, A. (2022). Sejarah Kenabian (1st ed.). IRCiSoD.
Yahya, A., Yusuf, K. M., & Alwizar, A. (2022). Metode Tafsir (al-Tafsir al-Tahlili, al-Ijmali, al-Muqaran dan al-Mawdu’i). PALAPA, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i1.1629
Yansyah, D., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam pada Lembaga Pendidikan di Era Globalisasi. Journal on Education, 5(4), 17097–17103. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4042
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Jihaduddin Akbar Auladi, H. M. A. Tihami, Siti Patimah, Wasehudin Wasehudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).