Pendidikan Sosial Berbasis Islam: Pendekatan Terpadu dalam Membangun Karakter dan Persatuan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2177Keywords:
pendidikan sosial Islam, karakter masyarakat, transformasi digital, kohesi sosialAbstract
Pendidikan sosial berbasis Islam menghadapi tantangan di era kontemporer, seperti transformasi digital, polarisasi sosial, dan degradasi nilai. Fenomena ini berdampak pada menurunnya kualitas hubungan interpersonal dan meningkatnya individualisme dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pendidikan sosial berbasis Islam dalam membentuk karakter masyarakat yang bersatu, dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan sosial kontemporer. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis kajian pustaka, mencakup literatur seperti buku, artikel jurnal, hasil penelitian, serta kajian Al-Qur’an dan Hadits. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan sosial, seperti ukhuwah, ta’awun, dan ‘adalah, efektif memperkuat kohesi sosial, mengurangi polarisasi, dan meningkatkan pemahaman lintas budaya. Strategi ini melibatkan penguatan peran keluarga sebagai unit sosial, pengembangan kurikulum inklusif berbasis nilai-nilai Islam, dan pemanfaatan teknologi digital secara bijak. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan sosial dalam menghadapi tantangan sosial modern, termasuk dalam mengurangi polarisasi dan meningkatkan solidaritas masyarakat. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada ruang lingkup dan aplikasi langsung, sehingga diperlukan kajian lanjutan untuk mengukur dampak jangka panjang implementasi strategi ini.
Downloads
References
Anam, M. (2023). Multicultural Education in Islam: Strengthening Social Cohesion in Diverse Societies. International Journal of Social Science Education, 9(2), 45–56.
Anwar, R., & Syafii, A. (2022). The Role of Family in the Development of Moral and Social Values in Islam. Journal of Family Studies, 15(1), 34–47.
Azizah, N. (2023). Pendidikan Sosial dalam Keluarga: Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Keluarga, 17(2), 101–110.
Fitri Dewi Oktafia, S., & Sholeh, F. (2023). Tolerance and Social Unity: The Role of Islamic Education in Building a Harmonious Society. Journal of Islamic Education and Social Development, 7(1), 15–28.
Gunawan, B., & Rahmawati, D. (2024). Integrasi Nilai Universal, Kearifan Lokal, dan Kompetensi Digital dalam Pendidikan Sosial Kontemporer. Jurnal Kajian Sosial, 18(1), 45–60.
Hidayat, M., & Yusuf, A. (2023). Dampak Digitalisasi Terhadap Interaksi Sosial: Perspektif Pendidikan Sosial Kontemporer. Jurnal Teknologi Dan Sosial, 10(3), 25–38.
Jannah, F. (2023). Pendidikan Sosial Berbasis Islam dalam Membentuk Kohesi Sosial di Indonesia. Jakarta: Pustaka Nusantara.
Kusuma, A. (2024a). Islamic Education for Social Harmony: Overcoming Radicalism and Intolerance through Dialogue and Understanding. Journal of Peace Studies, 12(3), 75–86.
Kusuma, A. (2024b). Pendidikan Sosial Berbasis Dialog: Mengurangi Radikalisasi dan Intoleransi di Masyarakat. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 8(1), 87–98.
Mahmud, A., & Syafii, S. (2022a). Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Pendidikan Sosial: Penguatan Karakter dan Etika Sosial. Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 121–135.
Mahmud, A., & Syafii, S. (2022b). Islamic Education for Social Cohesion: Integrating Islamic Values in Contemporary Social Education. Journal of Educational Philosophy, 22(4), 121–134.
Minarso, H., & Najica, A. (2022). Media Literacy as a Tool for Preventing Social Disintegration and Promoting National Unity in the Digital Age. Journal of Media and Society, 14(4), 89–103.
Nurhalim, F. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Sosial: Meningkatkan Kohesi Sosial di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Multikulturalisme, 15(2), 44–56.
Perry, J. (2020). Nationalism and Social Unity: The Role of Education in Strengthening National Cohesion. Journal of International Education and Development, 18(3), 102–115.
Pratama, D., & Sulistyowati, S. (2023). Polarisasi Sosial dan Peran Media Sosial: Tantangan Pendidikan Sosial di Era Digital. Jurnal Sosial Dan Media, 7(1), 30–43.
Rahman, R., & Abdullah, H. (2021a). Pendidikan Sosial Berbasis Islam: Keseimbangan Dimensi Spiritual dan Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Kesejahteraan Sosial, 14(3), 99–110.
Rahman, R., & Abdullah, R. (2021b). Islamic Values in Building a United Society: Lessons from the Qur’an. Journal of Islamic Social Studies, 6(1), 58–72.
Saputri, S., & Ramadan, F. (2022). Character Education in Social Studies: Strengthening National Unity through Religious and Social Values. Journal of Character Education, 10(2), 25–38.
Sujarwo, A., & Akip, L. (2023). The Role of Islamic Education in Strengthening National Unity in the Age of Globalization. Journal of Indonesian Social Studies, 14(2), 32–48.
Sulistyo, H. (2023a). Inovasi dalam Pendidikan Sosial: Peran Teknologi dalam Meningkatkan Pembelajaran Sosial. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(4), 55–67.
Sulistyo, H. (2023b). The Impact of Hoaxes on Social Cohesion and National Unity in Indonesia. Journal of Communication and Social Media Studies, 8(1), 45–58.
Ukhra, S., & Zulihafnani, D. (2021). Interpretation of Al-Qur’an Surah Al-Hujurat: The Essence of Social Unity and Brotherhood in a Diverse Society. Journal of Islamic Studies and Social Thought, 6(1), 101–115.
Wijaya, E., & Permana, G. (2023). Educational Strategies in Social Cohesion: Addressing Disinformation and Promoting Tolerance in the Era of Globalization. Journal of Educational Research and Social Development, 5(2), 54–68.
Wijaya, M., & Permana, E. (2023). Literasi Digital dalam Pendidikan Sosial: Menanggulangi Disinformasi dan Kebencian. Jurnal Pendidikan Digital, 6(2), 45–58.
Wijaya, N., & Permana, G. (2023). Digital Literacy and Critical Thinking in the Age of Information: Enhancing Social Cohesion through Islamic Education. Journal of Digital Education and Social Awareness, 5(3), 98–112.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Giman Bagus Pangeran, Ahmad Zumaro, Muhammad Hafidz Khusnadin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).