Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Elvi Juniarti Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Prabumulih, Indonesia
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Arif Ardiansyah Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidak pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) mengetahui ada atau tidak pengaruh disiplin guru terhadap kinerja guru; 3) mengetahui ada atau tidak pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin guru terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 2) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru; 3) terdapat pengaruh positif antara komitmen organisasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Danim, S., & Suparno. (2019). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismarini, E., Djasmi, S., & Suntoro, I. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan 2 (1).

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murkatik, K., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of Professional and Pedagogic Competence on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 58-69. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/10.

Rifa’i, M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru di SD Negeri 060794 Kecamatan Medan Area. HIJRI- Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, 7 (1).

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Rusneli., Sumadi., & Karwan, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Konsep Diri Terhadap Kompetensi Profesional Guru SD Negeri. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan FKIP Unila 6 (1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Diniyyah Putri Lampung, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. UIN Raden Intan Lampung: Tesis.

Sutanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Tobari., Kristiawan, M. & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality in Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research 7 (4).

Toha, M. (2014). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grapindo.

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2020-11-09

How to Cite

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Issue

Section

Articles

Citation Check