Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP dan MTs

Authors

  • Sulistyarto Hermawan Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ghufron Abdullah Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Soedjono Soedjono Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1853

Keywords:

Kedisiplinan Guru, Motivasi Guru, Kinerja Guru

Abstract

Kedisiplinan dan motivasi guru diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) pengaruh kedisiplinan guru terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru, (3) pengaruh secara simultan kedisiplinan dan motivasi guru terhadap kinerja guru. Populasi 209 orang, sampel sebanyak 131 orang. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan uji regresi, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kedisiplinan guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y), terbukti dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05, thitung 8,620 > ttabel 1,978, dan besarnya pengaruh sebesar 76,5% dengan kategori kuat; (2) motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, terbukti dengan nilai Sig 0,000 < 0,05, thitung 6,284 > ttabel 1,978, dan besarnya pengaruh sebesar 62,5% dengan kategori kuat; (3) kedisiplinan dan motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja guru, terbukti dengan nilai Fhitung 41,074 > Ftabel 3,070, tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, dan besarnya pengaruh sebesar 71,4 % dengan kategori kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahammad, M. F., Glaister, K. W., & Gomes, E. (2020). Strategic agility and human resource management. Human Resource Management Review. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2019.100700

Aminatuzzuhro, & Gunadi. (2017). Pengaruh Disiplin dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Ittihaadul Ulum Kota Lubuklinggau. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 134-145.

Barnawi dan Arifi, M. (2017). Kinerja Guru Profesional: Instrumen, Pembinaan, Peningkatan & Penilaian. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. In Pustaka Pelajar.

Darmadi. (2018). Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru: Jakarta: Guepedia

Erjati, A. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. Normalita (Jurnal Pendidikan). 1 (2). 1-12

Hidayat, R. (2019). Motivasi Guru dan Kinerja Pengajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(4), 80-93.

Hidayat dan Sudarsono, (2021). Pengaruh Kedisiplinan dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (1). 45-60

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugraha (2021). Kedisiplinan guru adalah sikap dan perilaku yang konsisten dalam menjalankan tugas-tugas profesional, mengikuti aturan, serta memenuhi tanggung jawab sebagai pendidik, yang mencakup ketepatan waktu, kehadiran, dan kesungguhan dalam mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(4), hal. 45).

Priansa, D,J. (2018). Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta

Putri, L. (2020). Motivasi dan Dukungan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 20-33.

Rahmat, A. (2020). Hubungan Sosial dan Kedisiplinan Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Interaksi Sosial Pendidikan, 15(2), 87-96.

Santoso dan Kusumawati. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4 (2). 123-134

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2020). Motivation in education: Theory, research, and applications. Pearson.

Setiawan (2019). Kedisiplinan guru adalah kemampuan dan kemauan untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara teratur dan sesuai dengan rencana. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 31-42.

Sudrajat, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan, 15(3), 45-55

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Suhartini (2021). Kedisiplinan guru adalah tingkat kepatuhan guru terhadap aturan dan prosedur kerja di sekolah, yang mencakup ketepatan waktu, keteraturan, dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas mengajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 23(2). 70-82

Sukardi, D. (2021). Motivasi Kerja Guru dan Hubungannya dengan Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 45-60.

Sutrisno, E., & Rahardjo, B. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja: Kemampuan, Minat, dan Motivasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 18(1), 45-60

Umar S. B. (2015). Metodologi Penelitian: Kualitatif versus Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wahyuni, T. (2020). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 100-115.

Yamin, M. (2018). Kinerja Pengajar Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 6 (2) 82-90

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Hermawan, S., Abdullah, G., & Soedjono, S. (2024). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP dan MTs . Journal of Education Research, 5(4), 6308–6317. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1853

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check