Efektivitas Inovasi Layanan Drive Thru di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.183Keywords:
Efektivitas, Inovasi Layanan, Drive Thru PerpustakaanAbstract
Perpustakaan harus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka mengingat semakin meningkatnya kebutuhan serta pemahaman pengguna terhadap informasi. Perpustakaan Politeknik kesehatan medan berinovasi dengan memberikan layanan sirkulasi melalui layanan drive thru dengan tujuan memudahkan pemustaka dalam pengembalian buku sehingga menghemat waktu pembaca sesuai dengan lima kaedah hukum perpustakaan yang keempat yaitu save the time of the reader. Hadirnya inovasi ini diharapkan dapat mempermudah pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasinya. penulis menggunakan metode analisis deskritif yaitu mendeskripsikan inovasi layanan drive thru dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh yaitu dengan melakukan wawancara terhadap pustakawan dan pemustaka di perpustakaan politeknik kesehatan Medan. Penulis menggunakan indikator melalui kriteria Inovasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PermenPANRB Republik Indonesia Nomor tiga Tahun dua ribu delapan belas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap inovasi pelayanan public khususnya layanan drive thru di perpustakaan politeknik kesehatan Medan telah ada dan mampu memberikan hasil nyata dalam upaya pencapaian tujuan atau target yang telah ditetapkan sebelumnya.
Downloads
References
Cahyono, T. (2020). Digitalisasi Karya Ilmiah lembaga Menuju Layanan Perpustakaan Drive Thru.
Dompak, T. &. (2018). Pengaruh inovasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna layanan samsat drive thru. Dialektika Publik, Vol 3 No 1.
Edward, E. (2021). Perpustakaan Drive Thru sebagai solusi peningkatan literasi sekolah selama pandemi covid-19.
Hariadi, A. d. (2021). Layanan Sirkulasi Dengan Menggunakan Sistem Drive Thru Di Perpustakaan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Purwokerto. Warta Perpustakaan.
Istiqamah, Z. &. (2021). Lantatur Sebagai Alternatif Layanan perpustakaan sekolah di masa pandemi covid-19. Vol 1 No 1.
Lim, S. (2021). Drive-thru library service in Korea. Jistap, Vol 9(2). 33-46.
Nurlaila. (2016). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan perpustakaan pada program Studi kebidanan. Jurnal Keperawatan. Vol XII No 1.
Priyadi, d. (2020). Pandemi Covid-19 dan Inovasi perpustakaan Perguruan Tinggi. Info Bibliotheca. Vol 2 No 1, 74-87.
Putra, A. &. (2021). Inovasi Layanan Drive Thru Perpustakaan Untuk Meningkatkan Budaya Literasi. Publika, Vol 9. No 2.
Rahmawati, N. &. (2018). Analis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol 14 No 1, 76-86.
Risti, A. &. (2022). Implementasi Layanan Drive Thru dan Delivery Order Buku di Masa Pandemi Covid-19 Pada Minat Baca Peserta Didik SDN Gajasari. UMP, Vol 3.
Rogers, d. (2021). Diffusion of innovations. 418-434.
Suryanto. (2020). Mengadopsi layanan McDonald's sebagai alternatif layanan perpustakaan di masa pandemi covid-19. Pustabiblia, Vol 4 No 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Fridalisa Pulungan, Muhammad Dalimunthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).