Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Biologi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Zalsa Faitunnisa Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Sri Wahyuni Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Sitti Asmah Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1818

Keywords:

Persepsi Siswa, Kompetensi Guru Biologi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi dala menggunakan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diolah berasal dari wawancara yang dilakukan dengan siswa kelas XI i, XI j, dan XI K di SMAN 5 Bandung. Penelitian ini menerapkan observasi, wawancara, pengisian link kuesioner, dan pengamatan langsung. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa siswa secara keseluruhan melihat guru biologi memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Hasil wawancara menunjukkan bahwa banyak orang yang mendukung kurikulum merdeka. Kesediaan guru dalam menganut kebijakan terkait ide kurikulum merdeka menunjukkan persepsi yang positif dan mendukung. Khususnya guru Biologi, ngerasa dibantu melalui kurikulum merdeka karenanya kurikulum ini lebih menekankan karakter siswa dan guru. Oleh karena itu, kurikulum ini selaras dengan penanaman nilai-nilai biologi hingga dari ketiga subjek penelitian Siswa di SMAN 5 Bandung, semuanya memiliki pandangan yang sangat baik terhadap Kompetensi guru yang menggunakan kurikulum merdeka pada proses pembelajaran Biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni, Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone

Sitti Asmah, Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bone

References

Agustang, Andi & Mutiara, Indah & Asrifan, Andi. (2021). Masalah Pendidikan 2022), h. 52

Ana Widyastuti, Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka Guru Siswa, Merdeka Dosen- Mahasiswa, Semua Bahagia. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2022) h. 2.

Arbela, N. 2017. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Pekanbaru. Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru. CRSITAS ISLA Arifah, F dan Yustisiana, 2012 Evaluan Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaku.

Astuty, E. 2015 Implementation Analysis of Lecturer's Pedagogical Competence on Students's Academic Achievement. Journal of Management Research. Vol. 04 No. 02 Januari 2020

Auerbach, A. J. J. dan Andrews TC 2018 Pedagogical knowledge for active- learning instruction in large undergraduate biology courses: a large- scale qualitative investigation of instructor thinking International Journal of Stem Education. Vol. 04 No. 02 Januari 2020. Aunurrahman 2012 Belajar dan Pembelajaran. Bandung Alfabeta Biologi Berdasarkan Persepsi Siswa SMA Di KotaSemarang.Jurnal

Bustari, Mugni & Bukittinggi, Alam. (2023). Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Bukittinggi. 10.13140/RG.2.2.21341.69604. dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bioligi, (Yogyakarta: Bintang Semesta Media,2022), di Indonesia. 10.31219/osf.io/9xs4h.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rincka Cipta Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT. Bumi Aksara

Fauzan, Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21, (Jakarta: Prenada Media,

Hamdi, Syahrul & Triatna, Cepi & Nurdin, Nurdin. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 7. 10.30998/sap.v7i1.13015.

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. 2022. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1):738–748

Istiqomah & Sulton, M. 2013 Sukses Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Dunia Cerdas Lisdiana,

Prihatini, A. & Sugiarti. 2022. Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Special Edition: Lalonget III:58–70

Widyastuti, N. dan Widiyaningrum, P. 2017. Analisis Kompetensi Guru Kemendikbud RI, Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka, (Jakarta:KemendikbudRI),

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2007), h. 11

Maningsih, S. A., & Fitriani, A. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Bantuan Digital Mind Maps Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sman 8 Kota Bengkulu. Jurnal Bioedukasi. 14(1).

Manang, M. E, dan Y. N. Banga, 2019. Persepsi Guru Biologi Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Biologi Di Kabupaten Sikka Abstrak hasil penelitian FKIP UNIPA Maumere : Jurnal Elektronik.

Sujana, I. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Faitunnisa, Z., Wahyuni, S., & Asmah, S. (2024). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Biologi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(4), 5722–5727. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1818

Issue

Section

Articles

Citation Check