Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Biologi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1818Keywords:
Persepsi Siswa, Kompetensi Guru Biologi, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru biologi dala menggunakan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diolah berasal dari wawancara yang dilakukan dengan siswa kelas XI i, XI j, dan XI K di SMAN 5 Bandung. Penelitian ini menerapkan observasi, wawancara, pengisian link kuesioner, dan pengamatan langsung. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa siswa secara keseluruhan melihat guru biologi memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Hasil wawancara menunjukkan bahwa banyak orang yang mendukung kurikulum merdeka. Kesediaan guru dalam menganut kebijakan terkait ide kurikulum merdeka menunjukkan persepsi yang positif dan mendukung. Khususnya guru Biologi, ngerasa dibantu melalui kurikulum merdeka karenanya kurikulum ini lebih menekankan karakter siswa dan guru. Oleh karena itu, kurikulum ini selaras dengan penanaman nilai-nilai biologi hingga dari ketiga subjek penelitian Siswa di SMAN 5 Bandung, semuanya memiliki pandangan yang sangat baik terhadap Kompetensi guru yang menggunakan kurikulum merdeka pada proses pembelajaran Biologi.
Downloads
References
Agustang, Andi & Mutiara, Indah & Asrifan, Andi. (2021). Masalah Pendidikan 2022), h. 52
Ana Widyastuti, Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka Guru Siswa, Merdeka Dosen- Mahasiswa, Semua Bahagia. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2022) h. 2.
Arbela, N. 2017. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran IPA Kelas VII di SMPN 2 Pekanbaru. Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru. CRSITAS ISLA Arifah, F dan Yustisiana, 2012 Evaluan Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaku.
Astuty, E. 2015 Implementation Analysis of Lecturer's Pedagogical Competence on Students's Academic Achievement. Journal of Management Research. Vol. 04 No. 02 Januari 2020
Auerbach, A. J. J. dan Andrews TC 2018 Pedagogical knowledge for active- learning instruction in large undergraduate biology courses: a large- scale qualitative investigation of instructor thinking International Journal of Stem Education. Vol. 04 No. 02 Januari 2020. Aunurrahman 2012 Belajar dan Pembelajaran. Bandung Alfabeta Biologi Berdasarkan Persepsi Siswa SMA Di KotaSemarang.Jurnal
Bustari, Mugni & Bukittinggi, Alam. (2023). Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Bukittinggi. 10.13140/RG.2.2.21341.69604. dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bioligi, (Yogyakarta: Bintang Semesta Media,2022), di Indonesia. 10.31219/osf.io/9xs4h.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rincka Cipta Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT. Bumi Aksara
Fauzan, Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21, (Jakarta: Prenada Media,
Hamdi, Syahrul & Triatna, Cepi & Nurdin, Nurdin. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 7. 10.30998/sap.v7i1.13015.
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. 2022. Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1):738–748
Istiqomah & Sulton, M. 2013 Sukses Uji Kompetensi Guru. Jakarta: Dunia Cerdas Lisdiana,
Prihatini, A. & Sugiarti. 2022. Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Special Edition: Lalonget III:58–70
Widyastuti, N. dan Widiyaningrum, P. 2017. Analisis Kompetensi Guru Kemendikbud RI, Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka, (Jakarta:KemendikbudRI),
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2007), h. 11
Maningsih, S. A., & Fitriani, A. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Bantuan Digital Mind Maps Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sman 8 Kota Bengkulu. Jurnal Bioedukasi. 14(1).
Manang, M. E, dan Y. N. Banga, 2019. Persepsi Guru Biologi Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Biologi Di Kabupaten Sikka Abstrak hasil penelitian FKIP UNIPA Maumere : Jurnal Elektronik.
Sujana, I. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Zalsa Faitunnisa, Sri Wahyuni, Sitti Asmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).