Kajian Kebutuhan Media Interaktif Berbasis Multimedia Guru Sekolah Dasar Daerah Terpencil Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat Daya
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1807Keywords:
Multimedia, Interaktif, Visual, Guru, Daerah TertinggalAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis kebutuhan media interaktif di sekolah dasar kabupaten sorong selatan. Sampai saat ini masalah pendidikan di sekolah dasar masih membutuhkan perhatian yang besar. di analisis lebih jauh kebutuhan yang akan meningkatkan kualitas guru dengan menggunakan multimedia interaktif di dalam proses pembelajaran pada jenjang sekolah dasar. Multimedia interaktif meliputi pembelajaran berbasis komputer kombinasi visual (gambar), audio (suara) dan tulisan (text) lebih menarik bagi siswa. Penggunaan media menjadi salah satu alasan penelitian dilakukan menunjang upaya peningkatan kualitas guru dan siswa sekolah dasar. Adapun kategori yang dianalisis antara lain, jumlah sekolah dasar, jumlah guru bersertifikasi, penggunaan media, dan tingkat pemahaman siswa. Data yang diperoleh akan di analisis dengan menggabungkan metode survey kuantitatif dan metode kualitatif dengan menggunakan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menyatakan sebagian besar guru (93%) pada setiap sekolah menyatakan sangat membutuhkan media interaktif berbasis multimedia, sebagaimana bertujuan untuk menunjang kegiatan dalam proses pembelajaran, sedangkan (7%) guru di antaranya menyatakan belum membutuhkan media interaktif dalam proses pembelajaran, alasannya selama ini masih terbiasa menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Sebagian besar guru (84%) guru menyatakan bahwa di sekolah mereka sampai saat ini belum memiliki peralatan yang layak dalam menunjang proses pembelajaran berbasis media interaktif, dalam hal ini berupa komputer. Sedang (16 %) di antaranya menyatakan telah memiliki peralatan komputer/laptop baik yang di adakan secara pribadi dan di fasilitasi oleh pihak sekolah, namun dalam pemberian fasilitas kepada guru belumlah merata. Menurut pendapat para guru wali kelas dan guru mata pelajaran, yang perlu di sajikan dan membutuhkan media interaktif secara berturut-turut; 1) matematika (42%), bahasa indonesia (23%), seni (13%), IPAS ( 8%), PPKN (6%), PJOK (5%), dan Pendidikan agama (3 %).
Downloads
References
Universitas Kriten Papua. Medali Emas dari Ajang Internasional Disabet oleh 4 Pelajar Kota Sorong. 2024.https://ukip.ac.id/2024/01/05/medali-emas-dari-ajang-internasional-disabet-oleh-4-pelajar-kota-sorong/
Dinas komunikasi informatika persandian dan statistik. 2022. 5 siswa SMA manokwari meraih medali emas WSE dan EC https://diskominfoperstatik.papuabaratprov.go.id/home/2022/07/24/lima-siswa-sma-manokwari-peraih-medali-emas-wse-and-ec-tiba-di-ibukota-papua-barat/
Duwila Yadi. Gambaran umum sorong selatan. 2020. https://www.scribd.com/document/475314074/Gambaran-Umum-Sorong-Selatan
Sekolah Data. Daftar Sekolah SD di KabupatenSorong Selatan Papua Barat Tahun 2024. 2024. https://daftarsekolah.net/
Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2023. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/390300
Purwanto. 2006. “Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) dan Disain Pembelajaran“ Materi Pelatihan pada training of Trainer (TOT) Departemen Keuangan.
Waldopo, W. Analisis kebutuhan terhadap program multi media interaktif sebagai media pembelajaran. (2011). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 244-253.
Wulandari d. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. 2021. http://repository.radenintan.ac.id/16703/
Khairunnisa, Siti Quratul Ain. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. 2022. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25-35.
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2), 234-242. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/19040
Ayudia, I., & Prasetya, C. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48-59. https://journals.eduped.org/index.php/jpsd/article/view/314
Karisma, C. D., & Ahdhianto, E. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 265-276. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/28175
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan lingkungan: analisis kebutuhan media pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131-140. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/682
Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190-1196.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/505
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Penni Veronika, Muh Julyawan Abadi, Aprilia Palada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).