Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806Keywords:
Pembelajaran diferensiasi, PAI, Perspektif PsikologisAbstract
Pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel ini membahas strategi pembelajaran diferensiasi dari perspektif psikologis, dengan menekankan pentingnya memahami kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam konteks PAI, strategi ini tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga emosional dan sosial siswa. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Melalui analisis data dan studi kasus, artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai penerapan pembelajaran diferensiasi dalam PAI.
Kata Kunci: Pembelajaran diferensiasi, PAI, Perspektif Psikologis.
Downloads
References
Adit, Khaeruloh, Khoiri Ahmad, and Kamal Faisal, ‘Studi Komparatif Pembelajaran Berdiferensiasi PAI Pada Sekolah Penggerak Dan Sekolah Biasa Di Kabupaten Wonosobo (Studi Kasus Di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Dan SMPN 2 Watumalang’, Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1.5 (2024), pp. 1292–1302
Aminuriyah, Siti, and Endang Fauziyati, ‘Differensiasi Pembelajaran Dalam Perspektif Carl R Rogers’, Humaniora, 8.1 (2020), pp. 71–145
Amrulloh, Muhammad Hasby, Ara Hidayat, and Tatang Ibrahim, ‘Manajemen Pelatihan Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1206.March (2024), pp. 223–44
Andika, W., and A. Fauzi, ‘Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaraan IPAS Dalam Prespektif Teori Humanistik’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4.3 (2024), pp. 6755–62
APRILIYANI, SISKA, Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Kejobong Purbalingga, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2024, VIII
Busro, Muhammad, Muhammad Hanief, and Ika Ratih Sulistiani, ‘Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran PAI Di SMPI As-Shodiq Bululawang’, VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam, 8.20 (2023), pp. 347–55
Fida, Zaim, Rizqi Haidaroh, and Muhammad Miftah, ‘Zaim Fida et Al Implementasi, Monitoring Dan Evaluasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Satuan Pendidikan Pada MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Kudus’, JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4.1 (2024), p. 2024 <https://guru.kemdikbud.go.id.>
Gunawan, Indra, and Yohanes Bahari, ‘Problematika Kurikulum Merdeka Dalam Sudut Pandang Teori Struktural Fungsional (Study Literatur)’, Journal Of Human And Education (JAHE), 4.4 (2024), pp. 178–87, doi:10.31004/jh.v4i4.1191
Ihza Pramudya, Muhamad, and Heny Narendrany Hidayati, ‘Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Jenjang Sekolah Dasar’, Pendidikan Agama Islam, 2.1 (2023), pp. 160–72
Komara, Endang, Sylviana Stefanie, Riska Irnawati, and Tita Agustini, ‘Peran Psikologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar’, Jurnal Abdimas Bina Bangsa (JABB), 4.2 (2023), p. 2023
Miranti, Novtariska Dwi, ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Bangun Rejo’, Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2024), pp. 57–65, doi:10.62448/ajpi.v1i1.70
Mubarok, Husni, ‘Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi’, Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1.1 (2023), pp. 01–07, doi:10.59435/jipnas.v1i1.45
Muktamar, Ahmad, Wahyuddin, and A Baso Umar, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Merdeka Belajar : Konsep Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1.2 (2024), pp. 1109–23
Peduk, Rintayati, ‘Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi’, 2016, pp. 1–23
Permadani, Santi, ‘Santi Permadani Nim 20591169’, 2024
Riani, Aulia, Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMP, 2024
Studi, Program, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, D A N Ilmu, Universitas Bina, and others, Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar, 2023
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Umi Fitri Lestari, Maini Wati, Muslim Afandi, Mhd Subhan, M. Dwi Rahman Sahbana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).