Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis

Authors

  • Umi Fitri Lestari Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Maini Wati Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Muslim Afandi Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Mhd Subhan Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • M. Dwi Rahman Sahbana Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806

Keywords:

Pembelajaran diferensiasi, PAI, Perspektif Psikologis

Abstract

Pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel ini membahas strategi pembelajaran diferensiasi dari perspektif psikologis, dengan menekankan pentingnya memahami kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam konteks PAI, strategi ini tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga emosional dan sosial siswa. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Melalui analisis data dan studi kasus, artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai penerapan pembelajaran diferensiasi dalam PAI.

 

Kata Kunci:  Pembelajaran diferensiasi, PAI, Perspektif Psikologis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adit, Khaeruloh, Khoiri Ahmad, and Kamal Faisal, ‘Studi Komparatif Pembelajaran Berdiferensiasi PAI Pada Sekolah Penggerak Dan Sekolah Biasa Di Kabupaten Wonosobo (Studi Kasus Di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Dan SMPN 2 Watumalang’, Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1.5 (2024), pp. 1292–1302

Aminuriyah, Siti, and Endang Fauziyati, ‘Differensiasi Pembelajaran Dalam Perspektif Carl R Rogers’, Humaniora, 8.1 (2020), pp. 71–145

Amrulloh, Muhammad Hasby, Ara Hidayat, and Tatang Ibrahim, ‘Manajemen Pelatihan Kurikulum Merdeka’, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1206.March (2024), pp. 223–44

Andika, W., and A. Fauzi, ‘Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaraan IPAS Dalam Prespektif Teori Humanistik’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 4.3 (2024), pp. 6755–62

APRILIYANI, SISKA, Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Kejobong Purbalingga, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2024, VIII

Busro, Muhammad, Muhammad Hanief, and Ika Ratih Sulistiani, ‘Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran PAI Di SMPI As-Shodiq Bululawang’, VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam, 8.20 (2023), pp. 347–55

Fida, Zaim, Rizqi Haidaroh, and Muhammad Miftah, ‘Zaim Fida et Al Implementasi, Monitoring Dan Evaluasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Satuan Pendidikan Pada MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Kudus’, JEID: Journal of Educational Integration and Development, 4.1 (2024), p. 2024 <https://guru.kemdikbud.go.id.>

Gunawan, Indra, and Yohanes Bahari, ‘Problematika Kurikulum Merdeka Dalam Sudut Pandang Teori Struktural Fungsional (Study Literatur)’, Journal Of Human And Education (JAHE), 4.4 (2024), pp. 178–87, doi:10.31004/jh.v4i4.1191

Ihza Pramudya, Muhamad, and Heny Narendrany Hidayati, ‘Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Jenjang Sekolah Dasar’, Pendidikan Agama Islam, 2.1 (2023), pp. 160–72

Komara, Endang, Sylviana Stefanie, Riska Irnawati, and Tita Agustini, ‘Peran Psikologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar’, Jurnal Abdimas Bina Bangsa (JABB), 4.2 (2023), p. 2023

Miranti, Novtariska Dwi, ‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Bangun Rejo’, Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2024), pp. 57–65, doi:10.62448/ajpi.v1i1.70

Mubarok, Husni, ‘Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi’, Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1.1 (2023), pp. 01–07, doi:10.59435/jipnas.v1i1.45

Muktamar, Ahmad, Wahyuddin, and A Baso Umar, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Perspektif Merdeka Belajar : Konsep Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1.2 (2024), pp. 1109–23

Peduk, Rintayati, ‘Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi’, 2016, pp. 1–23

Permadani, Santi, ‘Santi Permadani Nim 20591169’, 2024

Riani, Aulia, Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SMP, 2024

Studi, Program, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan, D A N Ilmu, Universitas Bina, and others, Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar, 2023

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Lestari, U. F., Wati, M., Afandi, M., Subhan, M., & Sahbana, M. D. R. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis. Journal of Education Research, 5(4), 5272–5280. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)