Tantangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Madrasah Studi Kasus Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1758Keywords:
Sumber Daya Manusia, Pemberdayaan, Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah PekanbaruAbstract
Sumber daya manusia adalah sesuatu hal sangat penting dalam manajemen pendidikan islam. Perlu diingat oleh semua pihak betapa pentingnya sumber daya manusia dalam menentukan kesuksesan manajemen madrasah adalah kualitas para pendidik. Hakikat pemberdayaan terletak pada diri sendiri. manusia hanya berperan sebagai pendorong pada faktor eksternal tubuh manusia dan hanya berfungsi sebagai rangsangan timbulnya semangat, perasaan, atau motivasi dalam diri manusia untuk meningkatkan dirinya sendiri, mengelola diri sendiri, dan tumbuh sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Meskipun perkembangan teknologi meningkat pesat, peningkatan kualitas pendidik tetap menjadi kuncinya dalam kemajuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi terhadap program pemberdayaan sumber daya manusia. Temuan dalam penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru telah melaksanakan program pengembangan Sumber daya manusia secara komprehensif, namun masih terdapat kendala terkait alokasi anggaran masih minim untuk menyiapkan pelatihan atau workshop berkualitas dan juga masih kurangnya motivasi diri sebagian guru. Solusi yang diberikan adalah dengan melakukan berbagai kerjasama dengan lembaga eksternal sekolah dan juga guru didorong untuk mengikuti pelatihan-pelatihan online.
Downloads
References
Asrulla, Asrulla, Risnita Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 26320-26332.
Asrulla, Asrulla, Tuti Indriyani, and Firdaus Jeka. "Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Era Society 5.0 ." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 161-178.
Asrulla, Asrulla. "Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (2022): 35-45.
Asrulla, Asrulla, Kasful Anwar, and M. Y. Mahmud. "Membangun Competitive Advantage Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pendidikan." Jurnal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1-10.
Depdikbud.1999. Panduan Manajemen Sekolah.Jakarta: Depdikbud
Dessler, Gary.2020. Human Resources Management Thirteenth Edition.New Yoork: Pearson Education Limited
Evie, Tinneke Meggy Sumual.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi, CV. R.A.De. Rozarie: Surabaya
Fauzi, Ahkmad. 2011.Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan: Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Hani, Tarsisius Handoko. 2020. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Hasibuan, S. P. Malayu. 2019. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara, Jakarta.
Hasibuan, S.P. Malayu. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.: Bumi Aksara.
Hikmat. 2019. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hild, Reimers. 2014. Six Questions for Entrepreneurial Leadership And Innovations In Distance Education. United States: Wharton School Publishing
Hubbard, Graham. 2019. Strategic Management (thinking, Analysis and Action). Australia: Pearson Education Australia.
Markhan, BM. 2010. Global CEO Study: Creativity Selected as Most Crucial Factor for Future Success, https://www.ibm.com/news/ca/en/2010/05/20/v384864m81427w34.html diakses 14 sepetember 2021, pukul 07.22 WIB
Mustari, Mohamad.2014. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pres.
P. Kenneth De Meuse, Learning Agility: Its Evolution as A Psychological Construct And Its Empirical Relationship To Leader Success, Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 2017, Vol. 69, No. 4
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar KepalaSekolah/Madrasah
Qamar, Mujamil.2015. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
Right, Asrul dan Okfalisa,2021 Reinventing School, Yogyakarta: Diva Press
Sinaga, Sarman Manajemen Sumber daya Manusia (MSDM), Medan.CV.Sentosa Deli Mandiri
Sudur, Sudur, Maisah Maisah, Lukman Hakim, Husin Husin, and Asrulla Asrulla. "Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Agama Islam." Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 16233-16251.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wijaya, Candra. 2019.Manajemen Sumber Daya Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Asrulla Asrulla, Maisah Maisah, Mahmud MY, Firdaus Jeka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).