Tantangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Madrasah Studi Kasus Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru

Authors

  • Asrulla Asrulla Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Maisah Maisah Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Mahmud MY Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Firdaus Jeka Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1758

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Pemberdayaan, Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru

Abstract

Sumber daya manusia adalah sesuatu hal sangat penting dalam manajemen pendidikan islam. Perlu diingat oleh semua pihak betapa pentingnya sumber daya manusia dalam menentukan kesuksesan manajemen madrasah adalah kualitas para pendidik. Hakikat pemberdayaan terletak pada diri sendiri. manusia hanya berperan sebagai pendorong pada faktor eksternal tubuh manusia dan hanya berfungsi sebagai rangsangan timbulnya semangat, perasaan, atau motivasi dalam diri manusia untuk meningkatkan dirinya sendiri, mengelola diri sendiri, dan tumbuh sesuai dengan bakat yang dimilikinya. Meskipun perkembangan teknologi meningkat pesat, peningkatan kualitas pendidik tetap menjadi kuncinya dalam kemajuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi terhadap program pemberdayaan sumber daya manusia. Temuan dalam penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru telah melaksanakan program pengembangan Sumber daya manusia secara komprehensif, namun masih terdapat kendala terkait alokasi anggaran masih minim untuk menyiapkan pelatihan atau workshop berkualitas dan juga masih kurangnya motivasi diri sebagian guru. Solusi yang diberikan adalah dengan melakukan berbagai kerjasama dengan lembaga eksternal sekolah dan juga guru didorong untuk mengikuti pelatihan-pelatihan online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrulla, Asrulla, Risnita Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 26320-26332.

Asrulla, Asrulla, Tuti Indriyani, and Firdaus Jeka. "Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Era Society 5.0 ." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 161-178.

Asrulla, Asrulla. "Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (2022): 35-45.

Asrulla, Asrulla, Kasful Anwar, and M. Y. Mahmud. "Membangun Competitive Advantage Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pendidikan." Jurnal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1-10.

Depdikbud.1999. Panduan Manajemen Sekolah.Jakarta: Depdikbud

Dessler, Gary.2020. Human Resources Management Thirteenth Edition.New Yoork: Pearson Education Limited

Evie, Tinneke Meggy Sumual.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi, CV. R.A.De. Rozarie: Surabaya

Fauzi, Ahkmad. 2011.Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan: Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Hani, Tarsisius Handoko. 2020. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, S. P. Malayu. 2019. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta.: Bumi Aksara.

Hikmat. 2019. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hild, Reimers. 2014. Six Questions for Entrepreneurial Leadership And Innovations In Distance Education. United States: Wharton School Publishing

Hubbard, Graham. 2019. Strategic Management (thinking, Analysis and Action). Australia: Pearson Education Australia.

Markhan, BM. 2010. Global CEO Study: Creativity Selected as Most Crucial Factor for Future Success, https://www.ibm.com/news/ca/en/2010/05/20/v384864m81427w34.html diakses 14 sepetember 2021, pukul 07.22 WIB

Mustari, Mohamad.2014. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pres.

P. Kenneth De Meuse, Learning Agility: Its Evolution as A Psychological Construct And Its Empirical Relationship To Leader Success, Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 2017, Vol. 69, No. 4

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar KepalaSekolah/Madrasah

Qamar, Mujamil.2015. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga

Right, Asrul dan Okfalisa,2021 Reinventing School, Yogyakarta: Diva Press

Sinaga, Sarman Manajemen Sumber daya Manusia (MSDM), Medan.CV.Sentosa Deli Mandiri

Sudur, Sudur, Maisah Maisah, Lukman Hakim, Husin Husin, and Asrulla Asrulla. "Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Agama Islam." Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (2024): 16233-16251.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wijaya, Candra. 2019.Manajemen Sumber Daya Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Asrulla, A., Maisah, M., MY, M., & Jeka, F. (2024). Tantangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di Madrasah Studi Kasus Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Hasanah Pekanbaru. Journal of Education Research, 5(4), 5336–5353. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1758

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check