Penerapan Media Dadu Berputar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Lailatul Istiqomah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Luluk Iffatur Rocmah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media dadu putar dalam proses pembelajaran dan mengukur efektivitasnya dalam membantu anak mengenali huruf. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan berharga tentang cara meningkatkan keterampilan literasi awal anak melalui metode interaktif yang sesuai dengan perkembangan mereka. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas A KB Nurul Muta'allimin, terdiri dari 9 siswa (7 perempuan dan 2 laki-laki). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif, sementara data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa sebelum tindakan, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan pengenalan huruf. Setelah menggunakan media dadu putar, terjadi peningkatan pengenalan huruf, dari 68,89% di siklus I menjadi 87,22% di siklus II. Pembelajaran dengan media ini dinilai berhasil karena anak menjadi lebih aktif dan terlibat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Uce, “The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 2, hal. 77–92, 2017.

R. N. Yusuf, N. S. T. A. Al Khoeri, G. S. Herdiyanti, dan E. D. Nuraeni, “Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak,” Plamboyan Edu, vol. 1, no. 1, hal. 37–44, 2023.

E. Astuti, “Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan,” Educ. J. Educ. Res., vol. 4, no. 1, hal. 87–96, 2022.

M. Sari, “Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini,” AULADA J. Pendidik. dan Perkemb. anak, vol. 2, no. 1, hal. 37–46, 2020.

R. Kurnia, Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish, 2019.

S. Azhari, “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune,” WISDOM J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, hal. 181–197, 2021.

R. Ardiana, “Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, hal. 20–27, 2021.

M. Eka Etianingsih, “Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016,” 2016.

P. M. Pendidikan dan K. R. I. Nomor, “137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia dini,” Jakarta Kementeri. Pendidik. dan Kebud. Republik Indones., 2015.

R. Dewi, E. Puspitasari, dan R. Kurnia, “Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, hal. 9600–9609, 2021.

T. Maimunah Hasan, “Peningkatan kemampuan Mengenal Huruf Melalui metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK Aba Ketanggungan Wiribrajan Yogyakarta,” Univ. Negeri Yogyakarta, 2014.

N. R. Sari, F. Hayati, dan H. Harfiandi, “Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. Pendidik., vol. 2, no. 1, 2021.

A. W. Astuti, R. Drupadi, dan U. Syafrudin, “Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 4, no. 1, hal. 73–81, 2021.

C. Seefeldt dan B. A. Wasik, “Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa: Pius Nasar),” Jakarta Indeks, 2008.

D. Vortuna, S. Ratiyah, dan J. B. Paouru, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf pada kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019,” J. tumbuh kembang, vol. 5, no. 2, 2018.

N. Mazidah dan K. Z. Putro, “Pengenalan Huruf Abjad Melalui Tutur Bahasa pada Anak Usia Dini,” Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, hal. 145–149, 2023.

Y. S. Arisqa, “Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Di Kelas A Taman Kanak-Kanak (Tk) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo,” 2019.

S. P. Guslinda dan R. Kurnia, Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing, 2018.

S. S. Rahayuningsih, T. D. Soesilo, dan M. Kurniawan, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain dengan media kotak pintar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 9, no. 1, hal. 11–18, 2019.

R. M. I. Darojatun dan W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 70–79, 2020.

S. Fegi, “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini Di Tk Harapan Muda Rajabasa Bandar Lampung.” Uin Raden Intan Lampung, 2024.

Y. F. Putri, L. Marlina, dan Y. T. Wulandari, “Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, hal. 153–163, 2022.

D. R. Agustini, dan, dan Masudah, “Pengaruh media dadu putar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B,” J. PAUD Teratai, vol. 9, no. 1, hal. 5–6, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai

R. Kurnia dan Y. Solfiah, “Pengaruh media pensil karakter animasi Upin dan Ipin terhadap kemampuan menulis anak,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 12, no. 2, hal. 341–350, 2018.

L. Lestari dan A. Isnaningsih, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Media Dadu Putar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sadang,” J. Ilmu Pendidik. Muhammadiyah Kramat Jati, vol. 5, no. 1, hal. 314–320, 2024.

Y. N. Jatmika, Ragam aktivitas harian untuk playgroup. DIVA Press, 2012.

D. L. Rahayu dan E. Destiana, “Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Brgambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 3, hal. 16, 2024, doi: 10.47134/paud.v1i3.405.

S. Arikunto, “Metodologi Penelitian (Research methodology),” PT. Rineka Cipta, 2015.

M. Arikunto, “Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi.” Tesis, & Disertasi: Depok: Diandra Creative, 2017.

Q. Ayun dan A. Wathon, “Penerapan Media Pohon Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini,” Sistim Inf. Manaj., vol. 4, no. 2, hal. 95–108, 2021.

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Istiqomah, L., & Rocmah, L. I. (2024). Penerapan Media Dadu Berputar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal of Education Research, 5(4), 4926–4937. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1693

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check