Upaya Guru dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Nilai Gotong Royong Siswa

Authors

  • Putri Kamelia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yudi Firmansyah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1606

Keywords:

Gotong royong, PPKn, metode deskriptif kualitatif, strategi pengajaran, motivasi siswa, lingkungan sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru berusaha untuk meningkatkan nilai gotong royong siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMAN 1 Rawamerta. Data primer dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa guru memasukkan kegiatan yang mendorong kerja sama, seperti diskusi kelompok dan proyek bersama, ke dalam perenungan mereka. Hambatan internal termasuk kurangnya minat dan keinginan, sedangkan hambatan eksternal termasuk kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan sekolah yang tidak baik. Dengan memberikan motivasi tambahan, melibatkan orang tua, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, guru dapat mengatasi masalah ini. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk pembangunan pendekatan pembelajaran PPKn yang berhasil. Penelitian ini juga menekankan betapa pentingnya menggunakan pendekatan holistik yang melibatkan seluruh komunitas sekolah. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menyelidiki metode khusus untuk mengatasi tantangan dan mengevaluasi efektivitas berbagai metode dalam konteks yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhak, I. (1995). Metodologi dan Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: Cipta Intelektual.

Aryana, I. K. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Washington, DC: Character Education Partnership.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London: Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Gage, N. L. (2009). Educational Psychology. Boston: Houghton Mifflin.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Juliani, R., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler. Bandung: Alfabeta.

Kartodirdjo, S. (2004). Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kvale, S. (1996). InterViews: An Introduction to Qualitative Research Interviewing. Thousand Oaks, CA: Sage.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, CA: Sage.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Mulyatno, J., & Yosafat, R. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Yogyakarta: Media Ilmu.

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533-544.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Pembelajaran dan Pengembangan Karakter Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.

Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Yin, R. K. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guilford Press.

Downloads

Published

2024-09-09

How to Cite

Kamelia, P., Repelita, T., & Firmansyah, Y. (2024). Upaya Guru dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Nilai Gotong Royong Siswa . Journal of Education Research, 5(4), 4429–4435. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1606

Issue

Section

Articles

Categories