Upaya Guru dalam Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Nilai Gotong Royong Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1606Keywords:
Gotong royong, PPKn, metode deskriptif kualitatif, strategi pengajaran, motivasi siswa, lingkungan sekolahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru berusaha untuk meningkatkan nilai gotong royong siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMAN 1 Rawamerta. Data primer dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa guru memasukkan kegiatan yang mendorong kerja sama, seperti diskusi kelompok dan proyek bersama, ke dalam perenungan mereka. Hambatan internal termasuk kurangnya minat dan keinginan, sedangkan hambatan eksternal termasuk kurangnya dukungan keluarga dan lingkungan sekolah yang tidak baik. Dengan memberikan motivasi tambahan, melibatkan orang tua, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, guru dapat mengatasi masalah ini. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk pembangunan pendekatan pembelajaran PPKn yang berhasil. Penelitian ini juga menekankan betapa pentingnya menggunakan pendekatan holistik yang melibatkan seluruh komunitas sekolah. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menyelidiki metode khusus untuk mengatasi tantangan dan mengevaluasi efektivitas berbagai metode dalam konteks yang lebih luas.
Downloads
References
Abdulhak, I. (1995). Metodologi dan Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: Cipta Intelektual.
Aryana, I. K. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Washington, DC: Character Education Partnership.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London: Routledge.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Gage, N. L. (2009). Educational Psychology. Boston: Houghton Mifflin.
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Juliani, R., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler. Bandung: Alfabeta.
Kartodirdjo, S. (2004). Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kvale, S. (1996). InterViews: An Introduction to Qualitative Research Interviewing. Thousand Oaks, CA: Sage.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills, CA: Sage.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Mulyatno, J., & Yosafat, R. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Yogyakarta: Media Ilmu.
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533-544.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Pembelajaran dan Pengembangan Karakter Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.
Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Yin, R. K. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guilford Press.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Putri Kamelia, Tridays Repelita, Yudi Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).