Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkrit terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1605Keywords:
Media Konkret, Pemahaman Konsep IPA, Problem Based LearningAbstract
Pembelajaran IPA sering dianggap sulit dipahami oleh peserta didik sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan dalam penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan dukungan media konkret terhadap pemahaman konsep IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) pada siswa kelas lima di SDN 01 Sidowaluyo. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan dalam penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media konkret terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan desain Nonrandomized pretest-posttest control group. Tahap awal melibatkan pemberian pretest kepada siswa, diikuti dengan pemberian perlakuan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang didukung oleh media konkret, dan tahap terakhir adalah pelaksanaan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah yang didukung oleh media konkret secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi lebih rendah dari α (0,05), sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Rata-rata skor pretest pada kelompok kontrol adalah 44,00, dan skor posttest adalah 82,35, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor pretest 46,25 dan skor posttest 91,6. Peningkatan ini dapat dikaitkan dengan penerapan model PBL yang didukung oleh media konkret, yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan memanfaatkan media konkret untuk membantu mereka dalam memahami konsep yang diajarkan, terutama dalam topik sifat-sifat cahaya.
Downloads
References
Ayunda, S. N. Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015.
Cahya, P., & Purnanto, A. W. (2023). Analisis Model Pembelajaran Memirsa di Kelas 2 SD IT Muhammadiyah Bandongan Kabupaten Magelang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9939–9947.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Dwi Wulandari Dwi Agus Kurniawan. (2023). Identifikasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 93–99.
Hestiningrum, R. A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 Menggunakan Media Benda Konkret Materi Organ Pernapasan Manusia. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 315.
Irawan, M. F., & Bella, S. (2024). Penerapan Prinsip-Prinsip Esensialisme dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 523-530.
Irawan, M. F., & Latifah, A. (2023). The Implementation of Kahoot! Application as a Hots-Based Evaluation Media for Elementary School Students. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(2), 72-83.
Irawan, M. F., Zulhijrah, A. P., & Prastowo, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 12(3), 38-46.
Junaid, M. Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16.
Khalijah, W. N. Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278.
Laksono, P. J. Astuti, M. (2021). Desain Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice dalam Mendeteksi Miskonsepsi Hidrolisis Garam. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(2), 110.
Mulyanti, & Puspitasari, R. D. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret UntukMeningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VSekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 170–180.
Nurwiyanti, D. A. Wahyuni, T. (2023). Analisis Model Problem Based Learning terhadap Materi Pengkristalan dengan Media Konkret. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21207–21214.
Paramita, L. W. Masrukan, M. (2019). Peran DAPIC problem solving process dalam PBL pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan adversity quotient. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 1013–1019.
Ramadhan, W. (2023). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Melalui Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah …. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar , 8(2), 172–186.
Sibuea, A. K., & Zuardi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL ) di Kelas IV SD Negeri 063 Panyabungan Utara Mandailing Natal Mompang Jae Kecamatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7647–7656.
Soeharto, T. (2022). Inovasi Model Pembelajaran “Black Market” Untuk Mendongkrak Pemahaman Konsep Optik. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 78–90.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Tahir, N. N. Usman, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Multimedia Game Petualangan Dalam Limas Berbasis Mobile Learning di SMP Negeri 1 Tilango. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(1), 15–25.
Triana, H. Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 504–514.
Yuristia, F. Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Peni Nur Anggraini, Desy Aprima, E I Pusta Siligar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).