Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat. Populasi penelitian ini adalah guru pada SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat sebanyak seratus empat orang yang digunakan untuk sampel. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala likert, dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan menggunakan program Statistical Package For Social Science dan Manual. Penelitian ini menemukan bahwa ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Prabumulih Barat sebesar lima puluh dua koma enam persen sisanya empat puluh tujuh koma empat persen dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel dalam penelitian ini. pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Prabumulih Barat sebesar empat puluh enam koma dua persen sisanya lima puluh tiga koma delapan persen dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel dalam penelitian ini ada pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat, sebesar lima puluh delapan koma lima persen sisanya empat puluh satu koma lima persen dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak termaksud variable variabel pada penelitian ini.
Downloads
References
Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fitria, H. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 5, No. 2, Juli-Desember 2020
Harapan, E. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 5, No. 2, Juli-Desember 2020
Lian, B. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 6, No. 1, Januari-Juni 2021
Mathis, R. L. & Jackson, J. H. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Sahertian, P. A. (2002). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. Rineka Cipta.
Saondi, O., & Suherman, A. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumadi. (2001). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wilis. (2001). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Woodworth. (2001). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Yopi Aprida, Happy Fitria, Nurkhalis Nurkhalis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).