Implementasi Pembinaan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SD

Authors

  • Suharto Suharto Pedagogi Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Maufur Maufur Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal , Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1545

Keywords:

Karakter, Ekstrakurikuler Pramuka, Disiplin

Abstract

Ekstrakurikuler pramuka mendidik peserta didik dan pemuda Indonesia dengan prinsip dasar dengan metode kepramukaan yang pelaksanaanya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia. Di sekolah terdapat berbagai kegiatan latihan Pramuka yang dilaksanakan seperti Sandi – sandi, Semaphore, Peta, Upacara, dan Baris – berbaris. Ekstrakurikuler Pramuka merupakan suatu latihan fisik yang digunakan untuk menanamkan rasa disiplin. Tujuan kegiatan Ekstrakurikuler pramuka yaitu untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa persatuan serta disiplin, sehingga dengan senantiasa dapat mengutamakan kepentingan individu dari secara tidak langsung, selain itu, juga bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab. Pada penelitian ini difokuskan membatasi yang berkaitan dengan Implementasi Pembinaan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Penyalahan 02 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal melalui kegiatan latihan baris-berbaris. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Peserta didik yang mengikuti kegiatan latihan baris berbaris dalam pramuka menjadi lebih disiplin akibat kegiatan yang diikutinya. Disiplin yang didapatkan peserta didik ditingkatkan melalui komunikasi yang efektif, penegakan aturan, dan peningkatan motivasi sebagai hasil dari keberhasilan ekstrakurikuler pramuka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja.

Permendikbud nomor 63 tahun 2014, Tentang Pendidikan Kepramukaan.

Rahmat, Dimas. 2010. Buku Materi Pramuka Penegak. Purwodadi: DRPSAP Turtle.

Semiawan, Conny. 2008. Penerapan Pembelajaran pada Anak. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Suharto, S., Maufur, M., & Basukiyatno, B. (2024). Implementasi Pembinaan Karakter Disiplin melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SD . Journal of Education Research, 5(3), 4073–4080. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1545

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check