Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa

Authors

  • Lailatul Khomaria Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Ratnasari Dwi Ade Chadra Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Eka Olivia Dewi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1524

Keywords:

Kemampuan Fisik Motorik,, Egrang Batok Kelapa, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisonal egrang batok kelapa pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Wonogriyo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis & Tanggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Wonogriyo yang berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional egrang batok kelapa meningkat sangat baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan pada setiap siklus, yang mana perolehan hasil penelitian pada pra siklus sebesar 30%, pada siklus 1 sebesar 56,7% dan siklus II sebesar 86,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, S., Supriyadi, & Masgumelar, N. K. (2020). Model-Model Exercise Dan Aktivitas Fisik Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. In Wineka Media. https://books.google.co.id/books?id=2mX5DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Fadillah, M. (2019, June). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.

Fitriyanti, D., Wulandari, H., & Justicia, R. (2023). Implementasi Tari Kreatif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 7(1), 123–138. https://doi.org/10.24235/awlady.v9i1.14169

Hananingsih, W., & Anggraini, E. (2022). Hubungan Tinggi Badan Dan Berat Badan Dengan Kecepatan Berjalan Menggunakan Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.4000/http

Hasan, M. N., Husnah, R., & Parastuti, S. A. (2021). Pemanfaatan Egrang Batok Kelapa Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak dan Menumbuhkan Minat Terhadap Permainan Tradisional. Jurnal PGMI Awwaliyah, 4(2), 156–161. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.769

Kurniandari, A. (2016). Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dengan Kotak Matematika Kelompok A1 Di Tk Aba Margomulyo III. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(6), 651–659. https://journal.student.uny.ac.id/pgpaud/article/view/2779

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.

Rahman, Y., & Ningsih, A. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. JJP PAUD FKIP Untirta, 8(1), 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11570

Rahmawati, W., & Sulistyawan, A. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan, 1(1), 22–27. https://ojs.pikes.iik.ac.id/index.php/jpikes/article/view/4/3

Saripudin, A., Syekh, I., & Cirebon, N. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Equalita, 1(1), 120–125. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Silanindah, R. A., Muslihin, H. Y., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2452–2458. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p32-41.554

Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Modul Metode Pengembangan Fisik, 3–10.

Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A. R., & Sholeha, V. (2021). PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Kumara Cendikia, 9(3). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Sumarsono, R. N. (2022). PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PERMAINAN_TRADISIONAL_NUSANTARA/4CijEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=egrang+batok+kelapa&pg=PA209&printsec=frontcover

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. KENCANA.

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Tanjung, S. D., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/vGEOEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ptk+adalah&printsec=frontcover

Tatminingsih, S. (2020). Modul 1 Hakikat Anak Usia Dini. Modul Metode Pengembangan Fisik, PGTK Modul, 1–21.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 37. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Wathon, A. (2024). Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar. Sistem Informasi Manajemen, 7(3), 1643–1644.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Khomaria, L., Chadra, R. D. A., & Dewi, E. O. (2024). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa. Journal of Education Research, 5(4), 4315–4322. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1524

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check