Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1524Keywords:
Kemampuan Fisik Motorik,, Egrang Batok Kelapa, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisonal egrang batok kelapa pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Wonogriyo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis & Tanggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Wonogriyo yang berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional egrang batok kelapa meningkat sangat baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan pada setiap siklus, yang mana perolehan hasil penelitian pada pra siklus sebesar 30%, pada siklus 1 sebesar 56,7% dan siklus II sebesar 86,7%.
Downloads
References
Adi, S., Supriyadi, & Masgumelar, N. K. (2020). Model-Model Exercise Dan Aktivitas Fisik Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. In Wineka Media. https://books.google.co.id/books?id=2mX5DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Fadillah, M. (2019, June). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Fitriyanti, D., Wulandari, H., & Justicia, R. (2023). Implementasi Tari Kreatif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 7(1), 123–138. https://doi.org/10.24235/awlady.v9i1.14169
Hananingsih, W., & Anggraini, E. (2022). Hubungan Tinggi Badan Dan Berat Badan Dengan Kecepatan Berjalan Menggunakan Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.4000/http
Hasan, M. N., Husnah, R., & Parastuti, S. A. (2021). Pemanfaatan Egrang Batok Kelapa Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak dan Menumbuhkan Minat Terhadap Permainan Tradisional. Jurnal PGMI Awwaliyah, 4(2), 156–161. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.769
Kurniandari, A. (2016). Peningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dengan Kotak Matematika Kelompok A1 Di Tk Aba Margomulyo III. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(6), 651–659. https://journal.student.uny.ac.id/pgpaud/article/view/2779
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Rahman, Y., & Ningsih, A. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. JJP PAUD FKIP Untirta, 8(1), 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11570
Rahmawati, W., & Sulistyawan, A. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Terhadap Keseimbangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Kesehatan, 1(1), 22–27. https://ojs.pikes.iik.ac.id/index.php/jpikes/article/view/4/3
Saripudin, A., Syekh, I., & Cirebon, N. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Equalita, 1(1), 120–125. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161
Silanindah, R. A., Muslihin, H. Y., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2452–2458. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p32-41.554
Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Modul Metode Pengembangan Fisik, 3–10.
Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A. R., & Sholeha, V. (2021). PROFIL KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Kumara Cendikia, 9(3). https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Sumarsono, R. N. (2022). PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PERMAINAN_TRADISIONAL_NUSANTARA/4CijEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=egrang+batok+kelapa&pg=PA209&printsec=frontcover
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. KENCANA.
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Tanjung, S. D., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/vGEOEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ptk+adalah&printsec=frontcover
Tatminingsih, S. (2020). Modul 1 Hakikat Anak Usia Dini. Modul Metode Pengembangan Fisik, PGTK Modul, 1–21.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 37. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Wathon, A. (2024). Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar. Sistem Informasi Manajemen, 7(3), 1643–1644.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Lailatul Khomaria, Ratnasari Dwi Ade Chadra, Eka Olivia Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).