Pengembangan E-LKPD Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perairan Darat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1518Keywords:
Liveworksheet, E-LKPD, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Perkembangan Pendidikan pada abad 21 dapat menciptakan keterampilan peserta didik, agar terlaksana dengan baik perlu bantuan teknologi untuk mengasah kemampuan peserta didik agar melek informasi, sehingga perlu melakukan pengembangan e-LKPD Liveworksheets berbasis PBL pada materi perairan darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-LKPD, menganalisis hasil belajar setelah menggunakan e-LKPD , menganalisis respon peserta didik. Model pengembangan yang diterapkan yakni 4D (Define, Design, Develop, Desimnate), dengan teknik pengumpulan menggunakan angket, soal pretest posttest, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi dari 3 para ahli e-LKPD dikatakan sangat layak, Hasil Pretest dan Posttest mengalami perbedaan dengan nilai sig 0,000 < 0,005 artinya ada perbedaan nilai Pretest dan Posttest. Angket respon yang dilakukan oleh 31 peserta didik diperoleh hasil penilaian dengn skor 85% yang artinya sangat layak dan dilihat dari antusias dan keaktifan peserta didik sehingga respon yang diberikan sangat positif.
Downloads
References
Anderson, L.R, Krathwohl, D.R et al. 2012. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.A Bridged Edition. New York: Longman
Burgawanti dkk, 2023. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Liveworksheet pada Pembelajaran Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 01 Jagoi Babang. Journal on Education Volume 05, No. 04,
Efendi, D. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi Umum
Farida, Ghina, Selviana Engol, Makrina Tindangen & Yulliono. (2024). Respon Peserta didik Terhadap penggunaan e-E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2024, Halaman 8−14 https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320
Febrianti, A. E., Mutmainna, A. S., Wulan, I., Hadi, A., Irfan, M., Side, S., & Arwadi,
F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Liveworksheets dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap HOTS (High Order Thinking Skills) Peserta Didik SMP Negeri 6 Makassar pada Mata Pelajaran IPA. XI(2), 124–134. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat.
Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Eelektronik Berbasis Tri-N Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 113–120 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index
Mustaqimah, F. N. (2021). Media Teknologi Untuk Teaching Assessment: Live Worksheet dan Gform. Universitas Islam Indonesia.
Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin. (2021). Development of Android-Based Momentum and Impulse E-E-LKPD To Improve Student ’ s ConceptUnderstanding Pengembangan E-E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis. Jurnal Phenomenon, 11(1), 29–44.
Pranowo Andi. 2021. Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI). p-ISSN: 2775-4227. e-ISSN: 2775-4219. Vol. 1. No.10.
Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96
Septikasari, R. dan R. N. F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar (pp. 112–122). Jurnal Tarbiyah Al Awad, Vol. VIII Edisi 02 2018 , halaman 112-122.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tarigan, D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics
Utami Sri W, I Nyoman Ruja, Selamat Utaya. 2016. Efektivitas LKS Geografi untuk Mengembangkan Pengalaman Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran .
Wulan, Annur dkk. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Ddidik Berbasisi Model Pembelajaran Search,Solve, Create and Share Pada praktikum Fungi. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Palembang
Yuliana, Resti. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-E-LKPD) Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Iin Vina Noviana, Wiwik Sri Utami, Bambang Sigit Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).