Pengembangan E-LKPD Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perairan Darat

Authors

  • Iin Vina Noviana Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Wiwik Sri Utami Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Bambang Sigit Widodo Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1518

Keywords:

Liveworksheet, E-LKPD, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Perkembangan Pendidikan pada abad 21 dapat menciptakan keterampilan peserta didik, agar terlaksana dengan baik perlu bantuan teknologi untuk mengasah kemampuan peserta didik agar melek informasi, sehingga perlu melakukan pengembangan e-LKPD Liveworksheets berbasis PBL pada materi perairan darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-LKPD, menganalisis hasil belajar setelah menggunakan e-LKPD , menganalisis respon peserta didik. Model pengembangan yang diterapkan yakni 4D (Define, Design, Develop, Desimnate), dengan teknik pengumpulan menggunakan angket, soal pretest posttest, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi dari 3 para ahli e-LKPD dikatakan sangat layak, Hasil Pretest dan Posttest mengalami perbedaan dengan nilai sig 0,000 < 0,005 artinya ada perbedaan nilai Pretest dan Posttest. Angket respon yang dilakukan oleh 31 peserta didik diperoleh hasil penilaian dengn skor 85% yang artinya sangat layak dan dilihat dari antusias dan keaktifan peserta didik sehingga respon yang diberikan sangat positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L.R, Krathwohl, D.R et al. 2012. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.A Bridged Edition. New York: Longman

Burgawanti dkk, 2023. Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Liveworksheet pada Pembelajaran Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 01 Jagoi Babang. Journal on Education Volume 05, No. 04,

Efendi, D. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi Umum

Farida, Ghina, Selviana Engol, Makrina Tindangen & Yulliono. (2024). Respon Peserta didik Terhadap penggunaan e-E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2024, Halaman 8−14 https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320

Febrianti, A. E., Mutmainna, A. S., Wulan, I., Hadi, A., Irfan, M., Side, S., & Arwadi,

F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Liveworksheets dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap HOTS (High Order Thinking Skills) Peserta Didik SMP Negeri 6 Makassar pada Mata Pelajaran IPA. XI(2), 124–134. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat.

Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Eelektronik Berbasis Tri-N Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 113–120 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index

Mustaqimah, F. N. (2021). Media Teknologi Untuk Teaching Assessment: Live Worksheet dan Gform. Universitas Islam Indonesia.

Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin. (2021). Development of Android-Based Momentum and Impulse E-E-LKPD To Improve Student ’ s ConceptUnderstanding Pengembangan E-E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis. Jurnal Phenomenon, 11(1), 29–44.

Pranowo Andi. 2021. Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI). p-ISSN: 2775-4227. e-ISSN: 2775-4219. Vol. 1. No.10.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96

Septikasari, R. dan R. N. F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar (pp. 112–122). Jurnal Tarbiyah Al Awad, Vol. VIII Edisi 02 2018 , halaman 112-122.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tarigan, D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics

Utami Sri W, I Nyoman Ruja, Selamat Utaya. 2016. Efektivitas LKS Geografi untuk Mengembangkan Pengalaman Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran .

Wulan, Annur dkk. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Ddidik Berbasisi Model Pembelajaran Search,Solve, Create and Share Pada praktikum Fungi. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Palembang

Yuliana, Resti. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-E-LKPD) Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Noviana, I. V., Utami, W. S., & Widodo, B. S. (2024). Pengembangan E-LKPD Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perairan Darat. Journal of Education Research, 5(3), 3902–3912. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1518

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)