Model Asesmen Profil Pelajar Pancasila Kegiatan Pramuka SMP Negeri 2 Randudongkal
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1466Keywords:
Bernalar Kritis, ADDIE, Rasch Model, PramukaAbstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui belum adanya asesmen pramuka terintegrasi dengan profil pelajar Pancasila, kurangnya pengetahuan pembina pramuka dengan model ADDIE, asesmen belum divalidasi dengan model rasch. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis kebutuhan instrumen, kategori kelayakan instrumen bernalar kritis melalui kegiatan pramuka. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan tiga tahapan yaitu Analysis, Design, dan Development. Desain uji coba terdiri dari uji validitas isi dan psikometri oleh para ahli dan dianalisis dengan formula Aikens. Sedangkan validitas konstruk dianalisis dengan Rasch model. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa memiliki kemampuan berpikir kritis (2) Instrumen bentuk pilihan ganda, layak digunakan. Instrumen dianalisis dengan indeks Aikens. Hasil analisis dengan Rasch model yaitu tiga butir soal mudah, tujuh butir soal sedang, tidak terdapat butir asesmen sulit (3) mayoritas siswa SMP Negeri 2 Randudongkal memiliki kemampuan bernalar kritis kategori sedang, hanya terdapat dua siswa memiliki kemampuan tinggi, dan empat orang berkriteria rendah
Downloads
References
Q. E. Sevtivia Asrivi, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19,” Tunas Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 255–268, 2020, doi: 10.34001/jtn.v2i2.1483.
S. Afresda, M. Toharudin, and D. Sunarsih, “Penanaman Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 8021–8040, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.4215.
Idris Apandi, “Mewujudkan karakter pelajar pancasilais melalui kegiatan ekstrakurikuler,” Kompasiana. Accessed: Feb. 07, 2024. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/idrisapandi/60bb445b8ede48367613a0a2/mewujudkan-karakter-pelajar-pancasilais-melalui-kegiatan-ekstrakurikuler-pramuka%0A%0A
P. Susongko, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal, 2016.
B. Sumintoro, Aplikasi model rasch untuk penelitian ilmu sosial. Cimahi, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: CV Alfabeta, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.
P. S. Endro Suseno, Mengukur Validitas Tes. Pemeral Edukreatif, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=gvFGEAAAQBAJ&lpg=PA30&dq= aikens validity purwo susongko&lr&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q&f=false
Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Parama Publishing, 2018.
R. F. Cavanagh and R. F. Waugh, “Applications of Rasch Measurement in,” 2011, [Online]. Available: www.sensepublishers.com
E. Suseno, P. Susongko, and D. Apriani, “Messick Validation on the Simulation Test of National Exam Using Rasch Model,” 2021, doi: 10.4108/eai.30-11-2020.2303711.
P. Susongko, “Aplikasi Model Rasch Dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis Program R,” pp. 1–65, 2019.
A. M. Diputera, Analisis IRT Menggunakan WINGEN 3 Teori Respon Butir dan Aplikasi, no. May. 2018.
R. K. Hambleton and R. W. Jones, “Comparison of classical test theory and item response theory and,” Educ. Meas., vol. 12, no. 3, pp. 38–47, 1993, [Online]. Available: papers2://publication/uuid/A3D74B30-9CF1-4A78-83BE-D6650B671ED1
Sumaryanta, Teori Tes Klasik & Teori Respon Butir Konsep & Contoh Penerapannya. Cirebon: CV. Confident, 2021.
H. H. Dewi, S. M. Damio, and S. Sukarno, “Item analysis of reading comprehension questions for English proficiency test using Rasch model,” REID (Research Eval. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 24–36, 2023, doi: 10.21831/reid.v9i1.53514.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sri Endang Resminingsih, Purwo Susongko, Suriswo Suriswo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).