Model Asesmen Profil Pelajar Pancasila Kegiatan Pramuka SMP Negeri 2 Randudongkal

Authors

  • Sri Endang Resminingsih Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1466

Keywords:

Bernalar Kritis, ADDIE, Rasch Model, Pramuka

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui belum adanya asesmen pramuka  terintegrasi dengan profil pelajar Pancasila, kurangnya pengetahuan pembina pramuka  dengan model ADDIE, asesmen belum divalidasi dengan model rasch. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil analisis kebutuhan instrumen, kategori kelayakan instrumen bernalar kritis  melalui kegiatan  pramuka. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan tiga tahapan yaitu Analysis, Design, dan Development. Desain uji coba terdiri dari uji validitas isi dan psikometri oleh para ahli dan dianalisis dengan formula Aikens. Sedangkan validitas konstruk dianalisis dengan Rasch model. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa memiliki kemampuan berpikir kritis (2) Instrumen bentuk pilihan ganda, layak digunakan. Instrumen  dianalisis dengan indeks Aikens. Hasil analisis dengan Rasch model yaitu  tiga butir soal mudah, tujuh butir soal sedang, tidak terdapat butir asesmen sulit (3) mayoritas siswa SMP Negeri 2 Randudongkal  memiliki kemampuan bernalar kritis kategori sedang, hanya terdapat dua siswa  memiliki kemampuan  tinggi, dan empat orang berkriteria rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Q. E. Sevtivia Asrivi, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib Pada Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19,” Tunas Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 255–268, 2020, doi: 10.34001/jtn.v2i2.1483.

S. Afresda, M. Toharudin, and D. Sunarsih, “Penanaman Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 8021–8040, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.4215.

Idris Apandi, “Mewujudkan karakter pelajar pancasilais melalui kegiatan ekstrakurikuler,” Kompasiana. Accessed: Feb. 07, 2024. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/idrisapandi/60bb445b8ede48367613a0a2/mewujudkan-karakter-pelajar-pancasilais-melalui-kegiatan-ekstrakurikuler-pramuka%0A%0A

P. Susongko, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal, 2016.

B. Sumintoro, Aplikasi model rasch untuk penelitian ilmu sosial. Cimahi, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: CV Alfabeta, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.

P. S. Endro Suseno, Mengukur Validitas Tes. Pemeral Edukreatif, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=gvFGEAAAQBAJ&lpg=PA30&dq= aikens validity purwo susongko&lr&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q&f=false

Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Parama Publishing, 2018.

R. F. Cavanagh and R. F. Waugh, “Applications of Rasch Measurement in,” 2011, [Online]. Available: www.sensepublishers.com

E. Suseno, P. Susongko, and D. Apriani, “Messick Validation on the Simulation Test of National Exam Using Rasch Model,” 2021, doi: 10.4108/eai.30-11-2020.2303711.

P. Susongko, “Aplikasi Model Rasch Dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis Program R,” pp. 1–65, 2019.

A. M. Diputera, Analisis IRT Menggunakan WINGEN 3 Teori Respon Butir dan Aplikasi, no. May. 2018.

R. K. Hambleton and R. W. Jones, “Comparison of classical test theory and item response theory and,” Educ. Meas., vol. 12, no. 3, pp. 38–47, 1993, [Online]. Available: papers2://publication/uuid/A3D74B30-9CF1-4A78-83BE-D6650B671ED1

Sumaryanta, Teori Tes Klasik & Teori Respon Butir Konsep & Contoh Penerapannya. Cirebon: CV. Confident, 2021.

H. H. Dewi, S. M. Damio, and S. Sukarno, “Item analysis of reading comprehension questions for English proficiency test using Rasch model,” REID (Research Eval. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 24–36, 2023, doi: 10.21831/reid.v9i1.53514.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Resminingsih, S. E., Susongko, P., & Suriswo, S. (2024). Model Asesmen Profil Pelajar Pancasila Kegiatan Pramuka SMP Negeri 2 Randudongkal. Journal of Education Research, 5(3), 3700–3707. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1466

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>