Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Peserta Didik SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1441Keywords:
Instrumen Penilaian, Literasi Membaca, Pembelajaran Bahasa JawaAbstract
Kegiatan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa membutuhkan sebuah penilaian standar yang dapat mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP, mendeskripsikan desain pengembangan instrumen, serta memvalidasi instrumen. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tipe Formative Research Tessmer. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa SMP di Kabupaten Tegal dengan sampel sebanyak 273 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP dibutuhkan untuk menjadi sebuah tes standar dalam mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Desain pengembangan melalui 4 tahapan yaitu preliminary, self evaluation, formative evalution (prototyping), dan field test. Instrumen penilaian tersebut sudah memenuhi validitas sehingga layak dipakai menjadi butir tes yang mengukur kemampuan literasi membaca yang mengacu capaian asesmen literasi membaca berdasarkan PISA. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan pengajar dalam menciptakan butir-butir tes yang mengacu pada capaian literasi peserta didik, serta untuk peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian pengembangan instrumen penilaian literasi lainnya.
Downloads
References
Baddu, Nur Rahma. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makasar
Baddu, Nur Rahma. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makasar
Chairunnisa. 2017. Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Tuturan, Vol. 6, No. 1, Januari 2017: 745-756 ISSN 2089-2616
Cox, Carole dan James Zarrillo. 1993. Teaching Reading with Children’s Literature. New York: Macmillan Publishing Company.
Djaali dan Muljono, Pudji. 2020. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadisaputra, dkk. (2020). Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. ProsidingSAINTEK,3(0),94–102.http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php.
Jasmine, dkk. Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science Vol. 01, No. 06, Juni, pp. 372 ~ 378
Kartikasari, A. dan Widjajanti, D. B. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IX SMP. Jurnal (Online). Diakses dari seminar.uny.ac.id.
Kasmadi dan Nia Sri Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Kasturi, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Berorientasi Penerapan HOTS Pada Materi Kesebangunan Kelas IX. Jurnal Pancaran Pendidikan, (Online),Vol. 4(1),11- 35.
Kemendikbudristek. 2023. Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Nalendra, dkk. 2021. Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Nalendra, dkk. 2021. Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Navel. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (Online). Diakses dari https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian- pengembangan-development-research
Nopriyanti, T.D. 2015. Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding, Universitas PGRI Palembang
OECD. 2019. Frame Work Programme International Students Assessment. Paris: OECD
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikian. Jakarta: Bumi Aksara
Susongko, Purwo. 2019. Model Asesmen Literasi Sains Siswa Berbasis Ipa Terpadu Dengan Pemodelan Rasch Untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan Sma Program Matematika Dan Ilmu Alam (MIPA). Universitas Pancasakti Tegal
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Prabingesti Anggarsika, Tri Mulyono, Sutji Muljani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).