Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Peserta Didik SMP

Authors

  • Prabingesti Anggarsika Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Tri Mulyono Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sutji Muljani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1441

Keywords:

Instrumen Penilaian, Literasi Membaca, Pembelajaran Bahasa Jawa

Abstract

Kegiatan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa membutuhkan sebuah penilaian standar yang dapat mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP, mendeskripsikan desain pengembangan instrumen, serta memvalidasi instrumen. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan tipe Formative Research Tessmer. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa SMP di Kabupaten Tegal dengan sampel sebanyak 273 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP dibutuhkan untuk menjadi sebuah tes standar dalam mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Desain pengembangan melalui 4 tahapan yaitu preliminary, self evaluation, formative evalution (prototyping), dan field test. Instrumen penilaian tersebut sudah memenuhi validitas sehingga layak dipakai menjadi butir tes yang mengukur kemampuan literasi membaca yang mengacu capaian asesmen literasi membaca berdasarkan PISA. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan pengajar dalam menciptakan butir-butir tes yang mengacu pada capaian literasi peserta didik, serta untuk peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian pengembangan instrumen penilaian literasi lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baddu, Nur Rahma. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makasar

Baddu, Nur Rahma. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang. Universitas Muhammadiyah Makasar

Chairunnisa. 2017. Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Tuturan, Vol. 6, No. 1, Januari 2017: 745-756 ISSN 2089-2616

Cox, Carole dan James Zarrillo. 1993. Teaching Reading with Children’s Literature. New York: Macmillan Publishing Company.

Djaali dan Muljono, Pudji. 2020. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadisaputra, dkk. (2020). Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. ProsidingSAINTEK,3(0),94–102.http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php.

Jasmine, dkk. Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science Vol. 01, No. 06, Juni, pp. 372 ~ 378

Kartikasari, A. dan Widjajanti, D. B. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IX SMP. Jurnal (Online). Diakses dari seminar.uny.ac.id.

Kasmadi dan Nia Sri Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Kasturi, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Berorientasi Penerapan HOTS Pada Materi Kesebangunan Kelas IX. Jurnal Pancaran Pendidikan, (Online),Vol. 4(1),11- 35.

Kemendikbudristek. 2023. Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Nalendra, dkk. 2021. Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Nalendra, dkk. 2021. Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Navel. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (Online). Diakses dari https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian- pengembangan-development-research

Nopriyanti, T.D. 2015. Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding, Universitas PGRI Palembang

OECD. 2019. Frame Work Programme International Students Assessment. Paris: OECD

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikian. Jakarta: Bumi Aksara

Susongko, Purwo. 2019. Model Asesmen Literasi Sains Siswa Berbasis Ipa Terpadu Dengan Pemodelan Rasch Untuk Peningkatan Kompetensi Lulusan Sma Program Matematika Dan Ilmu Alam (MIPA). Universitas Pancasakti Tegal

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Anggarsika, P., Mulyono, T., & Muljani, S. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Peserta Didik SMP. Journal of Education Research, 5(3), 3238–3244. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1441

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>