Penerapan Media Angklung dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA A1

Authors

  • Ivan Rifqi Nugraha Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Suyoto Suyoto Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Siti Ulfiyani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1332

Keywords:

Angklung, Media Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Pemelajar BIPA

Abstract

Optimalisasi pelaksanaan pembelajaran BIPA telah dilakukan sejak tahun dua ribu enam belas melalui berbagai cara, antara lain pengenalan permainan tradisional Indonesia, pemutaran film Indonesia, pengajaran tari daerah Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tidak hanya kemahiran berbahasa Indonesia tetapi juga pemahaman dan apresiasi terhadap budaya Indonesia. Tujuan penelitian ini guna memberikan pendeskripsian media angklung dalam pembelajaran keterampilan berbicara bagi pemelajar BIPA A1. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang dipakai pada mengumpulkan data yakni teknik simak dan teknik catat. Teknik simak yakni sebuah teknik yang dilaksanakan dengan melakukan penyimakan pemakaian metode pembelajaran, yaitu pembelajaran dengan metode handsign melalui permainan musik angklung. Adapaun teknik catat dilakukan dengan cara mencatat bentuk simbol-simbol yang diajarkan oleh pengajar dengan metode handsign pada permainan musik angklung yang akan digunakan oleh peneliti dalam melihat keterampilan berbicara pada pemelajar BIPA A1. Kemudian analisis data kualitatif dilakukan berdasarkan analisis data yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menampilkan yakni metode hand sign yang berbasis visual pada pembelajaran BIPA yakni satu diantara metode pembelajaran BIPA dengan menggunakan pendekatan integratif. Pendekatan integratif bisa jadi alternatif yang tepat dalam pembelajaran BIPA. Dengan metode hand sign yang berbasis simbol dalam pembelajaran angklung, diharapkan pemelajar BIPA khususnya pada tingkat pemula dapat mendeskripsikan simbol-simbol dalam permainan angklung terlebih dahulu yang kemudian nantinya para pemelajar BIPA dapat berargumentasi menggunaan bahasa Indonesia yang baik serta benar secara perlahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asteria, P. V. (2019). Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Kelas Multi-Level BIPA. Jurnal Kode, 8(2), 1–17.

Faiza, F. S., & Erowati, R. (2021). Tingkat Kemampuan Berbicara Pemelajar BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Tingkat Pemula Menggunakan Tes Teks Deskripsi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(2), 19–38.

Houlahan, M., & Tacka, P. (2015). Kodaly Today: A Cognitive Approach to Elementary Musik Education (2nd ed). Oxfrod University Press.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Imaniyah, S., Hidayat, J. N., & Prijambodo, R. F. N. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Pemelajar pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN Marengan Laok 1 Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 47–55.

Istanti, W., Andayani, A., Suwandi, S., & Saddhono, K. (2020). Karakteristik Pembelajar Asing Program DarmaPemelajar: Pengguna Buku Ajar Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA), 3(1), 227–236.

Kariadi, M. T., & Riyanton, M. (2020). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 10(1), 249–261.

Karina, S., Wurianto, A. B., & Prihatini, A. (2023). Penerapan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara BIPA Tingkat A1. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 75–88.

Kemendikbudristek. (2021). Jaringan Penyelenggara Program BIPA. BIPA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://bipa.kemdikbud.go.id/jaga

Kusmiatun, A. (2015). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Penerbit K-Media.

Kusmiatun, A. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Penerbit K-Media.

Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Visual bagi Pebelajar BIPA Pemula di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 86–95.

Maharani, A., Yusuf, C., & Hapsari, T. P. R. N. (2021). Materi Ajar Berbicara Menggunakan Media Audio: Bipa Level 1. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 62–73.

Muliastuti, L. (2017). Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Kelas Multi-Level BIPA. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulistuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Yayasan Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE.

Raharja, C. S. (2023). Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Laos Tahun 2016-2022. Jurnal Pena Wimaya, 3(2).

Rao, P. S. (2019). The Importance of Speaking Skills in English Classrooms. Alford Council of International English & Literature Journal (ACIELJ), 2(2), 6–18.

Rofiuddin, A., Susanto, G., Widyartono, D., Sultan, S., Muzaki, H., & Panich, P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Daring Tingkat Pemula Rendah. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 153–169.

Rost, M. (2014). Teaching and Researching Listening (2nd ed.). Pearson Education Limited.

Septiyan, D. D., Tiyas, W., & Permana, R. (2023). Angklung Sebagai Bahan Pembelajaran di Sekolah dan Masyarakat. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 8(2), 187–197.

Septriani, H. (2021). Pemanfaatan Media Digital G Suite for Education dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh di University of Vienna. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(2), 70–77.

Somantri, A. (2016). Analisis Penggunaan Keigo dalam Lingkungan Kerja pada Film “Kenchou Omotenashi KA.” Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumaludin, M. M. (2022). Angklung Tradisional Sebagai Sumber Belajar Sejarah LokaL. Prabayaksa: Journal of History Education, 2(1), 52–65.

Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., & Fawzi, A. (2017). Teaching Materials and Techniques Needed by Foreign Students in Learning Bahasa Indonesia. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(1), 52–70.

Violensia, I., Susanto, G., & Andajani, K. (2021). Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Tingkat Menengah untuk Pembelajaran BIPA Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(7), 1066–1075.

Yusuf, I. (2021). Capaian Keberhasilan BIPA Tingkatkan Fungsi Bahasa Indonesia di Kancah Dunia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021 /09/capaian-keberhasilan-bipa-tingkatkan-fungsi-bahasa-indonesia-di-kancah-dunia

Zulfikar, A. (2015). Bahasa Indonesia sebagai Embrio Bahasa ASEAN. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiah Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Nugraha, I. R., Suyoto, S., & Ulfiyani, S. (2024). Penerapan Media Angklung dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA A1. Journal of Education Research, 5(3), 2978–2986. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1332

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)