Metode Double Movement sebagai Inovasi Fazlur Rahman dalam Pembaharuan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1303Keywords:
Memahami Ayat Al-Qur’an, Inovasi Fazlur Rahman, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan merupakan hal sangat esensial dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan Islam pada konteks modern masih mengalami beberapa persoalan. Tokoh yang berperan dalam memberikan solusi pembaharuan pendidikan yaitu Fazlurrahman, beliau merancang metode yang disebut dengan metode double movement. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran fazlurrahman tentang metode double movement. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mencari dan menggali informasi dalam literature lainnya. Fazlurrahman merupakan seorang tokoh yang berpengaruh dalam pembaharuan pendidikan islam. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh fazlurrahman dalam melakukan pembaharuan pendidikan islam ialah merubah cara menghafal al- qur’an yang biasanya hanya menghafal dan mengulang dirubah menjadi menganalisis. Menganalisis makna al-qur’an bisa meenggunakan metode double movement yang dimaksud dengan dua gerakan ganda yaitu memahami ayat al-qur’an lebih mendalam secara sosial historisnya.
Downloads
References
Assegaf, & Abdurrahman. (2013). AliranPemikiran Pendidikan Islam Hadarah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. PT. Raja Grafindo Persada.
Burhanuddin. (2019). Poligami Perspektif Hermeneutika Fazlur Rahman. Jurnal As-Sabiqun: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 86.
Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 71.
Megawati. (n.d.). No Title. Tesis: Riba Menurut Ulama Klasik Dan Kontemporer, Institut PTIQ, Jakarta, 2020, h. 56.
Mu’min. (2014). Pemikiran Hukum Tata Negara Fazlur Rahman. Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 5(2).
Muhammad Fazlurrahman. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahman. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1).
Muyasarah, H. (2021). Perempuan dalam Isue Poligami dan Kewarisan (Pendekatan Metode Double Movement Fazlur Rahman). AlMunqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 9(2), 164.
Nata, A. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat. Rajawali Pers.
Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Al – Fikri : Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 35.
Rahmi, & Novrizal. (2019). Double Movements dalam Tafsir Al-Mishbah. Al-Bayan: Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 137.
Riza Taufiqi. (2020). Riba Dalam Al Qur’an (Studi Pemikiran Fazlur Rahman & Abdulla Saeed). Jurnal Muslim Heritage, 5(1), 69.
Rosia, R. (2020). as Riba dan Bunga Bank: Perspektif Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman. AnNisbah: Jurnal Ekonomi Syariah., 7(2), 412.
Ryzka Dwi Kurnia. (n.d.). Pemikiran Fazlur Rahman Mengenai Politik Islam. POLITICA: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 8(2), 16.
Saihu. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 84.
Sulkifli, & Nurul. (2023). Kontribusi Metode Double Movement Fazlur Rahman Terhadap Penafsiran Al Qur’an. Tafsere, 11(1), 70.
Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya.
Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Jurnal of Islamic Education (JIE), 4(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nadhila Mastura, Anggi Maharani Agustina, Eva Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).