Metode Double Movement sebagai Inovasi Fazlur Rahman dalam Pembaharuan Pendidikan Islam

Authors

  • Nadhila Mastura Pendidikan Agama Islam, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Anggi Maharani Agustina Pendidikan Agama Islam, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Eva Dewi Pendidikan Agama Islam, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1303

Keywords:

Memahami Ayat Al-Qur’an, Inovasi Fazlur Rahman, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan merupakan hal sangat esensial dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan Islam pada konteks modern masih mengalami beberapa persoalan. Tokoh yang berperan dalam memberikan solusi pembaharuan pendidikan yaitu Fazlurrahman, beliau merancang metode yang disebut dengan metode double movement.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran fazlurrahman tentang metode double movement. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mencari dan menggali informasi dalam literature lainnya. Fazlurrahman merupakan seorang tokoh yang berpengaruh dalam pembaharuan pendidikan islam. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh fazlurrahman dalam melakukan pembaharuan pendidikan islam ialah merubah cara menghafal al- qur’an yang biasanya hanya menghafal dan mengulang dirubah menjadi menganalisis. Menganalisis makna al-qur’an bisa meenggunakan metode double movement yang dimaksud dengan dua gerakan ganda yaitu memahami ayat al-qur’an lebih mendalam secara sosial historisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assegaf, & Abdurrahman. (2013). AliranPemikiran Pendidikan Islam Hadarah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. PT. Raja Grafindo Persada.

Burhanuddin. (2019). Poligami Perspektif Hermeneutika Fazlur Rahman. Jurnal As-Sabiqun: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 86.

Fathonah, P. (2018). Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 71.

Megawati. (n.d.). No Title. Tesis: Riba Menurut Ulama Klasik Dan Kontemporer, Institut PTIQ, Jakarta, 2020, h. 56.

Mu’min. (2014). Pemikiran Hukum Tata Negara Fazlur Rahman. Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 5(2).

Muhammad Fazlurrahman. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahman. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1).

Muyasarah, H. (2021). Perempuan dalam Isue Poligami dan Kewarisan (Pendekatan Metode Double Movement Fazlur Rahman). AlMunqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 9(2), 164.

Nata, A. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam Dan Barat. Rajawali Pers.

Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Al – Fikri : Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 35.

Rahmi, & Novrizal. (2019). Double Movements dalam Tafsir Al-Mishbah. Al-Bayan: Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 137.

Riza Taufiqi. (2020). Riba Dalam Al Qur’an (Studi Pemikiran Fazlur Rahman & Abdulla Saeed). Jurnal Muslim Heritage, 5(1), 69.

Rosia, R. (2020). as Riba dan Bunga Bank: Perspektif Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman. AnNisbah: Jurnal Ekonomi Syariah., 7(2), 412.

Ryzka Dwi Kurnia. (n.d.). Pemikiran Fazlur Rahman Mengenai Politik Islam. POLITICA: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 8(2), 16.

Saihu. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 84.

Sulkifli, & Nurul. (2023). Kontribusi Metode Double Movement Fazlur Rahman Terhadap Penafsiran Al Qur’an. Tafsere, 11(1), 70.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya.

Yumnah, S. (2019). Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam. Jurnal of Islamic Education (JIE), 4(1).

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Mastura, N., Agustina, A. M., & Dewi, E. (2024). Metode Double Movement sebagai Inovasi Fazlur Rahman dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 5(3), 4011–4019. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1303

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check