Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pembekalan Praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Membentuk Jiwa Entrepreneurship (Studi Kasus: Mahasiswa UPI YPTK Padang)

Authors

  • Harmelia Harmelia Akuntansi, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang , Indonesia
  • Yonna Anggayu Putri Akuntansi, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang , Indonesia
  • Mutia Seplinda Manajemen, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1195

Keywords:

Mata Kuliah Kewirausahaan, Praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN), Jiwa Entrepreneurship

Abstract

Mata kuliah kewirausahaan merupakan modal awal yang diberikan kepada mahasiswa sebelum mereka terjun pada dunia kerja atau dunia usaha,  sedangkan praktek kuliah kerja nyata sendiri merupakan pengaplikasiaan ilmu tersebut pada dunia kerja/ usaha. Membangun jiwa enterprenuership pada diri mahasiswa merupakan bagian yang diperlukan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mata kuliah kewirausahaan dan pembekalan praktek kuliah kerja nyata dalam membentuk jiwa entrepreneurship bagi mahasiswa UPI YPTK Padang. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah mendeskripsikan, meneliti, dan menjelaskan sesuatu yang dipelajari apa adanya, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang dapat diamati dengan menggunakan angka-angka. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa UPI YPTK yang telah menyelesaikan mata kuliah kewirausahaan dan praktek kuliah kerja nyata (KKN). Variabel mata kuliah kewirausahaan kategori cukup baik. Hasil tabulasi data menunjukkan bahwa peranan pendidikan kewirausahaan dalam membentuk jiwa entrepreneurship berpengaruh kepada mahasiswa variabel praktek kuliah kerja nyata dengan kategori cukup baik. Hasil tabulasi data menunjukkan bahwa peranan praktek kuliah kerja nyata dalam membentuk jiwa entrepreneurship berpengaruh kepada mahasiswa. Mata kuliah kewiraushaan dan praktek kerja nyata memiliki korelasi yang cukup baik sekitarbagi para mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurnya. membangun jiwa entrepreneurship pada mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pendidikan kewirausahaan yang telah diperoleh oleh mahasiswa dan pengalaman saat mengikuti praktek kerja lapangan dan faktor yang mendukung lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawan, M. C. (2017). Dampak Mata Kuliah Praktek Kewirausahaan Terhadap Motivasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Untuk Berwirausaha.

Dinata, P., Citriadin, Y., & Badrun, B. (2023). Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Al-Karimiyyah Bodak Barat Lombok Tengah. MANAZHIM, 5(2), 790–816. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3487

Fatonah Npm, S., & Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, J. (n.d.). Skripsi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Praktik Berwirausaha Mahasiswa Prodi Pai Iain Metro.

Irwansyah, M. R. L. endah. (2018). Menguji Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Pembentukan Jiwa Wirausaha di Kalangan Mahasiswa. International Journal of Social Science and Business., 4.

Jaryono, T. M. Rosyid. N. L. (2022). Analisis Dampak Kkn Mbkm Bagi Kemandirian Dan Jiwa Wirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Implementasi Kkn Mbkm Pada Program Studi Pendidikan EkonomI FEB UNSOED). International Journal of Social Science and Business.

Nursita, L. (2021). Dampak Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 83. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.401

Rafiq, M. (2014). Dampak Implementasi Praktek Kerja Dan Pengabdian Masyarakat Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha (Vol. 35142, Issue 93).

Rimadani, F., Murniawaty, I., Artikel, I., & Artikel, S. (2018). Economic Education Analysis Journal Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Business Center Dan Kreativitas Siswa Terhadap Jiwa Berwirausaha Siswa. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Sonita, E. (2020). Era Sonita Integritas Pendidikan Kewirausahaan dalam Mewujudkan Muslim Entrepreneurship Integritas Pendidikan Kewirausahaan dalam Mewujudkan Muslim Entrepreneurship (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Bukittinggi). https://ojs.fkipummy.ac.id/index.php/jusie

Tahir, S. (2023). Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Siswa Smk Negeri Di Kota Makassar. www.pusdiknas.or.id

Tri Atmaja, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Aktivitas Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Wardhani, P. S. N., & Nastiti, D. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 177–191. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i2.2622

Widya Wijayanti, R., Widya Rahayu Ning Tyas, Z., & Hikmawati, H. (n.d.). Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman Pengembangan Program Edupreneurship dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. 14(1), 14–29. https://doi.org/10.33367/ji.v13i3.5200

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Harmelia, H., Putri, Y. A., & Seplinda, M. (2024). Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pembekalan Praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam Membentuk Jiwa Entrepreneurship (Studi Kasus: Mahasiswa UPI YPTK Padang). Journal of Education Research, 5(2), 2247–2251. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1195

Issue

Section

Articles

Citation Check