Pengimplementasian Media Circle Maze untuk Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1148Keywords:
Circle Maze, Problem Solving, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh media circle maze dalam menstimulasi kemampuan problem solving anak usia dini di TK Rizani Putra. Penelitian ini lakukan melalui metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah dua belas siswa kelompok B TK Rizani Putra. Hasil pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini menunjukkan bahwa media circle maze terbukti efektif dalam menstimulasi kemampuan problem solving anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam menyelesaikan permainan maze dengan urutan yang benar. Media circle maze memiliki beberapa kelebihan, yaitu menarik perhatian anak, mudah dimainkan, serta bermanfaat untuk melatih konsentrasi, koordinasi tangan dan mata, dan motorik halus. Penelitian ini memberikan kontribusi langsung bagi sekolah terkait dengan upaya menciptakan media circle maze untuk menstimulasi kemampuan problem solving anak usia dini.
Downloads
References
Abd Latif, N., Sumual, H., & Olii, D. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemodelan Perangkat Lunak Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 376.
Anggraini, Wika, Muhammad Nasirun, and Yulidesni. 2020. “Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B.” Jurnal Ilmiah Potensia5(1):31–39.
Deo, MG, Bhara, MAK, Mamo, Y., & Nafsia, A. (2023). Pendampingan Penggunaan Media Maze Dalam Mengenal Angka Di Tkk St. Gabriel Mangulewa. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan , 1 (4), 202.
Dianmarta, A., & Sulthoni, S. (2018). Media Maze Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 3(1), 1-4.
Istiana, Y. (2017). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90-91.
Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 318.
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 40.
Priyanto, A. (2014). pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (2).44.
Ramawati, M. T., & Komalasari, D. (2023). Penggunaan Permainan Maze Magnet Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usai 5-6 Tahun. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 7(1), 91.
Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini melalui Bermain Puzzle pada PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 7 (6), 7914.
Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1210.
Sari, P., Sawitri, D., Mukti, S. T., Siregar, M., Hasni, U., & Amanda, R. S. (2024). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Membaca Permulaan Anak. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 31.
Soleha, A. M. A., Yasbiati, Y., & Muslihin, H. Y. (2020). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Maze Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 177.
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 77-78.
Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini,1, 3.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 167.
Yuniasih, Y., Loita, A., & Aprily, N. M. (2023). Permainan Maze dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 65.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 85.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Desy Dwi Rahmawati, Angeli Dinda Saputri, Mazura Mazura, Reni Septiana, Winda Sherly Utami, Rizki Surya Amanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).