Model Pembelajaran Among untuk Membangun Karakter Kerja Keras

Authors

  • Aji Iksa Prasida Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia
  • Kartika Septianingrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia
  • Miratu Chaeroh Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1146

Keywords:

Implementasi, Among, Karakter, Kerja Keras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Model Pembelajaran Among dalam membentuk karakter kerja keras. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru kelas enam, kepala sekolah, dan siswa. Analisis data menggunakan pendekatan induktif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan melalui pelatihan dan penyusunan modul ajar yang memasukkan Model Pembelajaran Among. Pelaksanaan pembelajaran menekankan fleksibilitas dan prinsip asah, asih, asuh. Hambatan yang dihadapi termasuk kesulitan guru dalam beradaptasi dengan model baru dan mengarahkan siswa yang berbicara terlalu banyak. Solusi yang diajukan termasuk kesabaran, ketelatenan, konsistensi guru, dan memberikan penjelasan yang berkelanjutan kepada siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman implementasi Model Pembelajaran Among dalam membentuk karakter siswa, serta menawarkan solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yoyakarta: Cv Budi Utama.

Erwan , A. P., & Dyah, R. S. (2012). Implementasi Kebijakan Publik Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia . Yogyakarta: Gava Mediadar.

Hamalik, & Oemar. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.

Kholilah, Pratiwi, M. R., Wahyuni , S., Yolviansyah , F., & Wicaksono, L. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Terhadap Mata. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17, 11-19.

Mardikari, S., & Suwarjo. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 261-274.

Maulana, Djuanda, D., Hnifah , N., Sujana, A., Gusrayani, D., Aeni, A., . . . Lichteria, R. (2015). Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Sumedang: Upi Sumedang Press.

Mayasari, D., Asnawi, Juliati, & Sukirno. (2019). Analisis Penanaman Nilai Karakter Toleransi Melalui Kearifan Lokal Masyarakat Aceh Di Sd Negeri 6 Langsa. Journal Of Basic Education Studies, 2, 1-10

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Orbiyanto, T. L., Chairiyah, C., Nadziroh, N., & Pratomo, W. (2023). Implementasi Sistem Among dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang.

Rahardjo, S. (2012). Ki Hajar Dewantara: Biografi Singkat 1889-1959. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Sari, S. A. A. P., & Arifin, B. (2021). Sistem Among dalam Membentuk Karakter pada Siswa. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 125-136.

Utami, N. R. R. (2019). Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas 3 semester 1 kurikulum 2013 (edisi revisi 2018) (Diploma thesis). Universitas Negeri Malang

Winarni , E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,Ptk,R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. (2017). Ki Hajar Dewantara Pemikiran Dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.

Wulandari , Y., & Kristiyawan , M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2, 290-303.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Prasida, A. I., Septianingrum, K., & Chaeroh, M. (2024). Model Pembelajaran Among untuk Membangun Karakter Kerja Keras . Journal of Education Research, 5(2), 2044–2049. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1146

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check