Model Pembelajaran Among untuk Membangun Karakter Kerja Keras
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1146Keywords:
Implementasi, Among, Karakter, Kerja KerasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Model Pembelajaran Among dalam membentuk karakter kerja keras. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru kelas enam, kepala sekolah, dan siswa. Analisis data menggunakan pendekatan induktif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan melalui pelatihan dan penyusunan modul ajar yang memasukkan Model Pembelajaran Among. Pelaksanaan pembelajaran menekankan fleksibilitas dan prinsip asah, asih, asuh. Hambatan yang dihadapi termasuk kesulitan guru dalam beradaptasi dengan model baru dan mengarahkan siswa yang berbicara terlalu banyak. Solusi yang diajukan termasuk kesabaran, ketelatenan, konsistensi guru, dan memberikan penjelasan yang berkelanjutan kepada siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman implementasi Model Pembelajaran Among dalam membentuk karakter siswa, serta menawarkan solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran
Downloads
References
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yoyakarta: Cv Budi Utama.
Erwan , A. P., & Dyah, R. S. (2012). Implementasi Kebijakan Publik Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia . Yogyakarta: Gava Mediadar.
Hamalik, & Oemar. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.
Kholilah, Pratiwi, M. R., Wahyuni , S., Yolviansyah , F., & Wicaksono, L. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Terhadap Mata. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17, 11-19.
Mardikari, S., & Suwarjo. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 261-274.
Maulana, Djuanda, D., Hnifah , N., Sujana, A., Gusrayani, D., Aeni, A., . . . Lichteria, R. (2015). Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Sumedang: Upi Sumedang Press.
Mayasari, D., Asnawi, Juliati, & Sukirno. (2019). Analisis Penanaman Nilai Karakter Toleransi Melalui Kearifan Lokal Masyarakat Aceh Di Sd Negeri 6 Langsa. Journal Of Basic Education Studies, 2, 1-10
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Orbiyanto, T. L., Chairiyah, C., Nadziroh, N., & Pratomo, W. (2023). Implementasi Sistem Among dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang.
Rahardjo, S. (2012). Ki Hajar Dewantara: Biografi Singkat 1889-1959. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.
Sari, S. A. A. P., & Arifin, B. (2021). Sistem Among dalam Membentuk Karakter pada Siswa. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 125-136.
Utami, N. R. R. (2019). Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas 3 semester 1 kurikulum 2013 (edisi revisi 2018) (Diploma thesis). Universitas Negeri Malang
Winarni , E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,Ptk,R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. (2017). Ki Hajar Dewantara Pemikiran Dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.
Wulandari , Y., & Kristiyawan , M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2, 290-303.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Aji Iksa Prasida, Kartika Septianingrum, Miratu Chairoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).