Hubungan Manajemen Mutu terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1129Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen mutu dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Korelasi Rank Sperman digunakan dalam mencari hubungan atau untuk menguji signifikansi hipotesis asosiatif, sebelum melakukan uji korelasi rank sperman terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji relibilitas kusioner/angket yang merupakan instrument dari penelitian ini. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua guru yang ada di SD Inpres Fatufeto dua Kupang yang berjumlah dua puluh orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara manajemen mutu dan kinerja guru. Sehingga dapat disimpulkan manajemen mutu yang ada di SD Inpres Fatufeto dua Kupang sangat berpengaruh dan memiliki hubungan yang erat terhadap kinerja para guru.
Downloads
References
Abdul Kadir Ahmad, (2022). Penguatan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Selama Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(7), 1695-1706.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237–241. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.658
Bete, M. N. (2023). PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING DI SMA NEGERI SASITAMEAN KECAMATAN SASITAMEAN KABUPATEN MALAKA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8.
Bunga, K. W., Laksana, D. N. L., & Kaka, P. W. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN SUMBER BELAJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 248–255. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.660
Damin, Sudarwan. (2011) Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588
Farichah, N. (2022). Pengaruh Manajemen Mutu Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 3 (1). 11-20.
Firdaus, E., Purba, R. A., Kato, I., Purba, S., Aswan, N., Karwanto, K., & Chamidah, D. (2021). Manajemen mutu pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Jayanti, M. A., & Pertiwi, K. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan analisis dan rasa ingin tahu siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23178
Jelita, F. N., & Ferdian, A. (2019). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 5(1), 56-71.
Lase, D. R., Iriani, A., & Waruwu, M. (2023). Implementasi Appreciative Inquiry dalam Perencanaan Strategis untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(2), 168. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.44318
Mastuti, N. P. (2020). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Terhadap Kinerja Guru di MTs Al-Ittihadiyah Rumbai Pekanbaru. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 8(1), 4-84.
Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Muhsam, J., Widiastuti, I., & Cakranegara, P. A. (2021). Hubungan Antara Respon Siswa Dalam Pembelajaran Atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 263. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.263-272.2021
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Nurkholiq, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Manajemen Mutu Dalam Mewujudkan Kinerja Guru (Penelitian di MTs se-Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut). Khazanah Akademia, 4(02), 68-75.
Permatasari, A. C., Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Roswirman, R., & Elazhari, E. (2021). Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(4), 316-333.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36.
Utami*, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802
Widiastuti, I., Muhsam, J., & Cakranegara, P. A. (2021). Analisis Pentingnya Pembangunan Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Muhammadiyah Surakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 255. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.255-262.2021
Winata, A., Cacik, S., & R. W., I. S. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS MAHASISWA PADA KONSEP IPA. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.291
Yandri, H. (2014). PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI SEKOLAH. Jurnal Pelangi, 7(1). https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Laura V Kapitan, Samuel Igo Leton, Philipus Tule, Vincent Gaspersz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).