Hubungan Manajemen Mutu terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Laura V Kapitan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Samuel Igo Leton Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Philipus Tule Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Vincent Gaspersz Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen mutu dan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Korelasi Rank Sperman digunakan dalam mencari hubungan atau untuk menguji signifikansi hipotesis asosiatif, sebelum melakukan uji korelasi rank sperman terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji relibilitas kusioner/angket yang merupakan instrument dari penelitian ini. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semua guru yang ada di SD Inpres Fatufeto dua Kupang yang berjumlah dua puluh orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara manajemen mutu dan kinerja guru. Sehingga dapat disimpulkan manajemen mutu yang ada di SD Inpres Fatufeto dua Kupang sangat berpengaruh dan memiliki hubungan yang erat terhadap kinerja para guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir Ahmad, (2022). Penguatan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Selama Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(7), 1695-1706.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237–241. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.658

Bete, M. N. (2023). PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING DI SMA NEGERI SASITAMEAN KECAMATAN SASITAMEAN KABUPATEN MALAKA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8.

Bunga, K. W., Laksana, D. N. L., & Kaka, P. W. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN SUMBER BELAJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 248–255. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i1.660

Damin, Sudarwan. (2011) Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.

Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588

Farichah, N. (2022). Pengaruh Manajemen Mutu Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 3 (1). 11-20.

Firdaus, E., Purba, R. A., Kato, I., Purba, S., Aswan, N., Karwanto, K., & Chamidah, D. (2021). Manajemen mutu pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Jayanti, M. A., & Pertiwi, K. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan analisis dan rasa ingin tahu siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23178

Jelita, F. N., & Ferdian, A. (2019). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 5(1), 56-71.

Lase, D. R., Iriani, A., & Waruwu, M. (2023). Implementasi Appreciative Inquiry dalam Perencanaan Strategis untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(2), 168. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.44318

Mastuti, N. P. (2020). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Terhadap Kinerja Guru di MTs Al-Ittihadiyah Rumbai Pekanbaru. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 8(1), 4-84.

Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Muhsam, J., Widiastuti, I., & Cakranegara, P. A. (2021). Hubungan Antara Respon Siswa Dalam Pembelajaran Atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 263. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.263-272.2021

Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Nurkholiq, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Manajemen Mutu Dalam Mewujudkan Kinerja Guru (Penelitian di MTs se-Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut). Khazanah Akademia, 4(02), 68-75.

Permatasari, A. C., Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Roswirman, R., & Elazhari, E. (2021). Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(4), 316-333.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36.

Utami*, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 380–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802

Widiastuti, I., Muhsam, J., & Cakranegara, P. A. (2021). Analisis Pentingnya Pembangunan Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Muhammadiyah Surakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 255. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.255-262.2021

Winata, A., Cacik, S., & R. W., I. S. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS MAHASISWA PADA KONSEP IPA. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.291

Yandri, H. (2014). PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI SEKOLAH. Jurnal Pelangi, 7(1). https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Kapitan, L. V., Leton, S. I., Tule, P., & Gaspersz, V. (2024). Hubungan Manajemen Mutu terhadap Kinerja Guru . Journal of Education Research, 5(2), 2346–2352. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1129

Issue

Section

Articles

Categories