Peran Guru PPkn dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa pada SMPIT Ar Ridwan Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.1100Keywords:
Peran Guru, Disiplin belajar, Keteladanan, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini difokuskan pada upaya untuk menggambarkan kontribusi guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai langkah membina kedisiplinan akademik siswa SMPIT Ar-Ridwan, Kota Bekasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa pengamatan langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru PPKn memainkan peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan melalui teladan sikap, penerapan kosekuensi terhadap pelanggaran, serta membangun interaksi yang konstruktif dengan peserta didik. Keteladanan yang konsisten antara ucapan dan tindakan guru terbukti mampu mempengaruhi perilaku siswa secara positif. Proses internalisasi disiplin juga dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua serta lingkungan sosial siswa. Dengan demikian, keberadaan guru PPKn tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembina karakter yang berperan penting dalam menciptakan iklim belajar yang tertib dan beretika.
Downloads
References
Fauziddin, M., & Ningrum, M. A. (2024). Symantic Literature Review : Manfaat Artificial Intelligence ( AI ) pada Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1475–1488. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6236
Jusmin, Simatupang, E., Paramita, R. A., & Lestari. (2023). Manajemen Bank Sampah Sebagai Upaya untuk Memperkuat Karakter Civic Ekologis dan Peduli Lingkungan. Jurnal Citizen Education, 5(1), 1–7.
Nakhe, F. (2024). Analisis Peran Guru Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Di Smp Negeri 1 Toma Kabupaten Nias Selatan. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/faguru/article/view/1294
Nurhidayah, N., Haslan, M., & Zubair, M. (2019). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Disiplin (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 165–173. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.99
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Pratiwi, N., & Sugito, S. (2021). Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1408–1415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1784
Purwanto, D. I., Saputri, E. D., & Khoirotunnisa, A. U. (2020). Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas Viii Di Mts Hidayatul Athafal Kalirejo Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 1(1), 1–8.
Putri, R. R., & Jamilah, J. (2019). Pola Pembimbingan Guru PKN Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik. Journal Civics & Social Studies, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.31980/2655-7304.v3i1.591
Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas Xi Sman 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 37–46. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.620
Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258
Yuhasnil, Y., & Agusmardi, Y. (2021). Peranan Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Studi Kasus pada Siswa yang Bermasalah. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2387
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Muhamad Syeapul Bahri, Tridays Repelita, Yudi Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).