Peran Guru PPkn dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa pada SMPIT Ar Ridwan Kota Bekasi

Authors

  • Muhamad Syeapul Bahri Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang  Indonesia
  • Tridays Repelita Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang  Indonesia
  • Yudi Firmansyah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang  Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.1100

Keywords:

Peran Guru, Disiplin belajar, Keteladanan, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada upaya untuk menggambarkan kontribusi guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai langkah membina kedisiplinan akademik siswa SMPIT Ar-Ridwan, Kota Bekasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa pengamatan langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru PPKn memainkan peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan melalui teladan sikap, penerapan kosekuensi terhadap pelanggaran, serta membangun interaksi yang konstruktif dengan peserta didik. Keteladanan yang konsisten antara ucapan dan tindakan guru terbukti mampu mempengaruhi perilaku siswa secara positif. Proses internalisasi disiplin juga dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua serta lingkungan sosial siswa. Dengan demikian, keberadaan guru PPKn tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembina karakter yang berperan penting dalam menciptakan iklim belajar yang tertib dan beretika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziddin, M., & Ningrum, M. A. (2024). Symantic Literature Review : Manfaat Artificial Intelligence ( AI ) pada Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1475–1488. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6236

Jusmin, Simatupang, E., Paramita, R. A., & Lestari. (2023). Manajemen Bank Sampah Sebagai Upaya untuk Memperkuat Karakter Civic Ekologis dan Peduli Lingkungan. Jurnal Citizen Education, 5(1), 1–7.

Nakhe, F. (2024). Analisis Peran Guru Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Di Smp Negeri 1 Toma Kabupaten Nias Selatan. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/faguru/article/view/1294

Nurhidayah, N., Haslan, M., & Zubair, M. (2019). Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Disiplin (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 165–173. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.99

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pratiwi, N., & Sugito, S. (2021). Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1408–1415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1784

Purwanto, D. I., Saputri, E. D., & Khoirotunnisa, A. U. (2020). Peran Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pada Siswa Kelas Viii Di Mts Hidayatul Athafal Kalirejo Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 1(1), 1–8.

Putri, R. R., & Jamilah, J. (2019). Pola Pembimbingan Guru PKN Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik. Journal Civics & Social Studies, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.31980/2655-7304.v3i1.591

Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Sikap Disiplin Pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas Xi Sman 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 37–46. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.620

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258

Yuhasnil, Y., & Agusmardi, Y. (2021). Peranan Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Studi Kasus pada Siswa yang Bermasalah. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2387

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Bahri, M. S., Repelita, T., & Firmansyah, Y. (2025). Peran Guru PPkn dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa pada SMPIT Ar Ridwan Kota Bekasi. Journal of Education Research, 6(4), 961–966. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.1100

Issue

Section

Articles

Categories