Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kualitas SDM Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.110Abstract
Tahun dua ribu dua puluh, Indonesia digemparkan fenomena Pandemi Covid sembilan belas. Hal tersebut menyebabkan perubahan tatanan aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. Fenomena tersebut membuat peralihan sistem pembelajaran di Indonesia yang awalnya pembelajaran berbasis tatap muka menjadi pembelajaran daring. Setiap perubahan suatu sistem pasti memiliki dampak yang ditimbulkan, seperti kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. SDM yang berkualitas hanya bisa didapatkan dengan adanya pendidikan yang bermutu mutu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring tersebut terhadap kualitas SDM siswa di MAN tiga Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa MAN tiga Kediri dengan sampel penelitian perwakilan kelas XII MIPA MAN tiga Kediri angkatan dua ribu dua puluh tiga dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi dokumen, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di MAN tiga Kediri memiliki dampak negatif yang cukup signifikan terhadap empat tolak ukur kualitas SDM, yakni produktivitas, sikap dan perilaku, komunikasi, dan hubungan.
Downloads
References
Aji, Canggah Prasetyo, Tika Dedy Prastyo & Dwi Rahayu. (2018). Analisis Pemanfataan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring di SMKN Ngadirejo. Repositori STIKIP PGRI Pacitan, 1-7.
Ardiansyah, Abdul Aziz & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah. Indonesia Journal of Educational research and Review, 3 (1), 47-56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Atika, Kina & Nisa' Ulul Mafra. (2020). Pengaruh Sumber daya Manusia dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.PIN (Persero) Pelaksanaan Bukti Tanjung Enim. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17 (4), 355-366. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5098
Chusna, Nuke L. (2019). Pembelajaran E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 113-117. http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36
Kurniawati, Fitriah Nur Auliah. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academi of Educational Journal, 13 (1), 1-13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Mariyani & Andarusni Alfansyur. (2021). Pendidikan Indonesia dan Kesiapannya Bonus Demografi. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian dan Praktik Pendidikan PKN, 8 (2), 98-104.
Rahmadani & Siti Qomariah. (2022). Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Dengan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9 (2), 108-117. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4272
Setyoningrum, Dwi Utami & Dr. Retno Sunu Astuti. (2021). Menyiapkan Sumber Daya Manusia Unggul melalui Upaya Pemanfaatan Bonus Demografi Indonesia (Dalam Rangka Menghadapi Tantangan penyelenggaraan Pemerintahan Era 4.0). Prosiding Simposium Nasional, 1292-1314. https://doi.org/10.22219/PSNIP.Vol0.No0.III|1291-1319.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rahma Krisnawati, Akbar Ilmiawan Syahputra, Faj'rina Diva Luthfiyyah, Ucik Nurmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).