Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kualitas SDM Siswa

Authors

  • Rahma Krisnawati Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Akbar Ilmiawan Syahputra Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Faj'rina Diva Luthfiyyah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia
  • Ucik Nurmawati Bahasa Indonesia, Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.110

Abstract

Tahun dua ribu dua puluh, Indonesia digemparkan fenomena Pandemi Covid sembilan belas. Hal tersebut menyebabkan perubahan tatanan aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. Fenomena tersebut membuat peralihan sistem pembelajaran di Indonesia yang awalnya pembelajaran berbasis tatap muka menjadi pembelajaran daring. Setiap perubahan suatu sistem pasti memiliki dampak yang ditimbulkan, seperti kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. SDM yang berkualitas hanya bisa didapatkan dengan adanya pendidikan yang bermutu mutu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak  pembelajaran daring tersebut terhadap kualitas SDM siswa di MAN tiga Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa MAN tiga Kediri dengan sampel penelitian perwakilan kelas XII MIPA MAN tiga Kediri angkatan dua ribu dua puluh tiga dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi dokumen, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di MAN tiga Kediri memiliki dampak negatif yang cukup signifikan terhadap empat tolak ukur kualitas SDM, yakni  produktivitas, sikap dan perilaku, komunikasi, dan hubungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Canggah Prasetyo, Tika Dedy Prastyo & Dwi Rahayu. (2018). Analisis Pemanfataan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring di SMKN Ngadirejo. Repositori STIKIP PGRI Pacitan, 1-7.

Ardiansyah, Abdul Aziz & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah. Indonesia Journal of Educational research and Review, 3 (1), 47-56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Atika, Kina & Nisa' Ulul Mafra. (2020). Pengaruh Sumber daya Manusia dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.PIN (Persero) Pelaksanaan Bukti Tanjung Enim. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17 (4), 355-366. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5098

Chusna, Nuke L. (2019). Pembelajaran E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 113-117. http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36

Kurniawati, Fitriah Nur Auliah. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academi of Educational Journal, 13 (1), 1-13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Mariyani & Andarusni Alfansyur. (2021). Pendidikan Indonesia dan Kesiapannya Bonus Demografi. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian dan Praktik Pendidikan PKN, 8 (2), 98-104.

Rahmadani & Siti Qomariah. (2022). Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Dengan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9 (2), 108-117. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4272

Setyoningrum, Dwi Utami & Dr. Retno Sunu Astuti. (2021). Menyiapkan Sumber Daya Manusia Unggul melalui Upaya Pemanfaatan Bonus Demografi Indonesia (Dalam Rangka Menghadapi Tantangan penyelenggaraan Pemerintahan Era 4.0). Prosiding Simposium Nasional, 1292-1314. https://doi.org/10.22219/PSNIP.Vol0.No0.III|1291-1319.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Krisnawati, R., Syahputra, A. I., Luthfiyyah, F. D., & Nurmawati, U. (2023). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Kualitas SDM Siswa . Journal of Education Research, 4(1), 390–396. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.110

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)