Nilai Toleransi Persatuan dan Keberagaman dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1077Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang berdasarkan para ahli atau penelitian terdahulu serta mengumpulkan data dari beberapa jurnal ilmiah dan buku. Pendidikan Kewarganegaraan menjadi salah satu aspek penting dalam penanaman nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar karena dapat membentuk siswa menjadi warga negara yang baik dan menjamin persatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. , dalam penelitian ini peneliti akan meneliti aktivitas sejumlah kelompok manusia dalam kaitannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan perubahan perilaku. Nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa dibina dan tanamkan mulai dari tingkat sekolah dasar karena dengan begitu siswa sejak dini dapat hidup berdampingan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sikap toleransi dan keberagaman suku bangsa yang ada pada siswa sekolah dasar dapat mencerminkan jati diri dan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Pendidikan keragaman dan toleransi mengandalkan sekolah dan kelas sebagai bentuk pengimplementasian pembentukan karakter yang nyata, demikian pula halnya dengan belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
References
Andriyani, Wiwik Dyah, Dianti Yuniar, Annisa Shivia Fauziyah, and Titin Karlina. 2022. “Pengembangan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 2(4). doi: 10.59818/jpi.v2i4.225.
Azizah, R. S. N. 2021. “Peran Guru Dalam Menanamkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SDI Al-Anshar Bekasi.” Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Baharun, Hasan. 2016. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga: Telaah Epistemologis.” Jurnal Pedidikan 3(2):96–107.
Fatmi, Nuraini, and Fauzan Fauzan. 2022. “Kajian Pendekatan Etnopedagogi Dalam Pendidikan Melalui Kearifan Lokal Aceh.” Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 3(2):31–41. doi: 10.47887/amd.v3i2.98.
Kartono, Hairida, and Gusti Bujang. 2010. “Penelusuran Budaya Dan Teknologi Lokal Dalam Rangka Rekonstruksi Dan Pengembangan Sains Di Sekolah Dasar.” FKIP Universitas Tanjungpura 343–68.
Miles, M.B, Huberman. 2014. No Title Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications.
Moleong. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Natalia, Lena, Yakobus Adi Saingo, Institut Agama, and Kristen Negeri Kupang. 2023. “10 Pentingnya Pendidikan Pancasila.” Jurnal Ilmiah Multidisipline 1(10):266–72.
Saputra, Aria Gempar, Syafana Candra Juliansyah, and Sabian Athayla. 2023. “Pendidikan Pancasila Dalam Era Multikulturalisme: Membangun Toleransi Dan Menghargai Keberagaman.” Advances In Social Humanities Research 1(5):573–80.
Saputra, Ria, Yusuf Nungky Diandita, and Heri Maria Zulfiati. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):3327–38. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.962.
Sugiyono. 2018. “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian 32–41.
Sujatmiko, Ilham Nur, Imron Arifin, and Asep Sunandar. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Di SD.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4(8):1113. doi: 10.17977/jptpp.v4i8.12684.
Wardhani, Primandha Sukma Nur. 2018. “Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Keberagaman Dan Meningkatkan Persatuan Bangsa Di Sekolah Inklusi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 8(1):1–13.
Yasila, Kalista, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia.” Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 11(1):14–20. doi: 10.33061/jgz.v11i1.7465.
Yulianti, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Penanaman Nilai Toleransi Dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1):60–70.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yudi Firmansyah, Agus Suherman, Suherman Suherman, Sholih Sholih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).